Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

manfaat daun sirsak untuk kesehatan
daun sirsak sangat banyak memiliki manfaat untuk kesehatan

Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan


Daun sirsak adalah bahan herbal yang sangat banyak manfaatnya. Daun sirsak diambil dari pohon sirsak biasanya dalam keadaan segar. Daun sirsak berwarna hijau tua saat daun sudah tumbuh dengan sempurna. Ketika masih muda, daun berwarna hijau pupus dengan permukaan yang mengkilat licin. Bentuk daun oval memanjang dengan ujung meruncing. Tumbuh sebagai daun tunggal pada batang atau ranting dengan duduk daun pada batang berselang-seling. Pucuk tumbuh banyak ketika batang atau cabang dipangkas pada bagian bekas ketiak daun yang ada pada batang atau cabang.


Apa Bahan Aktif yang Dikandung Daun Sirsak?

Daun sirsak ternyata mengandung bahan aktif yang bagus untuk membunuh sel kanker. Bahan aktif itu antara lain annohexocin, acetogenins, annocatatin, annonol, annomurine dan telah lama dikenal sebagai bahan aktif antitumor dan kanker. Nama bahan aktif ini sepertinya diambil dari nama ilmiah sirsak sendiri, yaitu Annona muricata. Tumbuhan sirsak ini sendiri masih berkerabat dekat dengan cempaka (bunga cempaka) dan bunga kenanga.

Apa Saja Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan?

Sewaktu saya masih kecil dan masuk angin, masih segar dalam ingatan saya, ibu akan mengambil beberapa pucuk daun sirsak yang masih muda dan lembut. Ia akan menggosok pucuk itu di atas telapak tangannya dengan menambahkan sedikit (secuil) kapur sirih. Pucuk yang digosok dan dicampur dengan kapur akan membentuk krim yang sangat ampuh untuk mengusir sakit perut karena masuk angin.

Sekarang daun sirsak banyak digunakan untuk terapi tradisional untuk mengobati kanker. Menurut berbagai sumber, daun sirsak yang telah cukup tua sebanyak 7 atau 8 lembar direbus dengan 3 gelas air. Biarkan mendidih dan air rebusan tinggal 1 gelas. Air rebusan ini tinggal diminum. Rasanya tawar jadi tidak terlalu menyulitkan untuk diminum, kecuali sedikit bau khasnya yang akan tercium di hidung.
Baca: Daftar Tumbuhan Herbal Pengobatan Kanker

Selain mengobati kanker atau tumor, daun sirsak ternyata juga dapat mengobati sakit pinggang, menguatkan sistem imun atau kekebalan tubuh, rematik, wasir, menurunkan kolesterol, dan mengurangi asam urat.

Daun yang ditumbuk sampai halus dapat pula dioleskan pada bisul, jerawat atau eksim. Kandungan antibakteri yang dimiliki daun sirsak dapat membantu meringankan penyakit-penyakit kulit tersebut ketika digunakan sebagai obat luar.

Terlepas dari apa pengaruh semut rangrang terhadap kandungan daun sirsak, beberapa situs menyebutkan bahwa daun sirsak yang digunakan oleh semut rangrang untuk membuat sarang ternyata mempunyai khasiat untuk pengobatan asma. Cara pengolahannya juga mirip dengan pengolahan daun ini untuk kanker, yaitu dengan merebusnya dengan terlebih dahulu meremasnya. Secara logika, daun bekas sarang semut rangrang tentu tidak ada bedanya dengan daun lainnya. Jadi, apakah informasi tentang manfaat daun sirsak bekas sarang semut rangrang ini memiliki kelebihan bisa dipercaya? Wallahualam.

Karena banyaknya manfaat daun sirsak bagi kesehatan, kamipun menanam pohon sirsak di pekarangan sekitar rumah. Apalagi saya memang juga cukup menyukai buahnya yang manis asam segar itu, apalagi kalau sudah dibuat menjadi jus. Untuk mendapatkan bibit tanaman sirsak ini sangat mudah. Seperti yang saya lakukan, biji sirsak cukup dilemparkan ke dalam pot. Beberapa minggu kemudian akan tumbuhan tumbuhan baru sirsak ini. Jika sudah agak besar dan kuat, dapat dipindahkan ke pekarangan. Oh ya, untuk mendapatkan manfaatnya, kita tentu tak perlu menunggu sampai pohon sirsak berbuah, karena daunnyapun sangat banyak khasiatnya seperti yang telah diulas di atas.

Catatan:

Penggunaan daun sirsak dengan beragam kandungan bahan aktif di dalamnya tentu mempunyai efek yang berbeda-beda pada setiap orang. Oleh karena penentuan dosis dan pemantauan efek samping bagi penderita sangat diperlukan. Sebaiknya anda berkonsultasi dengan ahli herbal untuk mendapatkan informasi yang terbaik tentang daun sirsak ini.

Demikian tulisan mengenai manfaat daun sirsak untuk kesehatan. Jika anda mempunyai pengetahuan lainnya tentang manfaat daun sirsak, tentu dapat menambahkannya pada kolom komentar di bawah tulisan ini. Semoga bermanfaat. Wassalam.
Baca juga:
Sirsak dan Penelitian tentang Pengobatan Kanker
Waspadai Gejala dan Faktor Resiko Colorectal Cancer
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...