Copas Artikel: Cek Blog yang Terindikasi Plagiat

Copas Artikel: Situs-Situs Untuk Cek Artikel Blog yang Terindikasi Hasil Plagiat


Isu plagiarisme alias penjiplakan artikel blog memang masalah yang cukup serius, karena akan berdampak sangat buruk pada kinerja blog di search engine. Mesin pencari besar seperti google, yahoo ask, atau bing sangat membenci blog dengan artikel copas ini. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan cek dan ricek sebelum mempublikasikan artikel blog. Pun, bagi para blogger yang sudah menulis artikel atau konten blog secara orisinil-pun perlu mencek artikel-artikel atau konten blognya, apakah telah dicopas oleh blogger lain. Meskipun mesin pencari akan mengunggulkan blog dengan artikel orisinil, pencurian atau copas artikel oleh blogger lain pada artikel anda tetap akan menurunkan kualitas blog anda. Beberapa waktu yang lalu di blog ini telah diuraikan bagaimana cara mencek apakah sebuah artikel yang akan dipublikasikan terendus isu plagirism atau copas artikel blog lain melalui plagiarismchecker di smallseotools.com.Selain itu juga telah dituliskan Bagaimana Cara Mengatasi Pencuri Konten dan Plagiator. Nah, untuk menambah wawasan tentang plagiarisme dan seputar masalah tukang copas konten blog orang ini, kali ini saya akan mencoba memberika alternatif-alternatif lain selain plagiarism-checker dari smallseotools.com yang cukup ampuh untuk mendeteksi isu ini secara gratis.

Memang menulis artikel itu bagi sebagian orang sangat gampang, sementara bagi orang lainnya sangat sulit. Kesulitan dalam menulis artikel membuat blogger yang tidak memahami bahwa kegiatan copas milik orang lain yang dilakukannya sangatlah merugikan. Sebenarnya tidak cuma bagi orang yang dicuri artikelnya tetapi juga bagi dirinya sendiri: capek-capek blogging tapi tak ada hasilnya. Berhubungan dengan isu ini silakan baca artikel saya sebelumnya tentang tips dan trik seputar penulisan dan penerbitan artikel konten blog.
Baca juga:
Jenis Artikel Blog yang Disukai Pembaca



Beberapa Situs Gratis untuk Cek Blog Copas dan Artikel Copas


Cari Blog Tukang Copas dan Artikel yang Dicopas Melalui Copyscape.com

Copyscape adalah salah satu situs yang sangat terkenal di kalangan penulis konten blog. Melalui website yang satu ini kita dapat dengan mudah menemukan pencuri artikel atau konten blog, hingga artikel apa yang dicuri beserta alamat URL-nya secara lengkap. Anda dapat mengunjungi copyscape.com dan langsung mengetikkan alamat blog anda pada kotak yang disediakan. Dan... GO, dalam hitungan detik akan muncul hasil yang menunjukkan apakah ada konten blog anda yang dicopy atau tidak. Tampilan copyscape.com seperti gambar di bawah ini. Jika blog atau website anda dikelola dengan cara profesional dan bukan sekedar sebagai hobi, maka sebaiknya anda menggunakan layanan premium dari copyscape untuk monitoring dan fasilitas-fasilitas lainnya.

atasi pencuri artikel dan tukang kopi paste artikel anda dengan copyscape
Copyscape.com

Cek Artikel Sebelum Diterbitkan Melalui Plagium.com

Seperti alat-alat pengecek copy-paste konten blog lainnya, plagium.com juga sangat mudah untuk digunakan. Anda bisa langsung mem-paste-kan artikel yang akan dipublikasikan pada form yang disediakan. Metode ini sangat penting untuk dilakukan karena bisa saja anda menulis sendiri artikel orisinil anda, akan tetapi karena banyaknya blogger lain yang bersaing menulis artikel sejenis bisa saja tanpa sengaja anda menggunakan kata-kata yang sama atau mirip. Jadi sebelum artikel dipublikasikan, yakinkan bahwa artikel yang anda tulis benar-benar dianggap orisinil dan unik oleh search engine melalui tool yang disediakan oleh plagium. Selain itu, jika anda perhatikan pada menu sebelah atas situs ini, anda tahu bahwa anda juga dapat mengecek langsung sebuah URL (blog milik anda) untuk mengetahu apakan ada orang lain yang telah mencuri artikel anda. Tampilan halaman depan seperti di bawah ini. Oh ya, mungkin sebelum menggunakan tool-tool yang disediakan secara gratis, anda terlebih dahulu akan diminta sign up (mendaftar). Tentunya, ada beberapa fitur lain yang juga dikhususkan untuk pengguna premium (berbayar).

melacak pencuri artikel blog dengan plagium secara gratis
plagium.com

Periksa Apakah Artikel Anda Terdeteksi Duplikasi di Duplichecker.com

Duplichecker.com menyediakan tool gratis untuk mengecek apakah artikel yang baru saja anda tulis dapat diindikasikan sebagai konten duplikat oleh search engine seandainya diterbitkan. Melalui alat yang disediakan duplichecker anda bisa memperbaiki terlebih dahulu artikel tersebut sebelum diterbitkan pada blog anda. Cara kerja duplichecker untuk cek artikel yang akan diterbitkan ini mirip dengan cara kerja plagiarism checker milik smallseotools atau plagium. Bahkan untuk mempermudah, anda dapat langsung mengecek melalui file dalam bentuk dicx atau file text lainnya melalui tombol BROWSE yang disediakan. Untuk pengecekan artikel secara langsung, anda dapat mengecek artikel dengan maksimum jumlah 1000 kata. Tampilan duplichecker.com seperti gambar berikut. Mengunjungi duplichecker juga dapat dilakukan untuk keperluan lain, karena situs ini banyak menyediakan free tool yang lain seperti cek link yang broken, cek pagerank, keywords density, keywords position, dsb. Komplit deh.

ada beragam tool gratis yang disediakan duplichecker termasuk untuk mengecek pencuri artikel blog
DupliChecker.com

Cek Menggunakan URL Blog Anda atau 32 Kata Artikel Anda Melalui Plagiarismchecker.com

Plagiarismchecker.com telah hadir untuk memberikan layanan gratis sejak tahun 2006 dan terus dikembangkan. Situs ini, terhubung dengan google dan yahoo saat anda mencoba mencek apakah artikel anda dicopas oleh bloger lain. Penggunaannya sangat simpel. Anda dapat mengecek langsung artikel dengan menggunakan 32 kata pertama atau kata di dalam artikel anda dan plagiarismchecker.com akan menampilkan halaman-halaman yang terindikasi mencuri artikel anda. Melalui halaman ini anda juga dapat meminta google alert. Cara lain yang disediakan dan merupakan fitur baru dari situs ini adalah pengecekan melalui URL blog, seperti layanan yang diberikan oleh copyscape. Perhatikan tampilan plagiarismchecker berikut ini.

plagiarismchecker adalah situs gratis melacak tukang curi artikel blog
PlagiarismChecker.com

Peringatan Adanya Copas Artikel Blog Anda oleh Copygator.com

Situs yang satu ini cara kerjanya agak berbeda dengan situs-situs lainnya yang telah diuraikan di atas. Copygator sangat bermanfaat sebagai alat untuk memperingatkan anda (memberikan alert) jika ada blogger lain yang telah mencuri konten anda dan mempublikasikannya di internet. Ada dua metode yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan alert dari copygator. Cara pertama adalah dengan memasang logo (badge) copygator di halaman blog anda, atau dengan cara kedua: yaitu memberikan umpan rss (rss feed) blog anda kepada copygator untuk meminta mereka mengawasi setiap konten artikel blog anda jika ada yang mencuri. Tampilan copygator seperti gambar berikut.

cara kerja copygator sedikit berbeda dibanding situs pelacak pencuri konten blog lainnya
CopyGator.com

Gunakan Form dari ArticleChecker.com untuk Menemukan Pencuri Konten Anda atau Mengecek Artikel Sebelum Diterbitkan

Pergi;ah ke articlechecker.com untuk mengecek URL blog anda apakah anda telah kecurian konten blog. Selain itu pada halaman yang sama articlechecker juga menyedian fitus lain yaitu pengecekan artikel secara langsung dengan mempaste teks artikel ke dalam kotak form yang telah disediakan. Mudah sekali melakukan pengecekan melalui situs ini. Berikut tampilan logo articlechecker.
articlechecker situs melacak tukang copas blog
ArticleChecker.com
Baca juga:
Tips Agar Tidak Kehabisan Ide Menulis Artikel Blog
Tips dan Cara Mencari Gambar untuk Artikel Blog
Menulis dan Mempublikasikan Artikel Pertama Blog Anda
Tutorial Blogging: Mengenal Dashboard Blogger
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...