Contoh Origami TK dan SD Kelas 1: Gelas

Origami Anak TK dan SD Kelas 1 Harus Mudah dan Sederhana

Origami untuk anak TK atau anak kelas 1 SD itu harusnya mudah. Langkah-langkah melipat kertas sebaiknya tidak lebih dari 10 langkah, karena keterbatasan kemampuan mereka mengingat banyak langkah lipatan. Selain itu presisi alias keakuratan lipatan juga tidak terlalu menjadi hal penting saat mereka bekerja agar terbentuk benda atau binatang yang diinginkan. Salah satu contoh yang sangat baik untuk mengajarkan origami (seni melipat kertas dari Jepang) adalah origami gelas. Papercraft yang ini sangat memenuhi kriteria di atas. Saya yakin anak-anak TK atau SD kelas 1 sangat mudah meniru langkah-langkah yang dicontohkan. Lihatlah gelas origami yang dimaksud, bagus bukan?

contoh origami untuk anak TK dan SD kelas 1: Gelas

Baca juga:
Origami Mudah untuk Anak TK dan SD Kelas Rendah: Serigala
Kerajinan Tangan Anak SD: Burung Merak dari Kertas Bekas
Cara Membuat Bintang Kecil Cantik dari Potongan Kertas 



Langkah-Langkah Melipat Kertas Origami Membentuk Gelas Sederhana dan Mudah

Baiklah, sebelum tutorial dimulai, sebelumnya perhatikan lebih dahulu diagram origami untuk membuat gelas berikut:

diagram origami yang sangat mudah untuk anak-anak usia tk dan sd kelas 1 berbentuk gelas
diagram origami gelas

Jika langkah-langkah di atas agak sulit dipahami, silakan ikuti langkah-langkah melipat kertas origami untuk membuat gelas berikut yang disertai foto-foto:

siapkan selembar kertas origami ukuran besar atau tanggung
langkah 1
  • Sediakan selembar kertas origami ukuran besar atau tanggung agar anak-anak mudah menangani lipatannya dan menirukan lipatan yang anda contohkan. Lihat langkah 1.
lipat ke arah atas membentuk segitiga
langkah 2
  • Lipat ujung bawah kertas origami ke ujung atas sehingga terbentuk sebuah segitiga besar. Lihat gambar langkah 2.
lipat ke arah samping kiri ujung kanan kertas origami
langkah 3
  • Berikutnya, buat lipatan ke arah samping kiri dengan mengambil ujung kanan kertas origami. Usahakan sisi lipatan atas membentuk arah sejajar dengan lipatan bawah. Lihat gambar langkah 3.
lakukan dengan sisi kiri untuk lipatan ke arah kanan
langkah 4
  • Selanjutnya lakukan hal yang sama untuk ujung kiri kertas origami: lipat ke arah kanan. Lihat gambar langkah 4. Pada langkah ini anda telah menyelesaikan badan gelas. Langkah berikutnya tinggal membentuk bagian bibir atas gelas.
buat bibir gelas dengan melipat ujung atas ke bawah
langkah 5
  • Lipat ujung atas kertas bagian depan ke arah bawah sehingga lipatan pas terbentuk pada kedua ujung lipatan sebelumnya.Perhatikan langkah 5.
balikkan lipatan kertas origami
langkah 6
  • Balik kertas origami, anda akan mengerjakan bibir gelas untuk sisi bawah yang sekarang posisinya sudah dibalik ke atas. Lihat gambar langkah 6.
lipat lagi ujung atas kertas origami untuk membuat bibir gelas
langkah 7
  • Lipat ujung atas kertas origami seperti lipatan sebelumnya, ke arah bawah. Nah, bibir gelas sudah sempurna terbentuk. Tinggal sentuhan akhir nih. Lihat langkah 7.
buka bibir gelas dan jadilah origami anda
langkah 8
  • Terakhir, bukalah bibir atas gelas origami, sehingga anda bisa menempatkan benda-benda kecil di dalamnya. Lihat langkah 8.

Bagaimana, mudah dan sederhana ya langkah-langkahnya. Semua anak TK dan SD kelas 1 tidak akan kesulitan mencontoh anda melakukannya, dan dapat selesai dalam hitungan 5 menit.

Demikian tutorial membuat origami untuk anak TK dan SD kelas 1 kali ini, semoga menginspirasi dan bermanfaat untuk mengembangkan kecerdasan anak-anak. Wassalam.
Baca juga:
Contoh Origami Mudah untuk Anak: Ayam
Origami Sederhana untuk Anak-Anak: Burung Hantu
Origami Anak TK: Binatang Anjing
Origami Anak TK: Kucing
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...