Cara Perawatan Rambut Rontok Setelah Melahirkan (Telogen Effluvium)

Apakah anda mempunyai keluhan kerontokan rambut? Ada beragam sebab mengapa rambut dapat mengalami kerontokan. Rambut yang rontok dari kulit kepala adalah hal yang wajar, asalkan jumlahnya tidak berlebihan alias dalam jumlah banyak. Jika anda mengalami kerontokan rambut yang menurut anda sudah di atas kondisi normal, maka mungkin sebaiknya anda melakukan perawatan rambut rontok.


Rambut Anda Rontok Setelah Melahirkan dan Menyusui?

Para wanita sering mengalami kerontokan rambut setelah melahirkan. Istilahnya postpartum hair loss. Diperkirakan satu dari dua wanita yang baru melahirkan dan masih dalam masa menyusui mengalami kerontokan rambut jenis ini (telogen effluvium alias pospartum hair loss. Mengapa kerontokan rambut dalam jumlah besar ini terjadi pada wanita atau ibu yang baru melahirkan dan sedang menyusui? Jawabannya adalah karena terjadinya penurunan yang drastis dari hormon-hormon kewanitaan yang ada padanya. Hormon yang dimaksud adalah hormon estrogen, dan progesteron. Pada masa kehamilan, ketika kadar hormon-hormon tersebut dalam tubuh tinggi, maka rambut akan terlihat lebat dan subur. Tetapi, ketika selesai melahirkan, penurunan hormon kemudian menyebabkan rambut menjadi rontok. Meskipun ini adalah hal yang alamiah dan tentu terjadi pada semua wanita yang baru melahirkan atau sedang menyusui, pada beberapa orang kerontokan rambut terasa sedemikian parah hingga membuat khawatir dan terasa mengganggu.

Klinik atau Salon Perawatan Rambut Rontok

Jika memang kerontokan rambut sudah terasa cukup mengkhawatirkan, maka sebaiknya anda berkonsultasi dengan pakar kesehatan rambut yang ada di kota anda. Biasanya, ada klinik-klinik atau salon yang menawarkan perawatan rambut rontok setelah melahirkan. Tetapi, bagaimana jika anda terlalu repot untuk pergi ke klinik atau salon untuk melakukan perawatan rambut? Anda masih dapat melakukan perawatan rambut rontok sendiri dengan bahan-bahan alami yang mudah diperoleh di sekitar anda, dan sedikit tips kecil berikut mungkin akan bermanfaat untuk merawat rambut rontok anda.

Melakukan Perawatan Rambut Rontok Sendiri di Rumah

Kandungan Gizi Makanan

Makanlah makanan yang bergizi. Penuhi kebutuhan nutrisi anda dan bayi anda melalui air susu. Selain itu anda juga akan mendapatkan benefit dengan makan makanan bergizi, yaitu menutrisi rambut anda. Cukupi kebutuhan vitamin E, B, dan C anda karena penting untuk pertumbuhan dan kesehatan rambut. Melalui cara ini, ada melakukan dua hal sekaligus, memberikan yang terbaik untuk bayi anda dan juga melakukan perawatan rambut rontok secara alami. Bahan makanan seperti kacang-kacangan, daun yang berwarna hijau, serta daging yang berwarna merah seperti ikan tongkol, daging sapi, dan sebagainya sangat bagus untuk anda. Jangan lupakan buah-buahan juga sebagai pelengkap vitamin. Jikapun merasa kurang, anda dapat menggunakan suplemen vitamin.

Gunakan Produk Perawatan Rambut Rontok

Beragam produk perawatan rambut rontok banyak tersedia di toko-toko kosmetik. Anda dapat bertanya dan meminta saran kepada kenalan atau sahabat anda, atau meminta rekomendasi ahli kecantikan dan kesehatan rambut yang mungkin ada di klinik atau salon langganan anda. Biasanya produk perawatan rambut rontok yang dianjurkan adalah produk-produk yang mengandung biotin, zinc, dan silika.

Gunakan Bahan Herbal dan Bahan Alami dari Dapur

Banyak sekali tumbuhan yang berkhasiat sebagai herbal untuk perawatan rambut rontok. Anda mungkin sudah sering mendengar bagaimana keampuhan lendir dari daging daun lidah buaya, sari remasan daun dan batang urang-aring, daun seledri, hingga santan kelapa.
Baca juga:
Manfaat Tanaman Lidah Buaya untuk Kesehatan

Hindari Tekanan Berat Pada Rambut dan Kulit Kepala

Beragam alat-alat yang biasa digunakan untuk rambut dapat memberikan tekanan lebih berat dan menambah kerontokan. Karena itu, hindari penggunaan hair dryer, mengikat rambut terlalu kencang, catokan, serta sisir yang terlalu rapat. 
Baca juga: 
Manfaat Kenanga untuk Kesehatan

Nikmati Saja

Nikmati saja jika rambut anda rontok. Ini adalah harga yang harus dibayar untuk kebahagiaan menjadi ibu baru dan menikmati hubungan indah dengan bayi anda. Melalui cara seperti ini anda akan mengurangi stres dan menganggap bahwa kerontokan rambut anda adalah hal yang wajar, karena ini memang benar-benar wajar dan alamiah. Anda dapat memotong rambut dan merapikannya. Pilihlah gaya rambut yang pendek dan simpel sehingga anda tidak perlu mengikat dan menyisir rambut terlalu sering, apalagi anda memang sedang menyusui bayi. Rambut yang panjang justru akan menyulitkan anda untuk menyusui kecuali harus mengikatnya.

Baca juga:
Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan
Manfaat Tanaman Okra untuk Kesehatan
Khasiat dan Manfaat Tumbuhan Andong
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...