Cara Membuat Bunga dari Kertas Bekas dan Cotton Bud

Bunga Kertas Kerajinan Tangan Anak SD Kelas 4, 5, atau 6

Jika ibu atau bapak guru ingin mengajari anak-anak SD kelas tinggi seperti anak kelas 4, 5, atau 6 membuat kerajinan tangan berupa bunga yang cantik dari kertas bekas, tentunya kerajinan tangan bunga itu haruslah sederhana dan mudah cara pembuatannya. Sebagaimana diketahui tentunya kemampuan mereka menangani pembuatan bunga yang rumit dan memerlukan keluwesan tangan sangatlah sukar mereka ikuti dengan baik. Oleh karena itu, contoh prakarya atau kerajinan tangan bunga kertas yang satu ini mungkin dapat dijadikan bahan pertimbangan. Lihatlah, walaupun sederhana dan relatif mudah cara membuatnya, bunganya kelihatan bagus bukan? Lalu bagaimana cara membuatnya dan apa saja bahan-bahannya?


bunga ini dibuat dari kertas bekas dan cotton bud
bunga dari kertas bekas, contoh kerajinan tangan siswa SD

Baca Juga:
Cara Membuat Bunga Unik dengan Teknik Quilling dari Potongan-Potongan Kertas Bekas


Cara Mudah Membuat Bunga dari Kertas Bekas dan Cotton Bud

Alat dan Bahan Pembuatan Prakarya Bunga Kertas

Adapun alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat bunga kertas ini adalah:
  • kertas bekas (boleh kertas HVS berwarna atau putih, kertas bekas majalah, kertas bekas undangan, kertas bekas origami, atau kertas apapun)
  • Lem
  • Cotton Bud (Kapas untuk Korek Kuping)
  • Kawat

Cara Pembuatan Bunga Kertas

Ikutilah langkah-langkah yang cukup mudah berikut untuk membuat kerajinan tangan berbentuk bunga kertas dengan mahkota berjumlah delapan:
  • Siapkan beberapa helai kertas berbentuk persegi. Untuk sekuntum bunga kita akan membutuhkan 2 helai kertas berukuran sama. Pada gambar di bawah saya menyiapkan 4 helai kertas. Dua helai berukuran 3 cm x 3 cm, dan 2 helai berukuran 5 cm x 5 cm. Jadi kita akan membuat 2 kuntum bunga sekaligus.  
bahan pembuatan bunga kertas berupa kertas ukuran 3 cm
sediakan beberapa helai kertas persegi ukuran 3 cm x 3 cm atau 5 cm x 5 cm
guntinglah kertas membentuk mahkota bunga
bentuk mahkota dengan melipat dan mengguntingnya
  • Gunting sebatang cotton bud dengan cara menyerong, sehingga kita akan mendapatkan bekas potongan yang runcing. Kedua potongan cooton bud akan kita gunakan sebagai sari bunga sekaligus tangkai yang akan mendukung seluruh bagian mahkota kembang dari kertas bekas kita.
satukan mahkota bunga dengan cotton bud dan lem bagian bawahnya
kita membutuhkan sebatang cotton bud untuk menyatukan bagian-bagian bunga kertas
  • Buat lubang kecil pada tengah-tengah mahkota bunga, agar lubang tidak terlalu besar kita mungkin membutuhkan bantuan sebatang jarum pentul atau benda apapun yang lebih lancip dari ujung potongan cotton bud. Jangan membuat lubang yang besar karena kita menginginkan lubang menjadi pas dengan diameter cotton bud sehingga mahkota yang akan dipasang menjadi kuat dan tidak mudah lepas. 
Baca juga: Cara Menggambar Pohon Cantik dengan Cotton Bud untuk Anak TK
  • Selanjutnya, berikan lem secukupnya pada kapas bagian bawah cotton bud, kemudian perlahan-lahan pasang helaian mahkota bunga pertama. Berikan lagi lem pada bagian bawah mahkota yang telah dipasang, lalu kemudian masukkan helaian mahkota kedua. Atur posisi kedua helaian mahkota agar saling berseling dan membentuk 8 helai mahkota.
satukan semua mahkota yang berjumlah 2 lapis itu
menyatukan mahkota-mahkota bunga dari kertas dengan cotton bud dan lem
  • Berikutnya, jika diinginkan, kita dapat menambahkan kelopak bunga. Cara membuatnya sama seperti cara membuat helaian mahkot, hanya saja kita membuat ujung-ujung kelopak melancip dan lebih langsing dari mahkota. Warna kertas yang digunakan tentu saja sebaiknya warna hijau agar tampak natural. Lubangi helaian kelopak dengan jarum pentul untuk memudahkan memasangnya pada cotton bud.
  • Beri sedikit lem pada bagian bawah mahkota bunga untuk melekatkan kelopak ini nantinya pada bunga kertas kita. Tusukkan secara perlahan kelopak yang berwarna hijau itu hingga mencapai bagian bawah mahkota bunga.
kelopak bunga dibuat dengan cara yang sama seperti saat membuat mahkota
jika ingin lebih natural, tambahkan kelopak berwarna hijau
  • Ambil sepotong kawat, lalu masukkan salah satu ujungnya ke dalam batang plastik cotton bud. Hati-hati, jangan sampai menembus kapas di bagian sari bunga. Atau jika batang plastik cotton bud terlalu kecil lubangnya, kita dapat melilit kawat pada batang cotton bud.
kawat disisipkan atau dililitkan pada cotton bud
tambahkan kawat untuk membuat tangkai bunga
  • Gunakan kertas hijau yang sewarna dengan kelopak bunga untuk menutup batang plastik cotton bud dan kawat untuk membentuk tangkai dan batang bunga kertas yang dibuat.
lilitkan kertas hijau untuk menutupi kawat dan batang cotton bud agar rapi dan cantik
tutup batang cotton bud dan kawat dengan kertas berwarna hijau dan lem
Nah, bunga kertas kerajinan tangan kita yang sederhana ini telah selesai dibuat. Kita tinggal memasukkannya ke dalam vas dan mengatur posisinya. Agar lebih bagus, buatkan beberapa kuntum bunga. Gunakan beragam warna seperti kuning, atau oranye atau bahkan biru muda dan ungu jika suka. Rangkai di dalam vas.

Demikian cara membuat bunga dari kertas, sebuah contoh kerajinan tangan sederhana dan mudah dibuat yang sangat cocok diberikan pada anak-anak SD yang sedang duduk di kelas 4, 5, atau 6. Bagaimana? Anda pasti dapat membuatnya bukan? Semoga menginspirasi dan bermanfaat. Wassalam.

Baca juga:
Cara Membuat Angsa Kertas
Cara Membuat Kincir Angin Kertas dengan 8 Buah Baling-Baling
Cara Membuat Kincir Angin dengan Teknik Lipat
Cara Menggambar Manga atau Anime
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...