Kerajinan Tangan Anak : Kodok Kertas

Cara Membuat Kerajinan Tangan Anak : Hiasan Dinding Kodok Kertas

Pernah liat kodok hijau sedang mencoba menangkap serangga? Hmm, mungkin ada yang belum pernah memperhatikan. Kodok itu kalau lagi mencoba menangkap mangsanya berupa serangga seperti belalang atau serangga kecil lainnya, maka ia akan menjulurkan lidahnya yang panjang. Gerakannya cepat sekali. Nah, kali ini kita akan mencoba membuat kerajinan tangan berupa hiasan dinding berbentuk kodok hijau yang sedang menjulurkan lidahnya yang panjang dan berwarna merah itu. Caranya sangat sederhana dan mudah. Saya yakin, anak-anak yang masih duduk di bangku Taman Kanak-Kanak (TK) dan SD kelas 1, 2, atau 3 tentu dapat membuatnya. Minimal mereka dapat merangkainya jika potongan-potongan bagian tubuh kodok hijau ini telah disediakan. Ayo kita ikuti saja langkah-langkah pembuatannya yang disertai gambar-gambar berikut.

cara membuat hiasan dinding kodok kertas untuk anak-anak
hap!! hap!! kodok hijau sedang beraksi mencari mangsa

Alat dan Bahan

Siapkan alat-alat dan bahan berikut untuk pembuatan hiasan dinding berbentuk kodok hijau yang lucu:
  • kertas warna hijau bekas sampul makalah atau karton (ukuran F4 atau A4)
  • kertas warna kuning bekas sampul makalah atau karton (ukuran 10 cm x 10 cm)
  • kertas warna kuning bekas sampul makalah atau karton (ukuran 10 cm x 10 cm)  
  • lem kertas atau selotip kecil
  • gunting
  • spidol
  • benda berbentuk lingkaran untuk membuat pola badan kodok (bekas tempat kosmetik, atau piring kecil, atau seperti saya menggunakan lingkaran lakban besar)
Baca Juga:
Origami Kepiting
Hiasan Dinding Cantik: Kupu-Kupu Kertas
Origami Berudu (Kecebong) Kodok 

 Cara Membuat

Setelah alat dan bahannya lengkap, sekarang kita akan mulai membuat kodok hijau yang lucu seperti gambar di atas. Yuk disimak.
  • Gambarlah pola lingkaran di atas kertas hijau. Ini akan menjadi badan kodok hijau kita. Diameter lingkaran yang saya buat kira-kira 7 cm. Ukuran lainnya tentu juga boleh, bergantung selera anda saja. Lingkaran yang terlalu besar atau terlalu kecil akan sedikit menyulitkan anak untuk bekerja. Lihatlah Gambar 1, saya dapat membuat 2 buah lingkaran pada kertas ukuran A4 yang saya miliki. Oh ya, gambar juga 4 buah kaki dengan bentuk seperti sendok. Panjang kaki lebih-kurang menyesuaikan ukuran lingkaran yang tadi dibuat.
  • Jika pola sudah siap, gunting mengikuti garis-garis yang telah digambar. Tidak usah terlalu rapi, jadi jangan takut jika anak menggunting sedikit kurang pas. Justru nanti hasilnya akan lucu khas pekerjaan anak-anak. Lihat Gambar 2.
cara membuat kerajinan tangan anak berbentuk kodok dari kertas bekas
satu kertas ukuran A4 dapat dibuat 2 ekor kodok hijau
  • Berikutnya, sisihkan sisa potongan kertas. Ambil bentuk lingkaran dan lipat menjadi dua. (Gambar 3).
  • Perhatikan Gambar 4. Sekarang gunakan lem atau selotip untuk merekatkan dua buah kaki depan. Lihatlah posisinya pada bagian setengah lingkaran itu. Perhatikan juga bahwa kaki ditempelkan di bagian bawah lingkaran badan kodok.
cara membuat kerajinan tangan anak berbentuk kodok dari kertas bekas
membuat badan dan menyatukan bagian-bagian kaki
  • Berikutnya, tempelkan lagi sepasang kaki belakang kodok hijau kita. Lihat posisinya pada Gambar 5 berikut. Oh ya, jangan takut-takut menempelkannya, agak serong-serong sedikit tidak mengapa. Biar kodok-kodok yang dibuat terlihat aktif bergerak dan berbeda satu sama lain (jika kita akan membuat beberapa ekor kodok kertas ini). 
  • Ambil kertas warna kuning. Gambarlah bentuk oval seukuran sidik jari telunjuk dengan spidol. Buat garis lengkung di tengah-tengah bentuk oval tersebut untuk membentuk kelopak mata. Lalu tambahkan sebuah titik yang agak besar pada bagian bawah mata. (Perhatikan Gambar 6).
cara membuat kerajinan tangan anak berbentuk kodok dari kertas bekas
membuat mata kodok


  • Gunting mata kodok yang telah digambar. Pada anak-anak yang lebih muda (usia TK), mungkin diperlukan bantuan orang dewasa karena mata ini berukuran cukup kecil untuk mereka tangani sendiri. 
  • Rekatkan mata pada badan kodok hijau kita. Letakkan kira-kira hanya separuh dari mata yang menempel ke badan kodok. Tetapi jika ingin sedikit variasi, letakkan saja mata yang berwarna kuning itu pada posisi lainnya. Cobalah dulu menempatkannya sebelum meminta anak merekatkannya dengan lem atau selotip. (Gambar 7).
  • Berikutnya ambil kertas warna merah. Potong kertas dengan ukuran kira-kira 10 cm x 1 cm. (Gambar 8).
cara membuat kerajinan tangan anak berbentuk kodok dari kertas bekas
mempersiapkan lidah kodok
  • Berikutnya, lipat kertas warna merah yang akan membentuk lidah kodok ini dengan lipatan akordion (Perhatikan Gambar 9). 
  • Tempelkan lidah pada bagian dalam badan kodok seperti terlihat pada Gambar 10.
cara membuat kerajinan tangan anak berbentuk kodok dari kertas bekas
kodok hiasan dinding hampir selesai dibuat
  • Terakhir, berikan sedikit sentuhan dengan membuat dua buah titik yang sedikit lebih besar dari bintik mata. Kedua titik ini diletakkan di tengah agak ke bawah dari mata kodok.(Gambar 11). 
  • Nah, selesai sudah kodok hijau yang sedang mencoba menangkap mangsa dengan menjulurkan lidahnya. Lucu kan? Kodok hijau yang sudah jadi ini dapat ditempelkan di tembok atau daun pintu  sebagai hiasan dinding.
cara membuat kerajinan tangan anak berbentuk kodok dari kertas bekas
buat dua titik untuk menggambar hidung kodok
Demikian cara membuat kerajinan tangan berupa hiasan dinding berbentuk kodok hijau dari kertas bekas yang lucu. Semoga menginspirasi dan bermanfaat. Wassalam.

Baca Juga:
Origami Burung Merak
12 Tutorial Cara Membuat Bunga
8 Cara Membuat Origami Anak
Tempat Pensil dari Kaleng dan Ranting Kering
Cara Membuat Prakarya Angsa dari Kertas Bekas
Burung Merak dari Kertas
Bermain Bentuk dengan Gunting dan Kertas Warna
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...