Cara Menggambar Tikus dengan Sidik Jari

cara menggambar tikus dengan sidik jari
menggambar dengan basis sebuah sidik jari itu mudah lho...

Cara Menggambar Tikus dengan Sidik Jari


Pernah mengajak anak-anak anda bermain-main dengan cat dan sidik jari? Kalau belum pernah, silakan dicoba deh. Seru pokoknya. Anak-anak itu memang sukanya belepotan, entah dengan tanah atau bahan lain semacam cat. Nah, kali ini kita akan mencoba bermain-main dengan cat dan menggambar tikus dengan sidik jari yang dihasilkan oleh tangan-tangan yang belepotan itu. Sudah siap? Yuk kita simak bagaimana caranya menggambar tikus dengan sidik jari melalui media cat ini.


Alat dan Bahan

  • Sebelumnya, siapkan dulu alat-alat dan bahan yang dibutuhkan. Beberapa alat yang diperlukan untuk aktivitas ini adalah cat air (yang tidak berbahaya dan beracun bagi anak-anak). jika tidak punya, anda dapat menggantinya dengan cat buatan sendiri dengan bahan tepung kanji, gula, garam dan pewarna makanan. Loh, bisa? Iya.. cat bisa kita buat sendiri dengan bahan-bahan itu. Buat saja adonan seperti akan membuat adonan untuk pisang goreng, hanya saja kita menggunakan kanji bukan terigu, karena sifat partikelnya yang lebih halus dan lembut. Campurkan pewarna makanan serbuk atau cair, setelah adonan dibagi-bagi jika ingin mempunyai beragam warna.
  • cara menggambar tikus dengan sidik jari
    kertas berbentuk bulat yang dibentuk oleh pelubang kertas itu akan kita jadikan mata tikus
  • Berikutnya, yang perlu disiapkan tentunya kertas gambar. Gunakan kertas dari buku gambar yang agak tebal agar hasil cetakan sidik jari cat atau adonan yang kita buat tidak membuatnya melengkung dan melebar. Selain itu kita juga akan membutuhkan pen yang waterproof (anti air) agar tidak meluber saat kita mengaplikasikan cat air atau adonan buatan kita tadi.
  • Kita juga akan membutuhkan kuas kecil, tisu, lem, kertas-kertas kecil bulat yang bisa dibuat dengan menggunakan alat pelubang kertas (punch) seperti gambar di bawah ini. Jika anda takut baju anak-anak kotor, anda dapat memberikan celemek sebagai pengaman.

cara menggambar tikus dengan sidik jari
ikuti langkah-langkah ini, menggambar tikus jadi sangat mudah dan mengasyikkan

Cara Menggambar Tikus dengan Sidik Jari dan Cat


  1. Pertama-tama, buatlah sebuah sidik jari. Minta anak mencoba dulu bagaimana membuat sebuah sidik jari pada kertas. Anak mungkin harus dibantu bagaimana caranya mencelupkan ujung jarinya pada cat. Jika terlalu banyak cat, maka sidik jari yang dihasilkan tidak jelas karena cat terlalu tebal. Sebaliknya jika terlalu sedikit cat, maka bulatan sidik jari yang dihasilkan tidak sempurna bentuknya. Untuk menyesuaikan jumlah cat pada ujung jari, anda dapat membantu mereka dengan menggunakan tisu.
  2. Setelah sidik jari dibuat, tunggu beberapa saat hingga kering. Lihat gambar 1.
  3. Selanjutnya, tempelkan bulatan-bulatan kertas kecil warna putih yang kita bentuk dengan pelubang kertas tadi dengan lem pada bagian sebelah atas sidik jari. Ini akan membentuk mata tikus. Lihat gambar 2.
  4. Jika bulatan sudah melekat pada gambar sidik jari, maka selanjutnya buat bola mata berwarna hitam dengan menggunakan pen waterproof. Buat juga sebuah bulatan kecil di tengah-tengah persis di bawah kedua mata tikus. Buat garis tepi mengelilingi kertas bulat. Lihat gambar 3.
  5. Berikutnya, buatlah telinga tikus dengan membuat garis melengkung di bagian atas kepala tikus. Ini mudah saja. Saya yakin semua anak pasti bisa membuat garis melengkung ini untuk membentuk telinga kiri dan kanan. Lihat gambar 4.
  6. Lalu, buat kaki tikus. Tidak sulit, seperti membuat kepala anak panah, atau kalau saya waktu SD itu adalah bentuk rumput atau padi di sawah pada gambar pemandangan alam. Tambahkan pula garis melengkung seperti huruf S atau seperti huruf U untuk membuat ekor. Buat sekat-sekat agar ekor tampak seperti benar-benar ekor tikus. Lihat gambar 5.
  7. Beri warna bagian hidung dan bagian dalam telinga tikus. Gunakan kuas untuk ini. Agar warna sidik jari tertutupi dengan warna baru, gunakan cat atau adonan yang kental. Tambahkan pula warna yang sama dengan warna yang dipakai untuk membuat sidik jari, pada bagian luar telinga. Lihat gambar 6 dan gambar-gambar berikutnya.

Tips Menggambar Tikus dengan Sidik Jari

  • Cobalah menempelkan kertas bulat kecil dengan posisi bervariasi, begitu juga saat membuat bola mata. Efek yang dihasilkan bisa sangat unik dan lucu. Lihatlah, tikus-tikus itu bisa melirik ke kiri atau ke kanan, tampak bingung, dan sebagainya. Akan muncul ekspresi-ekspresi tertentu jadinya. Unik ya?
  • Pada contoh ini saya menggunakan warna coklat. Anda dapat mengganti warna coklat dengan warna lain yang anak-anak sukai. Jangan takut dan ragu. Buatlah tikus sebayak-banyaknya. Makin lama, anak atau anda akan makin mahir menggambarnya.

Demikian cara menggambar tikus dengan sidik jari menggunakan cat air atau adonan cat buatan sendiri, semoga menginspirasi dan menjadikan aktivitas belajar sambil bermain anak-anak menjadi menyenangkan. Wassalam.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...