Alexa Rank Itu Pentingkah?

Alexa Rank ... Pentingkah?


Kamu blogger? Sudah install alexa toolbar belum? Kalau sudah, apakah kamu selalu mengamati berapa ranking blog kamu? Jadi, berapa ranking blogmu di alexa hari ini?

Apakah saya peduli dengan alexa rank? Jawaban saya, tidak terlalu! Mengapa saya menjawab demikian, karena bagi saya alexa hanyalah salah satu indikator kecil. Walaupun demikian boleh jugalah memberi sedikit perhatian padanya. Pengamatan saya pada blog ini menunjukkan bahwa alexa rank blog http://novehasanah.blogspot.com bisa menjadi sedemikian ramping kalau saya rajin blogwalking, komen di blog para sahabat. Kalau saya lagi tidak punya banyak waktu luang, lalu tidak sempat blogwalking, maka alexa rank saya akan menjadi besar. Mengapa ini bisa terjadi? Ada beberapa butir jawaban untuk menjelaskan mengapa hal ini bisa terjadi:

  • Blogger umumnya memasang alexa toolbar.
  • Pengunjung internet (bukan blogger) jarang sekali memasang alexa toolbar.
  • Blogger yang memasang alexa toolbar di browsernya akan dapat nilai tambah untuk alexa rank.
  • Sahabat yang blognya saya sambangi kemudian saya komentari artikelnya, kemungkinan besar akan berkunjung balik ke blog saya. Entah mereka menulis komentar balik ataupun tidak, yang jelas mereka blogger dan umumnya memasang juga alexa toolbar pada browser mereka.
  • Blogger lain yang membaca komentar yang saya tinggalkan pada beberapa blog, tertarik untuk mengklik nama saya, lalu mereka lewat blogger profile ataupun google+, sampailah ke blog saya. Mereka juga umumnya memasang alexa toolbar di browsernya.

Nah, sekarang marilah kita lihat, mengapa alexa rank bisa ramping dengan sangat mudah kalau kita rajin blogwalking: ketika orang-orang (umumnya blogger lain) menyambangi blog kita, dan pada browser mereka terinstall alexa toolbar, maka alexa akan dapat merekam ini. Apalagi kita sudah maklum betul tradisi para blogger, saling kunjung balik, tradisi saling balas komentar. Makin banyak anda berkomentar dengan baik, kontekstual, ramah, sopan, dan menarik, maka semakin mudah anda menaikkan ranking di alexa. Kunjungan para blogger itu menjadi begitu bernilai di mata alexa, sementara pengunjung internet (bukan blogger) yang tidak menginstall alexa toolbar tidak akan terekam jejaknya oleh alexa. Oh ya, sebenarnya memang kemampuan alexa hanyalah sebatas merekam pengunjung blog yang memasang alexa toolbar. Di luar itu mereka tidak punya kuasa dan data. Intinya, alexa mempunyai sampling yang sangat kecil dari seluruh populasi pengguna internet, terbatas pada orang-orang yang menginstall alexa toolbar saja. Bisa dibayangkan seberapa banyak orang yang peduli dengan alexa dibanding seluruh pengguna internet. Jadi kalau menyadari ini maka kita akan menganggap alexa rank TIDAK PENTING.

Tetapi, pada kenyataannya, bagi beberapa blogger, alexa rank bisa jadi sangat penting karena berkaitan dengan sentimen positif dari para advertiser ketika mereka ingin menjadikan blog mereka sebagai lahan mencari uang lewat internet. Beberapa advertiser biasanya suka melihat dan memantau terlebih dahulu alexa rank sebuah blog sebelum memberikan tawaran kerjasama seperti penayangan iklan, affiliate program, dan sebagainya. Alexa rank bisa dijadikan patokan oleh beberapa pihak untuk data bagaimana kinerja sebuah blog dalam hal traffic, karena mereka tidak dapat melihat bagaimana statistik blog tersebut dalam keadaan sesungguhnya. Mereka tidak dapat melihat statistik di dashboard blog, google analytics, google webmaster tools, bersifat private dan rahasia hanya untuk pemilik blog? Inilah mengapa alexa rank bisa dikatakan CUKUP PENTING.

Akan banyak sekali kasus ketika ranking alexa cukup ramping, tetapi sebenarnya blog tersebut sepi dari pengunjung. Sebaliknya, sangatlah mungkin sekali, blog dengan ranking alexa yang besar tetapi mempunyai pengunjung yang sangat besar. Perlu pula diketahui, bahwa ramping atau gemuknya ranking sebuah blog di alexa tidak akan berpengaruh apa-apa terhadap kompetisi di mesin pencari (search engine).

Tips:

  • Janganlah terlalu fokus dengan alexa rank. Ia hanyalah salah satu indikator saja soal kuantitats dan kualitas traffic serta SEO sebuah blog. Fokuslah pada konten dan hal-hal lain.
  • Bangunlah persahabatan dengan blogger lain, blogwalking adalah ajang mempererat silaturrahim. Sukur-sukur, alexa rank blog bisa makin ramping.
  • Alexa rank yang didapat secara natural, karena memang banyak kunjungan, jauh lebih baik dan mencerminkan keadaan blog anda daripada alexa rank yang diperoleh dengan cara-cara dan teknik manipulatif.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...