Origami Berudu (Kecebong) untuk Anak-Anak

Cara Melipat Kertas Origami Membentuk Berudu atau Kecebong Katak

Sekarang memang musim kemarau, jadi mungkin binatang yang satu ini sulit ditemukan. Soalnya berudu atau kecebong yang merupakan anak kodok atau katak itu hidupnya di genangan air atau kolam yang airnya melimpah saat musim hujan. Tapi gak papa, sekarang kita bisa bermain dengan berudu walaupun hanya dengan origami-nya saja. Mau tau bagaimana cara membuat origami berudu alias kecebong katak seperti foto berikut? Yuk disimak.

cara atau langkah membuat origami untuk anak-anak berbentuk berudu atau kecebong katak yang lucu
origami berudu atau kecebong katak ini lucu ya..

Baca Juga Tutorial Origami untuk Anak-Anak Lainnya:
Origami Burung Merak
8 Origami Sederhana untuk Anak-Anak
Origami Serigala
Origami Harimau

Pertama-tama, sediakan selembar kertas origami. Ukuran apa saja boleh kok. Oh ya, jika tidak punya kertas origami, kamu juga dapat membuatnya dari kertas lain yang tipis seperti kertas HVS bekas atau kertas kado. Yang penting, bentuknya harus bujursangkar (bentuk segiempat dengan sisi-sisinya yang sama panjang).

Baca Juga:
Cara Membuat Bunga Zinnia dari Kantong Kresek Bekas
12 Tutorial Prakarya Bunga dari Barang Bekas



Langkah-Langkah Melipat Kertas Origami

Ikuti langkah-langkah berikut sambil memperhatikan gambar-gambar yang diberikan untuk membuat origami berudu (kecebong) katak:
  • Pertama-tama siapkan selembar kertas origami (saya menggunakan ukuran 20 cm x 20 cm). Perhatikan gambar 1.
  • Perhatikan diagram pada gambar 2. Kita akan melipat kertas berdasarkan diagonalnya. Lipat kertas dari arah kiri ke kanan.
  • Maka akan terbentuk sebuah segitiga seperti gambar 3.
  • Perhatikan lagi diagram origami pada gambar 4, kita akan melipat kertas berbentuk segitiga tadi untuk menjadi segitiga yang lebih kecil. Lipat kertas dari sudut atas ke sudut bawah.
  • Nah, sekarang terbentuk segitiga yang lebih kecil (gambar 5).
langkah awal membuat origami berudu atau kecebong katak
langkah awal membuat origami berudu atau kecebong katak
  • Berikutnya kita akan membentuk kepala berudu (kecebong). Perhatikan diagram pada gambar 6. Ambil selapis ujung segitiga di bagian bawah, buka lipatannya. Perhatikan gambar 7. Kita akan mengarahkan ujung yang berasal dari bagian bawah tersebut menuju ujung segitiga lainnya yang ada di sisi sebelah kanan.
  • Perhatikan gambar 8. Satukan ujung segitiga yang baru dibuka ke ujung kanan, lalu pipihkan dan buat lipatan tegas di bagian atas dan bawah sehingga kepala berudu yang berbentuk segiempat (ketupat) mewujud.
mulai membentuk kepala pada origami berudu (kecebong) katak atau kodok
mulai membentuk kepala pada origami berudu (kecebong)

  • Berikutnya kita akan membentuk ekor.
  • Perhatikan diagram origami pada gambar 9. Kita akan membuat lipatan ke arah bawah-belakang sesuai garis putus-putus yang diberikan.
  • Lipat bagian ekor ini mulai dari ujung sisi kanan sehingga akan terbentuk seperti gambar 10.
  • Jika kamu balik kertas origami, maka bentuknya seperti gambar 11. Sampai di sini selesai sudah lipatan-lipatan yang harus dilakukan untuk membuat berudu atau kecebong kodok. Tinggal diberikan sentuhan akhir saja.
langkah membentuk ekor berudu atau kecebong katak
langkah membentuk ekor berudu atau kecebong katak
  • Sentuhan akhir yang dimaksud di atas adalah menambahkan dua buah mata untuk kecebong atau berudu kodok kita. Gunakan spidol atau pulpen. Gambar dua buah lingkaran dengan titik besar di dalamnya. Perhatikan gambar berikut.
cara atau langkah menambahkan mata pada origami berudu (kecebong) katak
menambahkan mata pada origami berudu (kecebong)

Nah, selesai sudah origami berudu atau kecebong kamu. Imut dan lucu kan? Demikian tutorial langkah-langkah membuat origami binatang berbentuk kecebong atau berudu katak. Semoga bermanfat. Wassalam.

Baca juga:
Dinosaurus dari Sedotan Plastik: Unik!
Cara Membuat Kincir Angin dengan Teknik Lipat
Cara Membuat Udang dari Sedotan Plastik
Aneka Prakarya dari Sedotan Plastik
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...