8 Tutorial Cara Membuat Origami Sederhana

8 Tutorial Cara Membuat Origami Sederhana


Tidak terasa, ternyata di blog novehasanah.blogspot.com ini sudah ada 8 macam tutorial cara membuat origami (seni melipat kertas dari Jepang). Semuanya adalah origami yang sangat sederhana, dua dimensi, dengan langkah-langkah melipat yang tidak banyak. Beberapa di antaranya bahkan kurang dari 10 lipatan. Hampir kesemua tutorial origami ini cocok untuk anak SD, baik kelas 4,5, dan 6 (kelas tinggi), kelas rendah (1, 2, dan 3), bahkan beberapa dapat diberikan kepada anak TK. Bentuk-bentuk origami yang diberikan umumnya adalah bentuk hewan. Kita tahu bentuk-bentuk hewan atau binatang sangat disukai anak-anak. Berikut ke-8 tutorial origami yang dimaksud.

origami harimau untuk anak SD kelas 1
origami harimau untuk anak SD kelas 1

1. Harimau

Origami harimau, atau lebih tepatnya origami kepala atau wajah harimau. Bentuknya lucu dengan pola-pola garis loreng sebagaimana corak seekor harimau. Dibuat dari kertas origami warna kuning. Tentu saja, warna apapun boleh digunakan, demikian pula ukuran kertas. Origami wajah harimau ini cocok diberikan untuk anak SD, mulai dari kelas rendah bahkan sampai kelas tinggi. Buka link berikut untuk membaca tutorialnya.
http://novehasanah.blogspot.com/2015/07/origami-untuk-anak-harimau.html



origami ayam untuk anak TK
origami ayam untuk anak TK

2. Ayam

Seperti halnya origami harimau di atas, origami ayam ini juga hanya memberikan bentuk wajah. Jadi sangat sederhana sekali. Begitu sederhananya langkah-langkah membuat origami ayam ini, bahkan anak-anak yang masih duduk di bangku taman kanak-kanak (TK) pun tentu dapat membuatnya dengan arahan guru atau orang dewasa. Jika anda ingin mengajar anak-anak untuk menghafal langkah-langkahnya, maka berikanlah origami ini pada anak-anak yang telah duduk di kelas rendah SD (1, 2, atau 3 sekolah dasar). Tutorialnya dapat dibaca dari link berikut:
http://novehasanah.blogspot.com/2015/03/cara-membuat-origami-sederhana-ayam.html


origami kucing untuk anak TK
origami kucing untuk anak TK

3. Kucing

Anak saya bahkan kecanduan membuat origami yang satu ini. Origami wajah kucing ini memungkinkan anak menggambar mata, mulut, dan hidung kucing. Khas coretan anak-anak akan membuat origami ini terlihat menakjubkan. Lucu pokoknya. Anak TK sudah dapat melipat kertas membentuk origami wajah kucing ini. Apalagi tentunya anak-anak yang duduk di sekolah dasar. Linknya adalah:
http://novehasanah.blogspot.com/2015/03/origami-untuk-anak-tk-kucing.html


origami burung hantu yang sangat mudah
origami burung hantu yang sangat mudah

4. Burung Hantu

Binatang yang satu ini sering digunakan sebagai lambang kecerdasan. Banyak tokoh kartun cerdas seperti profesor dengan kacamatanya digambarkan sebagai seekor burung hantu. Walaupun namanya burung hantu, binatang yang satu ini akan menarik perhatian mereka dan jauh dari kesan menakutkan. Bukankah ada lagunya juga tentang burung hantu yang bersuara kuk..kuk..kuk..kuk..? Nah, untuk membuat origami ini, anak taman kanak-kanak pun akan mampu. Caranya bisa dibaca di link berikut:
http://novehasanah.blogspot.com/2015/03/origami-mudah-untuk-anak-tk-burung-hantu.html


origami anjing
origami anjing

5. Anjing

Bagi sebagian orang anjing merupakan binatang peliharaan yang menakjubkan. Bagi yang lainnya mungkin tidak. Akan tetapi, karena anjing di luar negeri begitu populer sebagai binatang kesayangan, mau tidak mau, binatang ini juga banyak muncul dalam karakter-karakter kartun atau animasi yang akrab dengan anak-anak. Makanya, origami wajah anjing juga tentu akan menarik untuk mereka buat. Mudah sekali sehingga juga cocok untuk bahan belajar anak-anak TK dan SD kelas 1, 2, atau 3. Caranya dapat dilihat di link berikut:
http://novehasanah.blogspot.com/2015/03/origami-mudah-untuk-anak-tk-anjing.html


origami gelas
origami gelas

6. Gelas

Origami gelas ini begitu simpel. Anak-anak di TK dan SD kelas 1 pasti dapat membuatnya. Mereka dapat menggunakannya sebagai bahan mainanan. Mereka dapat menggunakannya sebagai wadah untuk makanan ringan atau benda-benda kecil lainnya. Jadi, membuat origami gelas tentu akan sangat berguna untuk mereka. Cara melipat kertas untuk membuat origami gelas dapat dibaca melalui link ini:
http://novehasanah.blogspot.com/2015/04/contoh-origami-tk-dan-sd-kelas-1-gelas.html


origami wajah serigala
origami wajah serigala

7. Serigala

Hewan liar ini seringkali digambarkan sebagai tokoh antagonis yang licik. Biasanya serigala akan mencoba mengambil anak domba atau hewan ternak lainnya , atau bahkan kelinci yang lucu. Serigala dapat dibuat origaminya dengan sangat mudah oleh anak TK, apalagi bentuknya Cuma sebatas wajahnya saja. Walaupun demikian, origami serigala ini dapat digunakan untuk bermain dan bercerita. Bayangkan, anda bisa bercerita tentang serigala yang licik dengan menggunakan origami ini. Atau, bahkan anak-anak dapat bermain peran dengan tokoh serigala mereka sendiri. Untuk membuatnya anda atau anak-anak anda dapat mengakses tutorialnya melalui link berikut:
http://novehasanah.blogspot.com/2015/04/origami-serigala-untuk-anak-tk.html


origami serigala untuk anak SD
origami serigala untuk anak SD

8. Serigala (2)

Jika sebelumnya serigala yang dibuat di atas hanya dalam bentuk wajahnya saja, maka origami yang ini lengkap dengan tubuhnya. Memang sedikit agak rumit. Jadi mungkin cocoknya diberikan kepada anak-anak yang lebih besar, misalnya anak-anak SD di kelas 4, 5, atau 6. Gunakan warna oranye untuk mendapatkan serigala yang bagus, walaupun tentunya anda juga boleh menggunakan warna apapun yang anda suka. Baca tutorialnya pada link berikut ini:
http://novehasanah.blogspot.com/2015/07/origami-serigala-untuk-anak-sd.html


Demikian 8 tutorial cara membuat origami sederhana yang sangat cocok untuk anak-anak. Semoga bermanfaat dan menginspirasi. Wassalam.

Baca Juga:
Membuat Angsa Kertas
http://novehasanah.blogspot.com/2015/04/contoh-kerajinan-tangan-anak-sd-angsa.html
Cara Membuat Kupu-Kupu Kertas
http://novehasanah.blogspot.com/2014/12/cara-membuat-kupu-kupu-kertas.html
Kincir Angin Mini dari Kertas dengan Teknik Lipat
http://novehasanah.blogspot.com/2014/12/cara-membuat-kincir-angin-dengan-teknik-melipat.html
Membuat Boneka Kertas
http://novehasanah.blogspot.com/2014/10/prakarya-membuat-boneka-kertas-bekas.html
Melipat dan Menggunting Kertas Bentuk Bintang
http://novehasanah.blogspot.com/2015/02/cara-menggunting-dan-melipat-kertas.html
Bermain Bentuk dengan Lipatan Kertas dan Gunting
http://novehasanah.blogspot.com/2015/02/bermain-bentuk-sederhana-dengan-kertas.html
Cara Membuat Capung Kertas
http://novehasanah.blogspot.com/2015/01/prakarya-cara-membuat-capung-kertas.html
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...