Cara Membuat Kincir Angin 8 Sirip

Kincir Angin Kertas dengan 8 Sirip

Bermain-main dengan kincir angin yang dibuat sendiri tentu menyenangkan. Proses pembuatannya pun bisa jadi mengasyikkan, apalagi kincir angin yang dibuat beda dengan buatan orang lain. Nah, setelah beberapa waktu lalu saya telah menuliskan bagaimana caranya membuat kincir angin mini dan cara membuat kincir angin kertas dengan teknik lipat (yang tentu saja berfungsi/bergerak), kini saatnya saya membagikan cara membuat kincir angin kertas bersirip 8. Iya, kita akan membuat 8 sirip baling-baling, tidak hanya empat seperti yang sudah-sudah. Ide awalnya pembuatan kincir angin dengan 8 sirip ini saya sadari ketika mencoba memikirkan kreasi apa yang sekira bisa ditambahkan pada kerajinan tangan kincir angin pada artikel sebelumnya. Eh setelah dipikir-pikir kenapa tidak coba menumpuk 2 helai kertas bahan kincir angin menjadi satu. Dan ternyata bisa. Mulanya saya kira ide ini cukup orisinil, ternyata tidak karena ketika saya keluar rumah dan pergi ke pasar tradisional, saya liat ada tukang mainan anak malah telah menjual kincir angin berbaling-baling 8 sirip ini dengan bentuk yang sangat cantik. Oh ya, pembuatan kincir angin kertas dengan 8 sirip atau baling-baling ini cocok sekali diberikan pada anak-anak SD kelas 4, 5, atau 6, karena agak memerlukan sedikit keterampilan menggunakan jangka, dan menyusun hingga menekuk kertas dengan hati-hati.

kincir angin dengan 8 buah sirip yang cantik dan warna warni
Kincir Angin dengan Baling-Baling Berjumlah 8


Bagaimana Cara Membuat Kincir Angin Kertas dengan Sirip Berjumlah 8 Buah? 

Sebenarnya prinsipnya sangat sederhana. Seperti yang telah saya sebutkan di atas bahwa kincir angin ini dapat dibuat dengan menumpuk 2 helai kertas yang masing-masingnya akan menyumbang 4 sirip baling-baling.

Alat dan Bahan

Alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat kincir angin ini adalah sebagai berikut:
  • 2 helai kertas berbentuk persegi ukuran 20 x 20 cm atau lainnya. Pada tutorial ini saya menggunakan kertas warna biru dan kuning.
  • Potongan kertas berbentuk lingkaran diameter 2 cm.
  • Lidi atau tusuk sate
  • Sedotan plastik
  • lem kertas
  • Gunting
  • Mistar/penggaris
  • Jangka
  • pulpen/pensil

Langkah-Langkah Pembuatan Kincir Angin

  • Siapkan 2 helai kertas berbentuk persegi, saya menggunakan kertas bekas ukuran 20 cm x 20 cm warna biru dan merah. Tentu saja ukuran lainnya juga boleh demikian pula warnanya.
kertas ukuran 20 cm kali 20 cm untuk 8 baling-baling kincir angin
2 helai kertas ukuran 20 cm x 20 cm biru dan kuning
  • Buatlah garis diagonal pada kertas (kuning) dengan menggunakan mistar dan pensil. Ini adalah garis bantu untuk membuat sirip. Helaian kertas kuning ini akan memberikan 4 buah sirip nantinya pada kincir angin kita.
cara membuat kincir angin kertas 8 baling-baling
buat garis diagonal
  • Selanjutnya, buatlah sebuah lingkaran dengan menggunakan jangka seperti pada gambar berikut ini. Gunakan titik pertemuan kedua diagonal (titik pusat kertas) sebagai pusat untuk lingkaran yang dibuat.
jangka diperlukan untuk membuat lingkaran sebagai tempat menyatukan kedua helaian kertas
buat lingkaran di tengah kertas
  • Guntingklah kertas dari salah satu sudut, hingga sampai ke tepi lingkaran, lalu bergeraklah ke arah kanan hingga tepi lingkaran terpotongseperti pada gambar. Lalu berhentilah. Lanjutkan untuk memotong dari sudut lainnya hingga ke-4 sudut kertas digunting dengan cara yang sama.
guntinglah dengan hati-hati
gunting seperti gambar
  • Buatlah tanda lingkaran kecil (atau titik) pada ke-4 ujung kertasseperti pada gambar berikut. Tanda ini akan dilubangi nantinya untuk membantu kita menekuk sirip kincir angin dengan ukuran yang sama dengan dibantu sebilah lidi atau tusuk sate.
lubang berfungsi agar kincir angin menjadi rapi dan seimbang
beri tanda di 4 sudut dan lubangi
  • Lakukan hal yang sama (menggambar garis bantu, menggunting) pada kertas yang satunya (saya menggunakan warna biru). Ingat setiap helai kertas menyumbang 4 sirip baling-baling. Kemudian, tumpuk seperti gambar di bawah ini.
tumpuk dengan menyatukan 2 lingkaran dan berikan lem jika sudah pas
tumpuk kertas seperti posisi ini
  • Kemudian, selipkan secara berselang-seling calon sirip biru di antara calon sirip kuning untuk pembuatan 8 baling-baling nantinya. Untuk lebih jelasnya perharikan gambar di bawah ini.
selipkan satu sirip dengan sirip lainnya
selipkan satu dengan yang lainnya
  • Pada titik pusat kertas (lingkaran) kedua kertas yang telah ditumpuk, tusukkan sebilah lidi runcing. Ini akan membantu menahan kedua kertas untuk berada di posisinya yang tepat saat kita akan menyatukan kedua helaian kertas ini. Untuk menyatukan kedua, kertas yang telah ditumpuk pada posisi berseling-seling ini diberi lem pada bagian lingkaran. Lakukan dengan rapi sehingga kedua helai kertas menyatu di bagian lingkarannya saja.
lidi berfungsi sebagai poros baling-baling dan juga membantu proses pembuatan untuk menahan bagian yang belum diberi lem
tusuk pusat kertas dengan lidi
  • Sekarang pekerjaan dilanjutkan dengan menekuk satu persatu helaian kertas yang tadi ujungnya telah diberi tanda dan dilubangi dengan lidi tajam. Perhatikan gambar di bawah. 
saatnya membuat baling-baling kertas
tekuk ujung kertas
  • Lekukan dibuat mengikuti arah lidi dan lubang di ujung kertas
tekuk dengan baik kertas ke lidi atau tusuk sate
teruskan menekuk dan menyatukan di tusuk sate/lidi
  • Lakukan secara berurutan, kuning-biru-kuning-dst hingga ke-8 buah baling-baling terbentuk karena tekukan itu. Perhatikan, bahwa lidi atau tusuk sate membantu mempertahankan setiap sirip baling-baling kertas kita berada pada posisinya. Selanjutnya berikan lem kertas yang kuat agar baling-baling tidak lagi terbuka dan lepas.
bentuk baling-baling dengan sirip berjumlah 8 baling-baling sudah mewujud
bentuk kincir angin 8 siri baling-baling sudah menjadi
  • Berikan lem pula bagian belakang baling-baling sehingga semua sirip menyatu dengan baik ke lingkaran. lem ujung guntingan sirip ke sirip lainnya secara berturutan. Perhatikan gambar berikut.
balikkan kincir untuk mengerjakan bagian belakang
balik kincir angin untuk merapikan sisa potongan kertas
  • Nah, lihatlah bagaimana cara mengelem ujung kertas sirip dari baling-baling yang satu ke baling-baling yang lainnya. Aplikasikan lem secukupnya saja.
lem secara rapi dan hati-hati
beri lem secukupnya dan rekatkan ke sirip berikutnya berurutan
  • Berikutnya pada bagian depan, tutup lagi baling-baling dengan sebuah kertas yang digunting berbentuk lingkaran. Pasang sebuah sedotan plastik pada tusuk sate (lidi) di belakang kincir. Nah, kincir angin siap dimainkan.
langkah terakhir membutuhkan sebuah lingkaran kertas dan sebatang sedotan plastik
tambahkan sebuah bulatan di bagian depan
Oh yakincir angin dengan jumlah baling-baling (sirip) 8 buah ini ternyata perputarannya lebih kencang dan cepat dibanding kincir angin dengan 4 sirip (baling-baling). Tentunya karena ia lebih optimal dalam menggunakan aliran udara dari arah depan. Cobalah bawa berjalan atau bawa ke depan kipas angin. Wusss.... perputaran baling-baling yang berwarna- warni akan menghasilkan efek yang indah.

Demikian cara membuat kincir angin dengan siri atau baling-baling berjulah 8 dari kertas bekas. Prakrya atau kerajinan tangan ini sangat cocok untuk anak SD yang sudah duduk di kelas 4, 5, atau 5 karena tingkat kerumitannya yang sedang.

Baca Juga:
Cara Membuat Kotak Pensil dari Barang Bekas
Cara Membuat Boneka Kertas
Cara Membuat Bintang dari Sedotan Plastik
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...