Cara Menggambar Kura-Kura dengan Sidik Jari

cara menggambar kura-kura dengan sidik jari
ayo menggambar kura-kura, mudah sekali...

Cara Menggambar Kura-Kura dengan Sidik Jari


Kura-kura itu binatang yang unik. Beberapa orang bahkan memeliharanya sebagai binatang kesayangan. Setiap jenis memiliki bentuk cangkang (karapaks) yang khas, membedakannya dengan jenis atau spesies yang lain. Oh, ya... kali ini kita akan melanjutkan belajar menggambar dengan menggunakan basis (dasar) berupa sidik jari. Karena keunikan binatang inilah, saya mencoba membuatkan tutorial langkah-langkah menggambar kura-kura dengan menggunakan sebuah sidik jari.


Seperti beberapa tutorial untuk menggambar dengan sidik jari ini, saya juga menggunakan cat air (tidak beracun dan aman untuk anak) sebagai media. Kita juga menggunakan kertas buku gambar yang agak tebal. Saya memakai pula pen anti air (waterproof) untuk membuat outline, dan tentu saja sebatang kuas kecil untuk mengaplikasikan cat air.

Ayo kita ikuti langkah-langkah menggambar kura-kura ini dengan menggunakan sidik jari sebagai basis utama. Yuk....
  1. Pertama-tama, siapkan cat air warna hijau, aplikasikan pada telunjuk anda. Buatlah sebuah bentuk lonjong. Oh ya, kalau mau cepat, anda juga dapat langsung mencelupkan ke wadah berisi cat air yang telah diencerkan. Gunakan tisu jika cat air terlalu basah dan belepotan agar jumlah cat air pada ujung telunjuk cukup. Lihat gambar berikut.
  2. cara menggambar kura-kura dengan sidik jari
    gunakan jari telunjuk
  3. Berikutnya, siapkan kertas gambar dan sehelai kertas lain ukuran kartu. Kertas berukuran kartu ini akan kita gunakan untuk memblok separuh sidik jari. Kita hanya menggunakan separuh sidik jari telunjuk sebagai basis gambar kura-kura.
  4. cara menggambar kura-kura dengan sidik jari
    gunakan selembar karton ukuran kartu untuk mendapat separuh sidik jari
  5. Kemudian, aplikasikan sidik jari pada kertas gambar dan kartu seperti gambar di bawah ini. Angkat kertas ukuran kartu dan jari anda. Nah, sekarang kita sudah punya cetakan separuh sidik jari sebagai basis gambar kura-kura. Sidik jari ini akan kita buat menjadi cangkang keras kura-kura yang berwarna hijau. (lihat gambar 1)
  6. cara menggambar kura-kura dengan sidik jari
    gambar 1 - 4 cara menggambar kura-kura
  7. Lalu, dengan menggunakan pulpen anti air, buatlah dua buah kaki pada bagian bawah sidik jari. (gambar 2)
  8. Lanjutkan dengan membuat sebuah garis melengkung yang menghubungkan kaki depan dengan kaki belakang kura-kura kita. Lihat gambar 3.
  9. Kemudian, buatlah kepala kura-kura. Perhatikan arah kaki untuk meyakinkan kamu meletakkan kepada kura-kura pada ujung cangkang yang tepat. Gambar 4.
  10. cara menggambar kura-kura dengan sidik jari
    langkah 5 - 7 cara menggambar kura-kura
  11. Agar kura-kura tampak jelas, sekarang berilah outline (garis pinggir) untuk sidik jari kita tadi sebagai cangkang. Jangan lupa buat juga mata kura-kura dengan menuliskan bulatan kecil dengan pulpen anda. Gambar 5.
  12. Aplikasikan warna coklat dengan kuas kecil pada badan bawah kura-kura. Anda tentu saja boleh menggunakan cat air warna lainnya yang anda suka. Gambar 6.
  13. Berilah warna kepala dan kedua kaki kura-kura. Di sini saya mencoba menggunakan warna ungu. Warna ini tentu juga boleh diganti dengan warna lainnya. Gambar 7. Nah, selesailah sudah gambar kura-kura kita. Mudah sekali bukan?

Tips Menggambar Kura-Kura:

Jangan takut bermain-main dengan mengganti warna, memiringkan posisi sidik jari, arah kaki, dan arah kepala. Anda juga dapat membuat mulut yang terbuka untuk kura-kura anda. Beragam ekspresi dan bentuk kura-kura akan diperoleh bila anda berani mengubah-ubah semua variabel di atas. Ayo dicoba...!

Demikian tutorial singkat cara menggambar kura-kura dengan menggunakan sidik jari sebagai basis. Semoga menginspirasi dan bermanfaat untuk anda. Wassalam.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...