Mengapa Suatu Buku Disukai Anak-Anak?

buku yang disukai anak-anak
buku jenis apakah yang disukai anak anda?

Mengapa Suatu Buku Disukai Anak-Anak?


Judul tulisan ini adalah sebuah pertanyaan. Kesannya sederhana saja ketika membaca: mengapa suatu buku disukai anak-anak? Dibalik pertanyaan tersebut ada banyak hal penting yang dapat kita petik. Misalnya saja, sebagai orang tua yang mengharapkan anak-anak kita mempunyai kegemaran membaca yang baik, maka pertanyaan itu dapat bernilai sangat penting. Dengan menjawab pertanyaan itu, kita dapat membantu mengembangkan minat baca mereka terhadap buku. Kita sebagai orang tua, dapat membelikan atau memberikan hadiah berupa buku-buku yang akan mereka sukai. Bukankah memilihkan buku untuk anak-anak kadang-kadang bisa menjadi sesuatu yang sulit-sulit gampang? Nah, sekarang marilah kita coba jawab pertanyaan pada judul tulisan ini, mengapa suatu buku dapat disukai anak-anak?

Baca Juga:
Tips Merawat Buku
Tips Mencari Buku Yang Diinginkan Di Perpustakaan
Bagaimana Caranya Agar Anak Gemar Membaca Buku
Cara membuat Buku Kecil Berhitung untuk Anak TK

Ada beragam alasan mengapa suatu buku dapat begitu disukai anak-anak. Beberapa di antaranya adalah:

Lucu dan membuat mereka dapat tertawa

Kebanyakan anak-anak menyukai buku-buku yang di dalamnya memberikan kesempatan dan kemungkinan untuk mengajak mereka tertawa. Dunia anak-anak adalah dunia ceria. Tertawa adalah salah satu bentuk ekspresi kegembiraan mereka. Menghadiahi anak-anak dengan buku yang terselip humor-humor ringan di dalamnya akan mendorong mereka menyukai buku itu sebagai bacaan.

Memberikan ruang untuk berimajinasi

Buku-buku anak yang baik dan bermutu membuat anak mudah berimajinasi. Ide dan pemikiran anak-anak memang tanpa batas. Mereka akan menghayalkan apa saja. Kemampuan berimajinasi anak-anak jauh lebih kuat dibanding daya imajinasi orang dewasa. Daya imajinasi orang dewasa telah dibelenggu logika yang mendominasi. Itulah sebabnya anak-anak lebih mudah menerima cerita-cerita fantasi dibanding orang dewasa. Anak-anak akan sangat menikmati saat mereka berimajinasi tanpa batas. Mereka bisa berkhayal ikut berpetualang bersama tokoh-tokoh rekaan dalam bacaan fantasi. Dunia-dunia aneh menakjubkan dan makhluk-makhluk bersayap nan cantik jelita di dunia antah berantah akan mudah akrab dengan anak-anak. Jadi, jangan ragu untuk menyediakan buku-buku jenis ini di dalam rak buku anak-anak karena mereka akan menyukainya.

Tokoh-tokoh di dalamnya kuat, berani, dan cerdas

Setiap anak selalu berandai-andai menjadi seorang yang superb. Memiliki kelebihan-kelebihan dibanding orang-orang lain itulah keinginan mereka. Tidak ada anak yang ingin menjadi anak yang lemah dan memiliki kekurangan. Karena itulah, buku-buku dengan tokoh-tokoh berkarakter sempurna adalah buku-buku kesayangan mereka. Dari jaman dulu, komik-komik manusia super ala Marvel Comics selalu laris manis. Memberantas kejahatan, memiliki kekuatan super, wajah dan tampilan fisik yang sempurna sangat disukai anak-anak. Diolah dengan bentuk-bentuk dan kreasi baru pun, tetap saja akan mereka sukai.

Mengajarkan sesuatu yang baru

Anak-anak, jika sudah memiliki minat akan suatu hal, maka mereka akan “tergila-gila” dengan hal tersebut. Anak-anak yang punya minat tentang origami maka akan senang sekali ketika dibelikan buku yang memuat cara-cara membuat origami baru yang belum pernah mereka buat sebelumnya. Begitu juga ketika mereka sudah tertarik pada hal-hal lain. ini adalah entri bagus bagi orang tua untuk memberikan buku-buku dengan masukan pengetahuan dan tidak sekedar hiburan semata. Kenalilah minat anak-anak kita dan selipkanlah pengetahuan-pengetahuan baru yang bertalian dengan minatnya tersebut melalui buku-buku.

Mengandung misteri atau pemecahan masalah

Buku-buku macam Detektif Conan atau Petualangan Tintin adalah buku-buku terkenal karena di dalamnya memuat misteri dan pemecahan masalah yang mengajak mereka berpikir. Saya ingat, ketika saya masih bocah, saya jadi fans berat serial Lima Sekawan dan Sherlock Holmes. Semua yang disebut di sini adalah buku-buku dengan menjadikan pemecahan masalah sebagai sumber magnet menarik minat baca anak-anak. Ketika anak-anak telah terbiasa membaca buku-buku jenis ini, mereka akan menjadi pembaca buku yang setia. Jadi sediakan buku-buku jenis ini untuk mengembangkan minat membaca anak-anak.

Demikian beberapa jawaban mengapa suatu buku dapat sangat disukai oleh anak-anak dan merubah mereka menjadi pembaca buku, menjadikan mereka sebagai orang-orang yang tidak bisa melalukan harinya tanpa membaca.  Jadi, jika ingin anak-anak kita menjadi seorang kutu buku, maka mulailah dengan memilihkan dan menyediakan buku-buku yang menyenangkan bagi mereka untuk dibaca. Anda punya pendapat lain? Silakan berkomentar pada kotak komentar yang disediakan di bawah tulisan ini. Semoga bermanfaat. Wassalam.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...