Manfaat Bunga Melati untuk Kesehatan

khasiat bunga melati untuk kesehatan
ternyata bunga melati itu bagus untuk kesehatan

Manfaat Bunga Melati untuk Kesehatan


Saya yakin hampir kita semua tahu dan mengenal dengan baik bunga melati. Tanaman yang satu ini memang tanaman yang biasa ditanam di pekarangan sebagai tanaman hias untuk diambil bunganya. Bunga melati yang berwarna putih dan berukuran kecil ini biasa digunakan sebagai bahan untuk pembuatan rangkaian bunga dan digunakan dalam beragam upacara adat, mulai acara perkawinan hingga tabur bunga di makam. Bagi orang jawa, minum teh yang dicampur bunga melati kering adalah hal yang biasa dilakukan. Aroma melati pada teh yang panas sehabis diseduh itu memang memberikan efek bagus sebagai aromaterapi dengan efek menenangkan. Selain itu kita juga telah lama mengenal melati sebagai bahan pembuatan minyak untuk parfum atau wewangian lainnya.


Manfaat Melati Ternyata Sangat Banyak

Selain manfaat yang sudah sangat umum diketahui oleh masyarakat kita itu, bunga melati juga memiliki khasiat untuk kesehatan dan digunakan sebagai bahan herbal. Tumbuhan berbunga dengan tangkai yang menjuntai ini memiliki nama ilmiah Jasminum sambac. Di dalam tubuh tumbuhan yang berbunga putih bersih itu terkandung beragam bahan aktif seperti benzil benzoat, benzaldehida, minyak eteris, jasmon, lanalcohol, benzilic acetat, hingga livalyacetat.

Hampir seluruh bagian melati dapat digunakan untuk bahan pengobatan. Yang paling umum diketahui adalah bagian bunga, walaupun sebenarnya bagian daun dan akarnya juga dimanfaatkan para ahli herbal untuk pengobatan.

Bagian bunga melati umumnya didestilasi (disuling) untuk memisahkan minyak yang dikandungnya. Pada minyak bunga melati ini terdapat bahan aktif untuk membunuh kuman dari golongan bakteri dan jamur. Karena itulah, minyak bunga melati baik digunakan untuk menyembuhkan luka yang mengalama infeksi. Atau, karena sifatnya yang mudah menguap, minyak bunga melati dapat dihirup melalui pernapasan untuk mengobati  infeksi saluran napas, batuk dan pilek.

Beberapa orang mungkin memiliki kebiasaan yang agak aneh (tetapi cukup masuk akal), yaitu mereka mengkonsumsi bunga melati. Pada bunga melati terdapat antioksidan sehingga dengan mengkonsumsi bunga melati dipercaya dapat memperlambat proses penuaan. Kita ketahui, bahwa antioksidan dapat menetralisir radikal bebas yang setiap hari masuk ke dalam tubuh kita. Selain itu, karena kandungan antioksidannya ini juga, maka melati dimanfaatkan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah serta untuk pengobatan penyakit jantung dan stroke. Lalu, mungkin tidak banyak orang tahu bahwa bunga melati adalah bahan yang bersifat afrodisiak (meningkatkan gairah) karena kandungan bunga melati dapat meningkatkan fungsi organ-organ tubuh. Beberapa malah berpendapat bahwa melati dapat mengobati ketegangan dan stress, bahkan gangguan saraf serius.

Beberapa artikel menyebutkan bahwa daun dan bunga melati dapat membantu meringankan demam yang disertai sakit kepala. Caranya adalah dengan meminum rebusan atau rendaman remasan daun dan bunga melati. Selain itu, disebutkan pula bahwa melati dapat mengatasi penyakit ginjal, inflamasi pada usus yang luka, hingga mengurangi pengeluaran ASI secara berlebihan. Saat berada di pekarangan atau di taman, mungkin saja anak-anak disengat lebah yang hidup dan bersaran di antara daun-daun. Untuk pengobatan dan meringankan luka bekas sengatan lebah ini, beberapa kuncum bunga melati dapat tumbuk sampai halus dan diusapkan pada bagian kulit yang disengat. Masih banyak lagi manfaat melati sebagai tanaman yang memiliki khasiat obat, seperti mengobati jerawat, demam berdarah, nyeri otot dan demam.

Catatan penting:

Sebagaimana diketahui bahwa setiap tanaman obat seperti juga melati memiliki beragam kandungan bahan aktif yang dapat mempunyai manfaat untuk pengobatan, maka penggunaannya sebaiknya memeperhatikan dosis yang sesuai, demikian pula tata cara pengolahannya. Sumber-sumber seperti resep tradisional yang telah biasa dilakukan orang-orang tua jaman dulu mungkin dapat digunakan. Akan tetapi, tentu sebaiknya agar hasil yang diperoleh optimal sesuai tujuan pengobatan yang diinginkan, maka konsultasi dengan ahli herbal mungkin lebih dianjurkan.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...