Cara Mengganti Favicon Standar Blogger dengan Logo Blog Sendiri

logo dan favicon standar blogger

Cara Mengganti Favicon Standar Blogger dengan Favicon Sendiri


Apa sih favicon itu? Favicon adalah sebuah icon atau gambar kecil berbentuk persegi yang digunakan sebagai logo atau identitas sebuah blog saat muncul di adress bar. Ukurannya memang kecil, tetapi kalau diganti dengan logo favicon anda sendiri tentu akan membuat tampilan blog anda lebih berkesan bagi pengunjung atau pembacanya. Tampilan favicon di browser dapat dilihat juga pada history di sidebar browser jika mereka menampilkannya pada browser. Logo yang khas dan mencolok akan membantu pembaca untuk menemukan kembali blog anda atau artikel yang pernah mereka baca melalui blog anda dengan membuka history browser. Nah, sekarang kita sudah tahu manfaatnya menggunakan favicon sendiri, alih-alih menggunakan favicon standar (default) yang diberikan blogger. Kemudian, marilah kita pelajari caranya untuk mengganti favicon tersebut pada blog anda.

inilah yang disebut dengan logo atau favicon

Langkah-Langkah Mengganti Favicon dengan Logo Blog Sendiri

  1. Pertama-tama siapkan dulu sebuah gambar logo yang khas untuk blog anda. Jika anda punya kemampuan desain yang bagus, dapat membuatnya di photoshop, tetapi jika pengetahuan anda terbatas akan desain seperti saya, maka gunakanlah aplikasi pengolah kata seperti ms word. Gunakan fasilitas word art yang ada di sana, atau secara simple anda dapat mengetik huruf awal nama blog anda lalu memainkan warna dan jenis font, hingga background yang digunakan. (Saya melakukan yang terakhir ini untuk logo saya). Tangkap tampilan calon logo anda dengan tombol PRTSC SYSRQ di keyboard anda, lalu paste ke pengolah gambar untuk dicrop dengan ukuran bujursangkar (kotak). Ukuran file harus di bawah 100 KB, simpan dalam format jpeg atau png.
  2. saya buat sendiri logo blog saya di ms word, unik, cepat, mudah, dan eye catching
    ini jadinya logo blog saya (favicon)
  3. Berikutnya, pergilah ke DASHBOARD blogger anda > LAYOUT
  4. Temukan BILAH ELEMEN FAVICON halaman blog anda di bagian atas layout blog
  5. Klik EDIT.
  6. klik edit favicon di layout
  7. Muncul jendela pop up tempat anda akan memasukkan favicon (logo blog anda) untuk menggantikan favicon default (standar) blogger. Klik BROWSE.
  8. temukan letak file logo yang disiapkan
  9. Temukan favicon atau logo blog yang telah anda siapkan, klik logo tersebut, kemudian klik tombol OPEN.
  10. pilih dan klik OPEN
  11. Biarkan proses upload selesai. Selanjutnya akan terbuka jendela pop baru tempat anda melihat logo blog baru anda telah terupload dan menggantikan favicon standar blogger. Klik SAVE.
  12. klik SAVE
  13. Lihatlah, layout dashboard blogger anda akan secara otomatis melakukan refresh, dan logo blog anda telah menggantikan logo/favicon standar default blogger yang berwarna oranye itu.
  14. Selanjutnya klik SAVE ARRANGEMENT di bagian atas halaman layout.
  15. lihat favicon sudah berganti
  16. Sekarang cobalah tutup browser anda. Lalu buka kembali dan pergilah ke blog anda. Perhatikan, apakah logo blog anda sudah muncul di bagian atas browser? Jika belum, berarti anda harus menghapus cache di browser anda terlebih dahulu untuk melihatnya. Sebenarnya, jika orang lain (visitor) membuka blog anda mereka sudah bisa melihat perubahan logo itu. Jadi cache yang ada di komputer anda membuat logo itu seakan belum terganti dan seakan usaha anda tak berhasil.

Cara Mengganti Favicon Standar Blogger dengan Logo Blog Sendiri
aha.... saya punya favicon atau logo yang khas punya saya sekarang!
Baca juga
Cara Mudah Membuat Halaman Privacy Policy atau Disclaimer
Apakah Alexa Rank itu?
Teknik-Teknik Dasar SEO untuk Bersaing Di Google
Cara Mengetahui Jumlah Backlink

No comments :

Post a Comment

Terima kasih telah berkomentar di http://novehasanah.blogspot.com
Komentar anda adalah apresiasi bagi kami, karena itu berkomentarlah dengan sopan.

Mohon untuk tidak meninggalkan link aktif pada kolom komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...