Kerajinan Tangan dari Sedotan Bentuk Berlian

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Sedotan Plastik

Tulisan ini adalah lanjutan dari artikel-artikel sebelumnya tentang Aneka Prakarya dari Sedotan Plastik, di mana pada artikel tersebut telah ditulis pula banyak tutorial cara membuat beragam bentuk kerajinan tangan dari sedotan plastik yang sangat cocok diberikan untuk anak-anak SD. Cara pembuatan kerajinan tangan ini sangat mudah. Biasanya, bentuk-bentuk dasar yang dihasilkan dari batang-batang sedotan ini akan dirangkai menjadi beragam jenis kerajinan tangan lainnya seperti anting-anting, kalung, hiasan gantung, gantungan kunci atau bahan dekoratif lainnya. Lihatlah gambar berikut. Bentuk berlian yang dibuat dari sedotan plastik ini dapat dijadikan anting-anting atau diuntai menjadi hiasan jendela dan contoh-contoh kerajinan tangan atau prakarya sederhana yang unik lainnya.


contoh kerajinan tangan anak SD dari sedotan plastik
bentuk berlian dari sebatang sedotan
Sekedar mengingatkan, mungkin anda juga ingin membaca tutorial lainnya tentang contoh-contoh kerajinan tangan dari sedotan plastik ini. Ikuti saja dengan link (tautan) berikut:
Cara Membuat Kerajinan Tangan Bentuk Panah dari Sedotan Plastik
Cara Membuat Bentuk Bintang Segitiga dari Sedotan Plastik
Udang Unik dan Cantik ini Dibuat dari Sedotan, Simak Langkah-Langkah Pembuatannya!
Dinosaurus dari Sedotan Plastik
Prakarya dari Sedotan Plastik: Bentuk Kubus
Cara Membuat Bunga Bintang dari Sedotan Plastik


Langkah-Langkah Membuat Kerajinan Tangan dari Sedotan Plastik: Bentuk Berlian

Sebelum kita memulai langkah-langkah membuat bentuk berlian ini, marilah kita siapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang diperlukan.

Alat dan Bahan

Tidak banyak alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat contoh kerajinan tangan yang cocok untuk anak SD ini, yaitu:
  • sedotan plastik warna-warni (untuk alasan higienis), saya menganjurkan untuk lebih menggunakan sedotan baru. Tetapi jika tujuan anda adalah untuk mengajak anak-anak memanfaatkan sedotan plastik bekas yang dikumpulkan dari bekas minuman ringan (softdrink), maka terlebih dahulu cucilah sedotan yang telah dikumpulkan dengan deterjen dan mungkin juga diperlukan disinfektan. Rendam sedotan kemudian cuci bersih dan jemur hingga kering. Kini sedotan aman digunakan oleh anak-anak.
  • gunting untuk memotong dan membelah sedotan
  • lem UHU jika dirasa perlu untuk mengunci ujung lipatan sedotan ketika bentuk berlian sudah selesai dibuat

Cara Pembuatan dan Gambar

Perhatikan langkah-langkah berikut beserta gambar yang diberikan, memang saya agak kesulitan memoto tahapan cara pembuatan bentuk berlian ini karena keterbatasan kamera yang saya gunakan. Jika belum jelas, anda mungkin dapat pula membandingkannya dengan video tutorial yang telah saya upload di youtube. Link ke video tersebut disediakan di akhir tulisan ini. Baiklah, sekarang kita simak cara dan langkah-langkahnya.
  • Ambil sebatang sedotan yang telas dibersihkan, atau gunakan yang baru. Jika menggunakan sedotan yang dapat dibengkokkan, maka tariklah bagian yang berlipat-lipat sehingga meregang penuh.
sedotan plastik ini akan kita buat menjadi bahan dasar kerajinan tangan yang berbentuk berlian
bahannya cukup sebatang sedotan
  • Belah sedotan dengan menggunakan gunting atau cutter dari pangkal hingga ujung. Usahakan membuat irisan yang lurus agar memudahkan anda saat melipatnya nanti membentuk bentuk-bentuk dasar (dalam hal ini bentuk berlian). Caranya, pipihkan terlebih dahulu sedotan plastik anda, lalu ikuti garis lipatan yang terbentuk sebagai acuan untuk membelahnya.
belah sedotan dengan menggunakan gunting, sebelumnya pipihkan dahulu sedotan
gunakan gunting atau cutter untuk membelah sedotan
  • Selanjutnya, lipat ujung sedotan membentuk persegi. Lipat saja sebanyak 3 kali lipatan untuk membuat basis yang tebal dan kuat dari bentuk berlian anda nantinya.
sedotan dilipat sebanyak 3x untuk membentuk basis yang kuat
lipat ujung sedotan berbentuk persegi sebanyak 3 x lipatan
  • Kemudian, buatlah lipatan segitiga. Caranya, lipat sedotan plastik ke arah samping. Bentuknya keseluruhan batang sedotan dan lipatan-lipatan yang telah dibuat akan seperti huruf L.
lipatlah sedotan sehingga bentuknya kini seperti huruf L
buat lipatan segitiga hingga terbentuk seperti huruf L
  • Letakkan ujung telunjuk anda di antara lipatan persegi dan segitiga, lalu tekuk kedua lipatan itu. Ini adalah langkah yang mungkin agak sulit jika belum terbiasa. Kita akan membuat basis bentuk berlian menjadi 3 dimensi. Setelah ditekuk, maka lipat ujung panjang sedotan melingkari dengan mengikuti alur yang akan terbentuk dengan sendirinya.
taruh ujung telunjuk pada kedua lipatan dasar sedotan plastik
letakkan ujung telunjuk di antara lipatan persegi dan segitiga
  • Gulung terus ujung sedotan panjang hingga ujung telunjuk dapat ditarik dari kedua lipatan basis (persegi dan segitiga).
putar dan lilit sedotan sehingga terbentuk berlian
ketika bentuk berlian masih tipis (masih satu putaran)
  • Ikuti terus alur yang diberikan oleh sisi-sisi bentuk berlian anda, hingga anda berhasil melipat (menggulung batang sedotang) sampai ke ujungnya.
langkah-langkah membuat kerajinan tangan dari sedotan plastik untuk anak-anak SD
teruskan melipat (menggulung) mengikuti alur sisi-sisi bentuk berlian
ffff
terus gulung...
lagi....
  • Ketika anda benar-benar sampai di ujung sedotan, selipkan sisanya ke dalam salah satu sisi yang terbentuk untuk menguncinya. Jika anda ingin bentuk berlian anda lebih kuat, anda dapat mengaplikasikan sedikit lem untuk membuatnya benar-benar terkunci mati.
contoh prakarya sedotan plastik untuk anak-anak
selipkan ujung sedotan ke salah satu sisi bentuk berlian
  • Gunting sisa ujung sedotan untuk merapikannya
guntinglah ujung sedotan untuk merapikannya
gunakan gunting untuk memotong ujung sedotan yang telah dikunci
  • Nah, bentuk berlian dari sedotan plastik anda sudah selesai dibuat. Berlian ini dapat digunakan untuk elemen bahan dekoratif lainnya nanti. Atau tinggal diberi pengait, maka jadilah sebuah anting-anting yang unik.
cara pembuatan berlian untuk anak-anak berbahan sedotan plastik
ini dia berlian dari sedotannya


Oh ya, mungkin  anda juga tertarik untuk membaca:
Cara Membuat Bunga dari Kertas Bekas
Cara Membuat Tempat Pensil dari Kotak Teh Celup
Cara Membuat Kincir Angin Kertas
Cara Membuat Boneka dari Kertas untuk Anak-Anak
Prakarya dari Daun Kering untuk Siswa SD

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...