Manfaat Tumbuhan Pacar Air untuk Kesehatan Tubuh

manfaat pacar air untuk kesehatan
pacar air mempunyai warna mahkota bunga yang bervariasi

Manfaat Tumbuhan Pacar Air untuk Kesehatan


Dalam bahasa Inggris tanaman ini disebut dengan touch-me-not. Lucu juga ya namanya. Ini pasti terkait dengan karakterristik buahnya yang berbentuk lonjong dengan ujung runcing itu. Buah tumbuhan pacar air memang unik. Anak-anak suka mengumpulkan buahnya yang telah masak (tua) karena jika dipegang akan pecah. Para ahli botani menyebut ini gerak higroskopik, yaitu gerakan kulit buah pacar air yang terjadi karena berkurangnya kadar air pada kulit buah yang telah masak itu. Pecahnya kulit buah menjadi beberapa helaian membuat biji-biji kecilnya yang bulat kecil berhamburan di tanah. Siap untuk tumbuh lagi.



Dalam mata pelajaran biologi tanaman pacar air yang mempunyai nama ilmiah Impatiens balsamina, atau Impatiens triflora, atau Balsamina hortensis  ini digunakan sebagai bahan praktikum untuk memperlihatkan adanya kapilaritas pada batang tumbuhan. Tetapi, tidak banyak orang yang tahu bahwa pacar air sangat banyak manfaatnya sebagai tanaman herbal.

Tanaman pacar air banyak ditanam di pekarangan sebagai tanaman hias. Ada varietas pacar air yang menarik karena memiliki beragam warna mahkota bunga seperti putih, pink, merah, oranye, hingga ungu. Varietas yang disukai sebagai tanaman hias adalah yang memiliki mahkota berlapis-lapis (rangkap). Saya sendiri mempunyai tanaman pacar air di samping rumah, walaupun belum dimanfaatkan secara optimal sebagai bahan herbal.

Pacar air dalam bahasa Cina disebut Ji xing zi. Para ahli pengobatan tradisional Cina telah lama memanfaatkan tumbuhan berbatang basah dan berdaging (sukulen) ini sebagai bahan obat-obatan. Banyak sekali kandungan bahan aktif bermanfaat pada tumbuhan ini. Pacar air, dalam bahasa Inggris juga disebut balsam atau rose balsam. Tanaman berdaun memanjang dengan tepian bergerigi ini dapat tumbuh dengan mudahnya dari bijinya yang berhamburan ketika terlepas dari buahnya. Buah terbentuk dari setiap bunga yang telah mekar. Pada satu buku batang yang ditempati dua buah daun yang berhadapan, keluar beberapa kuntum bunga yang mekar hampir bersamaan. Buah ini pada saat masih muda berwarna hijau tua dan berbulu lembut berwarna putih. Setelah tua, buah akan berwarna hijau kekuning-kuningan.

Di Philipina, tanaman ini dikenal dengan sebutan Kamantigi. Tanaman yang menurut para ahli botani berasal dari Indian Selatan (sebagian lagi mengatakan berasal dari Cina) ini telah tersebar luar di wilayah Asia-Pasifik. Seluruh bagian tumbuhan pacar air dapat dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan, mulai dari daun, bunga, kulit buah, biji, batang, hingga akarnya.

Bahan aktif yang dikandung tanaman pacar air ini bersifat emetik (mengobati mual atau muntah), antipruritik (mengobati gatal), antibakteri dan jamur (antibiotik), diuretik, mucilage atau ekspektoran (pengencer dahak dan mengeluarkan lendir) dan tonik. Bahan aktif yang dimaksud adalah kaempferol, scopoletin, quercitin, fenolik, asam ferulik, asam sinapic, asam caffeic, flavonol, pigmen antosianin, quinon, dan saponin.

Pacar air dikenal sebagai obat ampuh untuk meredakan gatal karena poison ivy (getah tanaman poison ivy) dengan menggunakan cairan pada batangnya, meningkatkan aliran darah, untuk pereda sakit ibu yang baru melahirkan, tekanan darah rendah, nyeri sendi, pencahar (melancarkan buang air besar), memar dan bengkak, penangkal keracunan ikan (alergi ikan), rematik, antibakteri untuk luka luar, gastritis, beriberi, mengobati kuku yang patah atau rusak, kanker, tonik untuk pekerja berat, mengobati gigitan ular, pelancar haid, meredakan batuk dengan mengeluarkan dahak. Biji dan teh pacar air digunakan secara tradisional untuk pengobatan infeksi jamur yang sistemik.
Baca: Daftar Tanaman Berkhasiat Sebagai Herbal Obat Kanker

Catatan Penting:

Dari penelusuran beberapa artikel, dikatakan bahwa pacar air tidak mempunyai efek toksik (racun) sehingga aman dikonsumsi atau digunakan sebagai obat luar. Walaupun demikian, terdapat beberapa catatan agar penggunakan pada bayi, anak-anak, wanita hamil dan menyusui dihindari. Karena kandungan mineral yang sangat tinggi, maka pemakaian secara dalam kuantitas yang besar, rutin dan lama juga perlu dihindari terutama untuk penderita gout, penderita batu ginjal, urolihitasis, hiperacidisic, dan arthritis. Konsultasi dengan ahli herbal diperlukan untuk mendapatkan hasil terbaik dari pemanfaatan pacar air sebagai tanaman obat.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...