Manfaat Kenanga untuk Kesehatan

manfaat kenanga untuk kesehatan
kenanga di samping rumah kami

Manfaat Kenanga untuk Kesehatan


Di samping rumah kami menanam sebatang pohon kenangan. Pohon ini cepat sekali berdaun. Sekilas tampilannya biasa saja. Tetapi, jika kita memangkas dengan rutin dan memeliharanya dengan baik, pohon kenangan dapat menampilkan bentuk yang menarik. Saya rasa keindahannya ada pada bentuk daunnya yang hijau dengan urat-urat daunnya yang tampak cukup jelas. Daunnya juga mempunyai bentuk oval dengan pangkal dan ujung meruncing itu yang sangat bervariasi. Demikian juga dengan ukuran daun. Kalau kita mengambil sekuntum bunganya, baik yang masih muda atau yang mulai menguning, maka kelihatan sekali bahwa mahkota yang berwarna hijau kekuning-kuningan itu sangat eksotis. Lekukan-lekukan mahkota yang unik membuatnya tampak cantik. Dan ternyata, di balik perawakan pohon secara keseluruhan dan tampilan bunga yang unik ini ternyata kenanga juga menyimpan khasiat dan manfaat untuk kesehatan.


Kenanga memang pantas diberi nama ilmia Cananga odorata. Nama penunjuk spesies odorata menunjukkan bahwa bunganya mempunyai bau harum yang menonjol. Tak salah jika bunga kenanga sering dijadikan bahan dalam upacara-upara tradisional di banyak daerah, dan disandingkan dengan melati dan mawar.

Kenanga ini sebenarnya berkerabat dekat dengan tanaman sirsak (Annona muricata) dan cempaka (Michelia campaka). Jika sirsak banyak dimanfaatkan buah dan daunnya, maka kenanga seperti halnya cempaka lebih umum digunakan bagian bunganya. Beberapa perusahaan kosmetik terkenal menggunakan kenanga sebagai bahan dasar parfum.

Jika anda berkunjung ke Kalimantan Selatan, anda akan dengan mudah menemukan bunga kenanga dijual di pasar-pasar tradisional. Mereka diambil mahkotanya, dilepas satu persatu lalu dironce dengan menggunakan serat dari pelepah batang pisang bersama-sama melati, mawar, kamboja dan daun pandan. Biasanya bunga yang sudah dirangkai ini disebut sebagai “kambang barenteng” dijual dengan harga bervariasi mulai Rp. 5.000 hinga Rp. 10.000. Kambang barenteng ini biasanya digunakan pada saat upacara pemakaman atau ziarah ke kuburan, atau juga pada acara keagamaan seperti perayaan maulidan Nabi.

Kenanga dan Kesehatan

Membicarakan manfaat kenanga bagi kesehatan, salah satu manfaat penting kenanga adalah sebagai bahan aroma terapi karena sifat baunya yang menenangkan dan mampu mengusir stress. Ibu saya sendiri suka memetik beberapa kuntum kenanga dan ditaruh di dalam mangkuk kecil di dekat tempat tidur. Mungkin dengan begitu beliau merasa nyaman karena efek bau yang menenangkan tadi.

Beberapa literatur juga menyebut kenanga sebagai bahan aprodisiak (peningkat gairah), mengatasi impotensi, dan sakit atau kram karena menstruasi. Beberapa cerita juga menyebutkan, bahwa kenanga hutan (tumbuh sebagai pohon berukuran besar dengan bunga yang lebih kecil) di daerah dataran rendah digunakan sebagai pengusir nyamuk. Memang kandungan geraniol, linalol, dan eugenol pada mahkota bunga ini dapat berperan sebagai antirepelen (anti nyamuk) di mana baunya justru tidak disukai nyamuk.

Kenanga juga ternyata mampu membantu memperbaiki kesehatan kulit sehingga lebih segar dan cantik. Karena itu, produsen kosmetik menggunakannya untuk bahan penyeimbang produksi minyak pada kulit. Minyak kenanga dapat ditambahkan sebagai tonik atau bahan scrub dan lulur (masker). Kenanga memiliki kemampuan mengontrol kulit berminyak ataupun kulit kering, sehingga kelenjar minyak atau sebum berproduksi secara normal. Biasanya minyak dari kenanga digunakan untuk bahan facial. Beberapa minyak rambut juga menggunakan minyak dari kenanga ini.

Ada pula artikel yang menyebut bahwa kenanga dapat dimanfaatkan untuk pengobatan bronkitis, batuk, malaria, keputihan, radang saluran kemih encok, demam nifas, hingga kudis dan sakit kuning yang bukan karena hepatitis. Bagian yang dimanfaatkan adalah bunganya dengan cara perebusan dan tentunya dengan penambahan bahan-bahan herbal lainnya.

khasiat kenanga untuk kesehatan
urat daunnya dan tata letaknya pada batang cukup menarik...

Catatan penting:

Penggunaan bunga kenanga sebagai bahan obat-obatan sebaiknya memperhatikan saran ahli herbal terutama terkait dosis yang sesuai. Bagaimanapun, herbal juga obat yang agar pemanfaatannya optimal memerlukan tata guna yang benar. Efek samping penggunaan bahan juga perlu dipertimbangkan terutama pada penderita dengan beragam keluhan.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...