Cara Membuat Bunga Rumput dari Sedotan Plastik

Bunga dari Sedotan Plastik

Oh, lihatlah kreasi kita kali ini: membuat bunga rumput dari sedotan plastik warna-warni. Bagus juga ya, apalagi kita menggunakan bermacam-macam warna sedotan plastik. Bahan yang sangat sederhana ini memang bisa dibentuk menjadi beragam barang kerajinan tangan (prakarya) yang sederhana untuk anak-anak. Yakin, bahwa untuk membuat kerajinan bunga dari sedotan plastik ini dapat dilakukan oleh anak-anak yang masih duduk di kelas 4, 5 atau 5 SD (sekolah dasar).

Bagaimana, tertarik untuk mencoba membuatnya? Yuk kita simak tutorialnya berikut ini. Oh iya, pada akhir dan tengah-tengah tulisan ini saya juga menyertakan beberapa link cara membuat beragam kerajinan tangan (prakarya) unik lainnya dari sedotan plastik serta beberapa link tutorial cara membuat bunga sederhana berbahan kertas atau kantong plastik bekas.
cara membuat bunga dari sedotan plastik
cara membuat bunga rumput dari sedotan plastik

Baca juga:
Cara Membuat Bunga Pita dari Bekas Kaleng Minuman
Cara Membuat Bunga Dahlia dari Kantong Plastik Bekas
Cara Membuat Bunga Lavender dari Kantong Plastik Bekas



Alat dan Bahan

Adapun alat dan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat bunga berbentuk batang-batang rumput dengan daunnya dari sedotan plastik ini sangat sederhana, yaitu:
  • sedotan plastik warna-warni beberapa batang
  • gunting kecil
  • lidi (panjang lebih kurang 15 cm)
  • vas bunga 
Nah, sekarang kita lanjut ke bagaimana langkah-langkah pembuatannya. Jangan takut dan khawatir, sangat sederhana sekali ternyata. Yuk disimak.

Cara Membuat Bunga Rumput dari Sedotan Plastik

  • Perhatikan gambar skematis di bawah ini. Inilah dasar pembuatannya (cara menggunting dan melekukkan batang sedotan menjadi bunga rumput nan unik itu).
langkah membuat bunga dari sedotan plastik
skema cara membuat bunga rumput dari sedotan plastik
  • Sudah diamati? Baiklah, jika demikian, siapkan sebatang sedotan. Saya akan coba mulai dengan sebatang sedotan berwarna biru.
  • Pipihkan sedotan (tidak perlu terlalu pipih). Pemipihan dilakukan hanya untuk memudahkan pengguntingan karena kita baru mulai belajar. Setelah menggunting beberapa batang sedotan, anda akan menemukan iramanya dan sedotan tak perlu lagi dipipihkan.
  • Guntinglah sedotan membentuk calon bunga dengan bentuk melengkung dari arah salah satu ujung sedotan. Terserah anda, boleh pilih menggunting dari arah kanan atau kiri gambar, tentukan arah ini berdasarkan mana yang paling mudah menurut anda.
  • Calon daun berbentuk guntingan melengkung dengan panjang sekitar 1,5 sampai 2 cm. Usahakan membuat panjang guntingan yang kurang lebih sama panjang jika ingin daun-daun bunga rumput yang dihasilkan nanti ukurannya sama besar.
  • Guntinglah secara berselang-seling dari arah kedua sisi sedotan yang dipipihkan, kiri-kanan, kiri-kanan, dan seterusnya hingga mencapai ujung sedotan lainnya.
gunting sedotan membentuk lengkungan-lengkungan
  • Jika sudah, taruh gunting kecil anda. Saatnya sekarang membentuk daun dengan melengkungkannya.
  • Untuk melengkungkan daun agar membuka, maka gunakan ujung lidi. Jangan menggunakan ujung yang terlalu tajam agar tidak merobek sedotan plastik dan membuat copot bakan daun  bunga rumput anda.
  • Buatlah guratan berbentuk urat daun seperti gambar diagram yang telah ditunjukkan sebelumnya. Guratan dibuat dari arah sisi luar sedotan. Guratan berbentuk urat daun inilah yang akan membuat daun-daun bunga rumput tampak cantik bila dilihat dari dekat, selain itu gerusan dari gurat-gurat yang dibuat akan membuat sedotan melengkung ke arah luar dan membuat daun yang sebelumnya menguncup menjadi terbuka.
bunga dari sedotan plastik
selanjutnya buat guratan urat daun untuk melengkungkan daun bunga
  • Selesaikan hingga semua guntingan calon daun pada batang sedotan membentuk daun karena guratan-guratan yang anda berikan dengan ujung lidi tumpul.
  • Buat lagi beberapa batang bunga rumput dari sedotan lainnya. Kumpulkan hingga 20 sampai 25 batang.
cara membuat kerajinan tangan bunga rumput dari sedotan plastik
bunga rumput dari sedotan plastik
  • Selanjutnya kita akan menggunakan lidi untuk menegakkan batang-batang bunga rumput ini.
  • Caranya, ambil sebatang lidi dan masukkan dari arah bawah melalui lubang sedotan, terus hingga seluruh lidi masuk untuk menguatkan batang bunga rumput.
prakarya cara membuat bunga dari sedotan plastik yang mudah
lidi memperkuat tegaknya batang bunga rumput dari sedotan
  • Siapkan sebuah vas bunga, lalu masukkan batang-batang bunga rumput yang telah diperkuat lidi.
  • Susun hingga terlihat bagus di dalam vas.
  • Letakkan di tempat yang anda inginkan misalnya di atas meja atau di rak dekat sudut ruangan.
langkah-langkah membuat bunga dari sedotan plastik
nah, bunga rumput dari sedotan udah jadi

Demikianlah tutorial mudah membuat prakarya atau kerajinan tangan dari sedotan plastik yang berbentuk bunga rumput. Tidak sulit dan dengan bahan-bahan sederhana bisa merangsang kreativitas anak-anak untuk berkarya. Semoga menginspirasi dan bermanfaat untuk anda. Wassalam.

Baca juga:
Kerjainan Tangan Bentuk Berlian dari Sedotan Plastik
Cara Membuat Bunga dari Kertas Bekas: Mudah Sekali!
Cara Membuat Bunga Teratai yang Cantik dari Kertas Bekas
Bunga dari Kertas Bekas, Kerajinan Tangan untuk Anak SD
Bunga Cantik dari Cotton Bud dan Kertas Bekas
Cara Membuat Bentuk Panah dari Sedotan Plastik
Cara Membuat Bintang Segitiga dari Sedotan Plastik
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...