Origami untuk Anak : Harimau

Origami Harimau

Pada seni melipat kertas Jepang tradisional, objek yang sering menjadi bahan model untuk bentuk origami yang dibuat adalah binatang (hewan). Pada umumnya langkah-langkah origami tradisionalpun tidak serumit origami kontemporer (modern) yang bahkan didedikasikan untuk model-model tiga dimensi. Langkah-langkahnya bisa sangat rumit dan njelimet sehingga sangat sulit diikuti oleh awam. Pada tutorial origami kali ini, seperti biasanya blog ini akan memberikan langkah-langkah pembuatan origami sederhana yang langkah pembuatannya tidak lebih dari 10 langkah sehingga cocok dan mudah diingat oleh anak-anak misalnya anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar (SD).

Origami yang akan dibuat adalah origami harimau. Adapun kertas origami yang digunakan adalah bebas, saya sendiri menggunakan ukuran 20 cm x 20 cm dengan warna kuning terang. Oh ya, semakin besar ukuran kertas origami tentunya semakin mudah proses pelipatannya. Lalu bagaimanakah caranya membuat origami kepala harimau seperti foto di bawah ini? Yuk, langsung saja kita simak langkah-langkah pembuatannya berikut ini.

cara melipat kertas origami harimau untuk anak-anak
origami kepala harimau yang lucu



Cara Membuat Origami Harimau untuk Anak-Anak SD

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  • Siapkan selembar kertasorigami warna kuning (ingat warna dasar bulu harimau adalah kuning).
  • Lipat berdasarkan diagonal-diagonalnya (gambar 1 dan 2)
origami harimau untuk anak-anak
lipat berdasarkan arah diagonal-diagonalnya
  • Selanjutnya, pada lipatan yang kedua (terbentuk sebuah segitiga sama kaki berlapis dua). Letakkan segitiga ini dengan bagian runcingnya ke arah bawah seperti gambar.
  • Lipat ujung runcing pada kaki kiri dan kanan segitiga ke arah bawah, satukan kedua ujung kiri-kanan dengan ujung bawah. Rapikan lipatan.
  • Oleh lipatan di atas, maka akan terbentuk sebuah segiempat seperti bentuk layang-layang atau ketupat.
  • Selanjutnya perhatikan gambar 1 di bawah ini. Lipatlah dengan acuan titik tengah segiempat, arahnya sedemikian rupa sehingga sisi lipatan kiri dan kanan membentuk lipatan vertikal (gambar 2).
  • Kemudian, pada sisi kiri dan kanan akan terbentuk segitiga kecil yang nantinya akan kita lipat ke arah dalam (perhatikan tanda panah pada gambar 2).
  • Jika kedua ujung segitiga kecil yang ada di kanan dan kiri sudah dilipat, maka bentuknya akan seperti gambar di bawah. Tujuan pelipatan ini adalah untuk membuat wajah harimau yang rata pada bagian kiri dan kanan wajah.
  • Kemudian pada gambar 1, perhatikan tanda panah di bagian atas. Kita akan melipat ujung segitiga ke arah tengah (dalam) segiempat. Ini tujuannya untuk membentuk kepala atas harimau yang terlihat datar (gambar 1 dan 2).
  • Jika sudah, balikkan kertas. Kita akan mengerjakan bagian dagu dan hidung serta wajah harimau (gambar 2).
  • Setelah kertas dibalik, maka akan tampak calon origami kita seperti gambar 1.
  • Perhatikan pada gambar 1, selapis kertas pada bagian bawah ujung segitiga yang besar itu akan dilipat ke arah atas (depan). Ini akan membentuk mulut dan hidung harimau nantinya.
  • Selanjutnya perhatikan gambar 2. Gambar ini menunjukkan lapisan bawah segitiga yang di bawah lapisan pertama yang telah dilipat akan kita garap. Caranya, lipatlah ke arah belakang (arah berlawanan).
cara membuat origami harimau
menggarap lipatan pada bagian wajah depan harimau
  • Setelah bagian dagu dilipat maka jadilah seperti gambar di bawah ini.
  • Berikutnya, perhatikan, bahwa segitiga yang merupakan hasil lipatan sebelumnya dilipat sedikit pada bagian ujungnya ke arah bawah untuk membuat bentuk hidung harimau.
  • Nah, secara umum, origami telah selesai. Tinggal menghiasnya dengan sedikit coretan spidol untuk memberikan warna hitam loreng serta mata pada wajah harimau.
  • Gunakan spidol atau pulpen untuk membuat warna loreng-loreng hitam pada wajah harimau. Tambahkan pula warna hitam untuk mata dan hidung pada segitiga kecil di tengah wajah.
cara melipat kertas origami menjadi wajah harimau
sentuhan akhir, memberi warna loreng, mata, dan hidung origami harimau

Nah, bagaimana? Bisakah anda membuatnya? Pastinya kan? Demikian langkah-langkah membuat origami wajah harimau untuk anak-anak yang masih sekolah di SD (Sekolah dasar). Semoga bermanfaat. Wassalam.

Baca Juga:
Origami Wajah Serigala untuk Anak TK
Cara Membuat Kerajinan Tangan SD: Burung Merak
Contoh Origami untuk SD Kelas 1 : Gelas
Angsa dari Kertas Bekas: Prakarya Anak SD
Cara Melipat Kertas Origami : Bentuk Ayam
Origami Mudah untuk Anak-Anak: Burung Hantu
Origami Anjing: Cara Melipat Kertas yang Mudah
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...