Cara Membuat Halaman Disclaimer (Privacy Policy) di FreePrivacyPolicy

cara menulis privacy policy disclaimer
FreePrivacyPolicy memberikan layanan gratis untuk blogger

Cara Membuat Halaman Disclaimer (Privacy Policy) di FreePrivacyPolicy


Apa sih halaman disclaimer atau privacy policy itu? Sudah punya halaman disclaimer alias privacy policy belum di blog kamu? Bagaimana cara menulis atau membuatnya?

Beberapa waktu yang lalu sebelum saya melayangkan permohonan untuk menjadi penayang google adsense, saya bertanya dan meminta review dari para master di google adsense forum mengenai keadaan blog saya ini. Ternyata, menurut mereka sebelum saya mengajukan permohonan tersebut, sebaiknya saya terlebih dahulu membuat halaman about us (tentang blog) dan disclaimer (privacy policy). Saya yang masih baru tentu tidak tahu cara membuat kedua halaman tersebut. Walhasil, saya coba menyambangi blog-blog bagus berbahasa Indonesia yang banyak bertebaran itu. Saya amati satu per satu, lalu saya coba merumuskannya sendiri, lalu mengeditnya, dan mempublikasikannya dengan percaya diri. Memang ada kesulitan dalam merumuskan privacy policy atau disclaimer ini, tetapi dengan contoh-contoh yang ada kita bisa sedikit melakukan pengeditan. Kesulitan pembuatan halaman ini dikarenakan terkaitnya aspek hukum (legal) dalam kata-kata atau kalimat yang dikandungnya.


Tentu saja, selain untuk tujuan mempermudah jalan mendapatkan akun sebagai publisher GA atau menjadi affilate marketer atau penayang ads service lainnya, adanya halaman disclaimer atau privacy policy ini akan menunjukkan kepada pembaca anda, bahwa anda menghormati privacy mereka melalui data-data yang terkumpul melalui blog anda. Adanya halaman ini juga membuat pembaca yang memberikan data pribadi penting seperti alamat email mendapatkan jaminan bahwa anda tidak akan menggunakan atau menjual alamat-alamat email tersebut kepada pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

Belakangan barulah saya tahu bahwa membuat halaman disclaimer atau privacy policy itu sangat mudah. Ternyata ada banyak layanan gratis untuk keperluan ini. Dunia internet memang luar biasa, kebutuhan para blogger cepat disambar oleh orang-orang kreatif. Bayangkan berapa banyak blogger baru muncul setiap harinya, dan ingin membuat halaman disclaimer itu. Salah satu layanan gratis yang maksud adalah www.freeprivacypolicy.com

Cara Membuat Halaman Privacy Policy atau Disclaimer di freeprivacypolicy
  1. Silakan buka halaman situs auto generate privacy policy ini dengan mengklik link di atas.
  2. Jika muncul jendela pop berisi survey tentang blog anda, anda boleh mengabaikannya dengan mengklik tanda X di sudut kanan atas jendela tersebut. Anda jika baik hati, boleh mengisi survey tersebut. Lihat Gambar 1.
  3. cara membuat privacy policy disclaimer
    Gambar 1
    cara membuat privacy policy disclaimer
    Gambar 2
  4. Lalu jendela pop up survey itu akan tertutup, sekarang halaman pembuat privacy policy sudah terbuka. Silakan klik tombol CLICK TO START YOUR FREE PRIVACY POLICY. Perhatikan Gambar 2.
  5. Setelah itu terbuka halaman baru, di situ mucul penjelasan bagaimana nanti anda mengisi formulir untuk menggenerate privacy policy sesuai kondisi blog anda. Penjelasan itu berbunyi kira-kira demikian: “Tolong baca dengan seksama. Kemudian jawablah sesuai keadaan anda (blog anda). Jika anda melewatkan pertanyaan penting, maka sistem akan kembali meminta anda untuk menjawabnya kembali. Jika pertanyaan yang diajukan dapat diabaikan karena tidak terlalu penting, maka anda dapat melewatinya (melakukan skip) dan tidak memasukkannya dalam halaman privacy policy anda nantinya”. Setelah anda memahami petunjuk tersebut silakan klik tombol NEXT di sudut kanan bawah. Lihat Gambar 3.
  6. Selanjutnya anda akan mulai dibawa ke halaman-halaman yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang nantinya jawaban pertanyaan itu akan dijadikan dasar untuk membuat privacy policy untuk blog anda. Jawab saja pertanyaannya. Jika tidak paham lewati saja dahulu, jika pertanyaan itu memang harus dijawab, maka sistem tidak akan membiarkan anda melewatinya. Kadang-kadang diberikan “petunjuk jawaban yang paling tepat” untuk anda. Jadi jangan terlalu khawatir. Klik NEXT di bagian bawah sebelah kanan formulir untuk menyelesaikan seluruh halaman pertanyaan. Perhatikan Gambar 4.
  7. cara membuat privacy policy disclaimer
    Gambar 3
    cara membuat privacy policy disclaimer
    Gambar 4
    cara membuat privacy policy disclaimer
    Gambar 5
    cara membuat privacy policy disclaimer
    Gambar 6
  8. Ini contohnya, jika anda melewatkan sebuah atau beberapa pertanyaan yang harus dijawab, tetapi pertanyaan itu bersifat opsional (boleh dilewatkan). Muncul jendela pop up bahwa anda harus kembali, atau untuk mudahnya klik saja REMOVE THIS SECTION FROM MY PRIVACY POLICY. Lihat Gambar 5.
  9. Perhatikan sisi kanan halaman, di situ ditunjukkan bagian-bagian halaman privacy policy yang telah tergenerate untuk anda berdasarkan pertanyaan-pertanyaan yang telah anda jawab atau anda buang (remove). Lihat Gambar 6.
  10. Ketika seluruh pertanyaan di formulir selesai anda jawab (isi), maka anda akan diminta mengisi nama dan alamat email. Lalu klik CREATE. Lihat Gambar 7.
  11. Selanjutnya anda akan dibawa ke halaman baru untuk merevieu halaman privacy policy anda yang telah dibuatkan oleh layanan gratis ini. Lihat Gambar 8.
  12. cara membuat privacy policy disclaimer
    Gambar 7
    cara membuat privacy policy disclaimer
    Gambar 8
    cara membuat privacy policy disclaimer
    Gambar 9
  13. Jika anda sudah OK dengan privacy policy itu, klik NEXT. Anda akan dibawa ke halaman baru. Di sini anda akan diberikan beberapa penawaran servis lainnya yang tidak gratis. Jika anda tidak menginginkannya, klik saja NO THANKS, jadi anda tak perlu membayar sepeserpun. Lihat Gambar 9.
  14. Selanjutnya akan terbuka jendela pop up baru. Di sini anda diminta mengisi survey lagi. Jika anda tidak ingin mengisinya, anda boleh mengklik tanda X di sudut kanan atas jendela itu untuk menutupnya. Lihat Gambar 10.
  15. Berikutnya anda akan dibawa ke halaman baru yang merupakan notifikasi bahwa halaman privacy policy anda telah selesai dibuat, yang isinya menampilkan alamat halaman login anda, email anda, password anda, dan tombol CLICK HERE TO GO TO PRIVACY MANAGER NOW. Ingatlah password anda (atau catat). Lalu klik tombol CLICK HERE TO GO TO PRIVACY MANAGER NOW tersebut. Lihat Gambar 11.
  16. cara membuat privacy policy disclaimer
    Gambar 10
    cara membuat privacy policy disclaimer
    Gambar 11
  17. Setelah itu anda akan dibawa ke halaman login. Gunakan alamat email dan password anda yang telah diberikan di halaman sebelumnya. Lihat Gambar 12.
  18. Selanjutnya anda akan dibawa ke halaman tempat anda mendownload privacy policy anda. Klik salah satu link yang diberikan (alamat blog anda, atau button download kecil di sebelah kanan). Lihat Gambar 13.
  19. Kemudian, akan muncul jendela pop untuk kita menyimpan file privacy policy itu dalam bentuk HTML. Klik radio button SAVE (SIMPAN) FILE, lalu klik OK. Lihat Gambar 14.
  20. cara membuat privacy policy disclaimer
    Gambar 12
    cara membuat privacy policy disclaimer
    Gambar 13
    cara membuat privacy policy disclaimer
    Gambar 14
    cara membuat privacy policy disclaimer
    Gambar 15
  21. Seperti anda mendownload file lainnya, temukan lokasi penyimpanan file HTML privacy policy yang baru saja anda download (simpan) tadi, lalu buka dengan menggunakan NOTEPAD. Lihat Gambar 15.
  22. Setelah file terbuka di notepad, silakan copy isinya (kode HTML) tersebut untuk dipastekan di halaman (page) baru di dashboard blog anda. Simpan lalu publikasikan (terbitkan).
  23. Cek dengan membuka blog anda, apakah halaman PRIVACY POLICY anda telah termuat dengan baik. Selesai.

Itulah cara mudah menggunakan layanan gratis untuk membuat halaman disclaimer atau privacy policy untuk blog. Semoga bermanfaat. Wassalam.

Baca Juga:
Alexa Rank itu Pentingkah?
Niche Blog Versus Various Blog
Cari Tahu Jumlah Backlink dengan WebMaster Tools
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...