Cari Tahu Jumlah Baclink Blog dengan Webmaster Tool

cara mengetahui jumlah backlink
google webmaster tools, alat-alat ampuh gratis yang disediakan google

Bagaimana Caranya Mengetahui Jumlah Backlink dengan Google Webmaster Tool?


Di blog ini sudah beberapa kali dibahas mengenai backlink. Apa sih backlink itu? Baiklah, untuk anda yang baru menggeluti aktivitas blogging seperti saya, istilah-istilah seperti ini kadang belum diketahui dengan baik. Backlink adalah tautan dari website atau blog lain kepada blog milik kita. Mengapa backlink selalu diperhitungkan oleh seorang blogger? Backlink adalah salah faktor penting yang digunakan oleh mesin pencari seperti google untuk mengurutkan hasil pencarian terkait kata kunci tertentu ketika seorang user internet membutuhkan informasi relevan. Jadi, itulah yang membuat backlink begitu berharga bagi seorang blogger yang menginginkan traffic blognya bagus.


Seperti judul di atas, kita akan mencoba mengetahui berapa banyak jumlah backlink yang telah kita peroleh melalui alat yang disediakan oleh google, namanya google webmaster. Jadi, sebelum anda dapat menggunakan tool ini, anda harus melakukan register dulu. Syaratnya sangat mudah, anda memiliki akun google lain misalnya email di gmail. (Baca Cara Membuat Email Baru di Google Mail / Gmail). Nah, jika sudah memiliki akun gmail, anda dapat langsung mendaftar ke google webmaster. Caranya sangat mudah. Ikuti saja langkah-langkah yang diberikan oleh google ketika anda masuk ke halaman google webmaster tersebut.

Sebelumnya, saya juga telah memberikan alternatif cara mengetahui jumlah backlink, URL yang memberikan tautan balik ini, dan flag: apakah termasuk backlink dofollow atau nofollow pada artikel Cara Mengetahui Jumlah Backlink melalui smallSEOtool-backlinks checker. Menggunakan beragam cara untuk mengetahui jumlah backlink yang anda miliki tentu sangat bagus bukan? Kita memiliki beragam alternatif dan masing-masing cara memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri.

Baiklah, sekarang kita akan langsung memulai tutorialnya. Mari diikuti sama-sama.
  • Bukalah akun google webmaster anda.
  • cara mengetahui jumlah backlink
    buka link webmaster untuk blog anda
  • Pilih blog yang ingin diketahui backlink-nya dengan cara mengkliknya.
  • Akan muncul alat webmaster (webmaster tool) untuk blog tersebut. Perhatikan sisi kiri, ada beberapa menu. Pilih menu LALU LINTAS PENELUSURAN.
  • cara mengetahui jumlah backlink
    klik lalu lintas penelusuran
  • Akan muncul submenu dropdown, pilih TAUTAN KE SITUS ANDA.
  • cara mengetahui jumlah backlink
    klik tautan ke situs anda
  • Nah, data backlink yang anda miliki sudah muncul. Ada 4 bagian data terkait backlink untuk blog anda tersebut, yaitu: (1) Total Tautan, yaitu jumlah backlink yang telah anda miliki; (2) Siapa yang Paling Banyak Menaut, yaitu situs yang paling banyak memberikan backlink untuk blog anda; (3) Konten yang Paling Banyak Ditaut, dan (4) Cara Data Ditautkan. Perlu dicatat bahwa untuk data jumlah backlink yang anda miliki, ini hanyalah jumlah perkiraan saja. Google webmaster adalah alat resmi yang diberikan oleh google, jadi bisa dibayangkan bahwa alat ini mungkin yang paling akurat memberikan data dibanding website yang memberikan tool sejenis untuk mengecek backlink.
  • cara mengetahui jumlah backlink
    inilah data backlink ke blog anda

Oh ya, anda juga dapat memperoleh data lengkap dari google webmaster tool (alat webmaster) ini dengan mengklik tulisan “selengkapnya” yang ada di bawah data yang diberikan. Anda mungkin ingin menyimpannya dalam bentuk excel atau google doc kemudian. Pilihan untuk keduanya dimungkinkan oleh google webmaster tool.

Selamat mengecek jumlah backlink anda melalui webmaster tool. Semoga bermanfaat. Wassalam.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...