Ketahui Keyword yang Membawa Banyak Pengunjung Ke Blog Anda

Cara Mengetahui Keyword yang Membawa Banyak Pengunjung Ke Blog Anda


Setiap hari dari sekian banyak para peselancar internet, beberapa di antaranya akan mampir ke blog anda. Jumlahnya tentu saja tidak sama setiap hari. Trafik blog dalam rentang waktu seminggu kadang-kadang mengalami peningkatan, kadang-kadang dapat juga mengalami penurunan. Tetapi, tahukah anda bagaimana bisa para peselancar internet yang sedang browsing itu bisa mampir ke blog anda? Apa kata kunci atau keyword yang telah mereka ketik di mesin pencari macam google sehingga mereka dapat menemukan blog anda di halaman hasil pencarian (SERPs)?

Jika anda penasaran keyword apa saja yang telah membawa mereka (para pembaca blog) ini landas di tempat anda, mungkin ulasan berikut bisa menjelaskannya. Mari kita simak sama-sama.

Setidaknya ada 2 cara yang dapat anda lakukan untuk mengetahui keyword apa yang telah membawa pengunjung sampai ke blog anda. Kedua cara itu adalah dengan mengamati data statistik pada Google Webmaster Tools (GWT) dan dashboard blogger. Saya akan lebih dulu mengulas dashboard blogger, karena ini adalah data yang lebih simpel dibanding data yang diberikan oleh google webmaster tools.

memilih dan menentukan kata kunci untuk artikel blog itu penting, demikian juga data bagaimana kinerja kata kunci yang telah diterapkan dalam sebuah artikel
keyword atau kata kunci adalah bagian penting SEO

Keyword dari Data Dashboard Blogger

Untuk melihat data keyword apa yang telah membuat pengunjung internet menyambangi blog anda dapat dilihat melalui Blogger Dashboard > Stats (statistik) > Traffic Sources (sumber lalu lintas) > Search Keywords (kata kunci pencarian).

Data yang ditampilkan di sini tentunya adalah kata-kata kunci pencarian teratas. Pada sisi atas sebelah kanan anda dapat mengganti opsi rentang waktu statistik yang diberikan: Now (sekarang); Day (Hari); Week (Minggu); Month (Bulan); dan All Time (Seluruh Waktu mulai blog anda dibuat).



Data keyword yang diberikan oleh dashboard blogger memang sangat simpel. Tetapi ini dapat membuat anda dengan cepat memahami kata kunci apa yang telah bekerja dengan baik saat anda menempatkannya di dalam artikel blog (konten). Lihatlah contoh pada gambar di bawah ini, kata kunci pencarian yang sangat ampuh untuk membawa pengunjung mampir ke blog ini adalah: cara membuat mainan tradisional; cara membuat bintang dari sedotan, dan seterusnya. Pada setiap kata kunci atau keyword yang populer untuk blog dimaksud, juga diberikan angka pageviews (tampilan halaman).
kata kunci penelusuran dapat dilihat datanya pada dashboard blogger
kata kunci pencarian di dashboard blogger

Keyword dari Data Google Webmaster Tools

Baiklah, google webmaster tools memang sangat bagus untuk dijadikan referensi data bagi para blogger. Data yang diberikan saya rasa sangat cukup untuk membangun blog agar menjadi lebih SEO friendly, asal bisa digunakan dengan baik dan efektif. Pokoknya, saya cinta banget deh dengan GWT ini, apalagi ia adalah alat gratis yang diberikan oleh google sang raksasa internet kepada para blogger dan webmaster. Oleh karena itu, jika anda belum mempunyai akun di google webmaster, saya rasa anda harus segera saat ini juga memulainya. Silakan mendaftar (sign up) dengan menuju Google Webmaster Tools (GWT) untuk segera menggunakan sumber data yang luar biasa ini. Proses pendaftaran hanya dengan klik-klik saja, gampang sekali. Salah satu manfaat Google Webmaster Tools yang pernah saya ulas adalah untuk mengecek backlink ke blog anda, kemudian mengetahui beragam error yang terdapat di blog anda dan usulan untuk memperbaiki semisal 404 crawl error page not found.

Baiklah, sekarang kita kembali ke pembahasan tentang data keyword. Anda ingin tahu keyword apa yang membuat para pengguna internet menemukan blog anda dan meluncur untuk membolak-balik halamannya? Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Masuk (sign in) ke akun Google Webmaster Tools anda.
  • Pilih blog (jika anda punya beberapa blog yang telah diintegrasikan dengan GWT) yang ingin dilihat datanya.
  • Pada menu sebelah kiri, pilihlah Lalu Lintas Penelusuran > Kueri Penelusuran.

Nah, di sinilah letak data keyword-keyword yang telah mengantarkan pengunjung ke blog anda. Perhatikan bahwa data yang diberikan di sini akan jauh lebih lengkap dibanding yang telah diberikan oleh dashboard blogger, dengan satu kekurangan dibanding dashboard blogger: Anda tidak dapat menampilkan rentang waktu selama blog dibuat (All Time). GWT membatasi data yang diberikan hanya sampai 3 bulan saja. Data sebelum 3 bulan yang lalu tidak dapat anda tampilkan di GWT.
data kata kunci atau kueri penelusuran dari google webmaster tools sangat bermanfaat untuk blogger
kueri penelusuran menunjukkan kata kunci utama pengunjung sampai ke blog anda
kueri penelusuran dengan kata kunci tertentu datanya sangat penting untuk optimasi SEO blogger
contoh data kueri penelusuran google

Perhatikan gambar di atas. Ada dua pilihan utama data yang diberikan, yang pertama adalah keyword-keyword yang paling banyak membawa pengunjung dari google search (pencarian google) ke blog anda, dan Laman Teratas, yaitu halaman yang paling banyak dikunjungi pembaca dari arus pencarian google. Karena kali ini kita sedang membahas keyword (kata kunci) maka kita akan memperhatikan bagian kueri teratas yang memuat data kata kunci saja.

Pada bagian pojok atas sebelah kanan anda dapat menggunakan rentang waktu yang anda inginkan dalam selang waktu paling banyak 3 bulan terakhir. Jadi mungkin ada baiknya sesekali secara terjadwal anda mengunduh data ini karena nantinya tidak akan dapat ditampilkan kembali. Mungkin data-data ini dapat dimanfaatkan sebagai rekam jejak bagaimana kinerja blog anda di google search engine.

Pilihlah suatu rentang waktu tertentu pada pojok sebelah kanan atas, lalu perhatikan data keyword yang telah berhasil membawa pengunjung ke blog anda, berapa banyak laman terkait kata kunci tersebut ditayangkan, berapa banyak klik yang diperoleh (dilakukan pengunjung), RKT (Click Through Rate) dalam angka persen, dan posisi rata-rata (ranking) laman terkait pada SERPs ketika pengguna mengetikkan kata kunci tersebut di kolom pencarian google. Data yang menarik bukan untuk dicermati?

Ya, data-data itu sangat bermanfaat untuk anda dalam menentukan strategi berikutnya sehingga posisi blog anda semakin kuat di halaman hasil pencarian google. Bahkan mungkin anda akan mulai dapat melihat pola ke arah mana sebaiknya artikel-artikel blog (konten) yang akan datang dibuat. Dari data itu anda dapat melihat mana halaman (artikel) yang berpotensi menjadi landing page, selain landing page utama yang telah anda miliki (mempunyai ranking atas di halaman pertama SERPs google). Selain itu, tentu saja anda akan dapat membuat keputusan tentang kata kunci apa yang mungkin nantinya digunakan untuk artikel-artikel (konten) yang akan dibuat dan diterbitkan.

Sekarang, perhatikanlah tombol “Dengan Perubahan” yang terdapat di atas data keywords tersebut. Cobalah klik. Voila! Anda bisa melihat bagaimana dinamika keyword yang telah anda terapkan pada artikel-artikel tertentu ketika harus bersaing dengan artikel-artikel dari blog kompetitor (pesaing) anda di halaman hasil pencarian google (SERPs). Anda dapat melihat, bagaimana posisi blog (artikel blog) anda naik atau turun. Warna merah menunjukkan bahwa untuk kata kunci yang bersangkutan terjadi penurunan kinerja. Hal ini bisa terjadi karena adanya artikel-artikel baru oleh blog kompetitor anda, atau karena artikel yang telah anda suguhkan telah menurun pamornya di mata google. Sementara, untuk warna hijau bermakna bahwa kata kunci yang anda bidik bersama artikel terkait semakin memperbaiki kinerja blog anda di SERPs dan CTR (RKT) oleh pembaca. Berikutnya, dengan mengetahui hal ini anda akan dapat kembali menentukan strategi ke depannya tentang apa yang harus anda lakukan dengan blog anda.

Demikian cara mengetahui keyword yang membawa banyak pengunjung ke blog anda dan memanfaatkannya untuk meningkatkan performa blog anda sehingga traffic dapat lebih meningkat. Semoga bermanfaat dan menginspirasi. Wassalam.

Baca Juga:

Teknik-Teknik Dasar SEO untuk Bersaing di Google
Tips Link Building Terbaru
Mengapa Blog Harus Mobile Friendly
Cara Membuat Halaman Privacy Policy yang Gratis dan Mudah
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...