Tips Perawatan Rambut Rusak dengan Serum

Apakah Serum itu?

Pernah mendengar istilah serum pada tayangan iklan perawatan rambut rusak? Pastinya kan? Memang, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kerusakan rambut karena kering, bercabang, dan mudah patah serta rontok adalah dengan menggunakan serum. Lalu apakah serum itu? Kedengarannya seperti istilah medis begitu kan? Sebenarnya serum untuk perawatan rambut merupakan jenis produk perawatan rambut rusak. Serum dibuat dari minyak silikon. Serum melapisi rambut rusak sehingga melindunginya dari paparan bahan-bahan dan radiasi berbahaya untuk rambut. Kebanyakan serum digunakan untuk mengatasi rambut rusak, tetapi ada juga serum yang diformulasikan untuk tujuan membantu proses penumbuhan kembali rambut.
Baca juga: Cara Perawatan Rambut Rontok Setelah Melahirkan


Apakah Perawatan Rambut dengan Serum Berbahaya?

Bahan pembuatan serum untuk produk perawatan rambut ini tidak berbahaya bagi tubuh karena tidak meresap ke dalam kulit kepala dan bahkan rambut. Minyak silikon (silicon oil) bahkan sangat mudah dicuci dengan air. Jadi, sama sekali tidak terdapat bahaya penggunaannya.

Bagaimana Cara Kerja Serum untuk Memperbaiki Kerusakan Rambut?

Ketika anda mengaplikasikan serum untuk melakukan perawatan rambut kering dan rusak, misalnya, maka serum akan melapisi helaian rambut dari ujung hingga ke pangkal rambut. Keberadaan minyak silikon bahan serum ini hanya menempel di batang rambut dan tidak meresap ke dalamnya. Efeknya, dengan dilapisinya helaian rambut dengan serum, maka rambut yang semula kering akan menjadi lebih lembap karena ketika terpapar panas atau sinar matahari, kelembapan terperangkap di batang rambut, membuatnya lebih berkilau dan terlihat sehat. Perawatan dengan serum akan memberikan hasil yang lebih cepat dibanding jenis produk perawatan rambut rusak lainnya.

Tips dan Cara Penggunaan Serum untuk Perawatan Rambut Rusak

Hal-hal berikut sebaiknya diperhatikan ketika akan menggunakan serum untuk melakukan perawatan rambut rusak anda sendiri di rumah.
  • Gunakan serum untuk perawatan rambut dari merk yang sudah terjamin kualitasnya. Serum yang baik dan berkualitas akan langsung terasa manfaatnya setelah anda menggunakannya, yaitu rambut yang semula kering menjadi lebih lembap karenanya.
  • Aplikasikan serum hanya setelah anda mencuci rambut. Rambut harus bersih sebelum diberikan serum perawatan rambut rusak. Ini bertujuan agar rambut yang mengkilap, lembut dan tidak kering anda dapatkan setelah menggunakan produk serum rambut. Keringkan rambut setelah dicuci dengan menggunakan handuk, baru aplikasikan serum.
  • Ketika menggunakan serum, gunakanlah sisir atau jari, jangan meremas-remas rambut anda seperti saat mencuci rambut dengan shampoo. Serum bukan shampoo, dan hanya bekerja untuk helaian rambut untuk melapisinya sehingga rambut mendapatkan perlindungan darinya, plus efek rambut terlihat berkilau dan lembut.
  • Cucilah rambut anda secara rutin, misal seminggu 3 kali, lalu setelahnya gunakan serum perawatan rambut rontok dan rusak anda. Jangan sesekali memberikan serum pada rambut untuk melapisi serum yang ada tanpa terlebih dahulu mencucinya. Melakukan hal seperti ini tidak akan memberikan manfaat serum.
  • Gunakan jangan terlalu banyak serum, cukup 4 sampai 7 tetes. Jatuhkan di telapak tangan, lalu usapkan pada pangkal helaian rambut di kulit kepala menggunakan ujung jari. Lalu sisir perlahan. Biarkan serum mengering. Setelah menggunakan serum, anda tidak perlu mencuci kembali rambut, sampai saat anda ingin menggunakan serum kembali 2 atau 3 hari berikutnya. Terlalu banyak mengaplikasikan serum akan membuat rambut anda terlihat basah dan lepek.
Baca juga:
Pembersih Wajah dari Bahan Alami
Manfaat Okra untuk Kesehatan
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...