Statistik Perayapan Google Webmaster

Statistik Perayapan Google Webmaster

Anda blogger dan masih rajin membuka-buka data yang disajikan oleh google webmaster bukan? Seharusnya demikian. Google webmaster adalah layanan google untuk para webmaster atau blogger yang diberikan secara gratis. Syarat mendapatkannya mudah, anda hanya harus punya akun google. Itu saja. Pada pembahasan kita kali ini, akan coba diangkat tentang Statistik Perayapan (Crawl Stats).

menu statistik perayapan di google webmaster
menu statistik perayapan di google webmaster

Silakan masuk ke akun google webmaster anda, lalu pada menu samping kiri pada Search Console pilih menu:  Perayapan > Statistik Perayapan. Ketika data terbuka, maka anda akan dapat melihat bagaimana kegiatan google boot dalam 90 hari terakhir terhadap blog atau website anda.

Pada laman data ini, anda akan diberikan 3 buah grafik, yaitu: (1) Laman yang dirayapi per hari; (2) Kilobita yang diunduh per hari; dan (3) Waktu yang digunakan untuk mengunduh sebuah laman (dalam milidetik).

Baca juga:
Statistik Blog dan Manfaatnya untuk Memperbaiki SEO Blog
Tips Terbaru Membangun Link (Links Building)



Perhatikan gambar-gambar berikut:
grafik 1. Laman yang Dirayapi Google Boot Per Hari dalam waktu 90 hari terakhir
grafik 1. Laman yang Dirayapi Google Boot Per Hari dalam waktu 90 hari terakhir
grafik 2. Kilobita Data yang Diunduh Google Boot Per Hari dalam waktu 90 hari terakhir
grafik 2. Kilobita Data yang Diunduh Google Boot Per Hari dalam waktu 90 hari terakhir


grafik 3. Waktu yang Digunakan oleh  Google Boot untuk mengunduh sebuah laman dalam waktu 90 hari terakhir
grafik 3. Waktu yang Digunakan oleh  Google Boot untuk mengunduh sebuah laman dalam waktu 90 hari terakhir

Pada gambar pertama diperlihatkan sebuah grafik garis berwarna biru. Grafik ini menunjukkan banyaknya laman (page) pada blog anda yang dirayapi oleh google boot (spider google). Di sebelah kanan grafik ini, anda akan melihat 3 kolom angka yang terdiri dari (1) tinggi, (2) rata-rata, dan (3) rendah. Pada gambar kedua, diperlihatkan sebuah grafik garis berwarna merah. Grafik ini menunjukkan banyak data yang diunduh dalam satuan kilobyte (kilobita) setiap harinya. Di sebelah kanan grafik kilobita data yang diunduh ini juga terdapat angka dengan 3 kolom seperti grafik sebelumnya: (1) tinggi, (2) rata-rata, dan (3) rendah. Sedangkan pada gambar ketiga, kita dapat melihat grafik garis berwarna hijau yang menunjukkan waktu yang digunakan oleh google boot untuk mengunduh sebuah laman (page) dari blog atau website anda dalam satuan waktu milidetik. Di kanan grafik garis ini juga terdapat 3 kolom data berisi angka-angka dalam kategori: (1) tinggi, (2) rata-rata, dan (3) rendah. Lalu apa arti data-data ini bagi webmaster atau blogger?

Bagi seorang webmaster atau blogger, angka-angka tersebut sebenarnya tidaklah begitu banyak berarti dalam artian untuk mengoptimalkan website atau blog dari sisi SEO (Search Engine Optimization). Hanya saja, walaupun demikian para webmaster atau blogger harus tetap memperhatikannya agar jangan sampai berada pada posisi di angka 0 (nol) atau pada posisi mendatar (flat line). Itu artinya, google boot tidak bisa merayapi web atau blog anda. Ini berarti ada kesalahan setting perayapan web atau blog anda yang harus diperbaiki. Untuk menkonfirmasi hal ini, anda juga dapat membuka menu: Perayapan > Kesalahan Perayapan, untuk mencari tahu apa sebenarnya yang sedang terjadi dengan web atau blog anda.

Akan lebih baik lagi apabila ketiga grafik: biru, merah, dan hijau itu menunjukkan suatu tren (kecendrungan). Memang, setiap harinya, pergerakan angka pada data sangat bebas. Suatu hari bisa tinggi bisa pula sangat rendah. Lalu tren yang bagaimanakah yang sebaiknya dimiliki oleh web atau blognya mastah dalam kaitan dengan statistik perayapan (crawl stats) ini?

Begini, untuk grafik pertama dan kedua (Laman yang dirayapi per hari dan Kilobita yang diunduh per hari) sebaiknya mengalami peningkatan. Jadi sangat baik jika tren grafik memiliki arah peningkatan. Hal itu menunjukkan bahwa web atau blog anda dianggap penting oleh google boot. Hal ini ditunjukkan oleh banyaknya laman yang dirayapi setiap hari dan jumlah data dalam satuan kilobyte yang diunduhnya. Adanya garis yang tiba-tiba membentuk puncak yang tinggi pada grafik warna merah menunjukkan bahwa pada landing page anda agak berat untuk diunduh oleh google boot karena mengandung banyak gambar-gambar atau file multimedia yang berukuran besar. Memang sebaiknya laman-laman landas seperti ini dapat dioptimasi kembali dengan mereduksi ukuran file gambar atau multimedia di dalamnya agar tidak terlalu berat untuk diunduh. Hanya saja, kita tidak dapat mengetahui laman mana yang menyebabkan hal tersebut. Kita akhirnya hanya dapat mengira-ngira saja untuk mengoptimasi kembali halaman tersebut.

Sementara itu, untuk grafik ketiga (grafik berwarna hijau), apabila grafik menunjukkan tren menurun, itu berarti blog atau web dalam kondisi yang baik. Semakin cepat suatu laman dapat diunduh oleh google boot berarti kinerja laman tersebut pada google search akan semakin baik. Kita tahu, seperti sudah disebutkan sebelumnya bahwa grafik garis berwarna hijau ini menunjukkan waktu yang digunakan untuk mengunduh sebuah laman (dalam milidetik). Bukankah faktor speed juga merupakan salah satu faktor terpenting yang berpengaruh pada algoritme pencarian google?

Demikian, penjelasan singkat mengenai statistik perayapan (crawl stats) pada data google webmaster. Semoga bermanfaat. Wassalam.

Baca juga:
Cari Tahu Jumlah Backlink Ke Blog Anda dengan Google Webmaster
Cara Memperbaiki 404 Page Not Found Crawl Errors di Google Webmaster
Cara Melihat Keyword atau Kata Kunci Penting Yang Berhasil Membawa Pengguna Internet untuk Mengunjungi Blog Anda Melalui Google Webmaster
Mengapa Blog Anda Harus Mobile Friendly
Cara Menambahkan Blog Baru Ke Google Analytics
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...