Tips Melamar Pekerjaan Secara Online

Tips Melamar Pekerjaan Secara Online


Saat ini, ketika dunia sudah begitu terhubung dengan internet, banyak hal bisa dilakukan dengan mudah. Salah satunya adalah menemukan lowongan pekerjaan, melamar pekerjaan, hingga bekerja secara online. Pada artikel tentang karier kali ini, saya ingin mengajak anda yang mungkin sedang berupaya melamar pekerjaan secara online untuk mencermati tips sukses melamar kerja secara online.
tips sukses melamar kerja secara online
melamar kerja secara online

Beberapa perusahaan atau instansi saat ini suka mengumumkan kepada publik lowongan pekerjaan yang melalui internet. Bagi perusahaan yang bersangkutan, tentu ada nilai-nilai plus yang mereka peroleh ketika memberikan pengumuman secara online, hingga perekrutan pegawai baru secara online. Biasanya, ini adalah tahapan awal sebelum anda dapat mengikuti seleksi pegawai baru pada tahap berikutnya, misalnya wawancara (interview).

Baca juga:

Tips Sukses Wawancara Kerja
Tips Wawancara Kerja: Tunjukkan 5 Hal ini Agar Sukses

Berikut adalah tips-tips yang dimaksud:

Tips 1. Gali Informasi tentang Perusahaan yang Akan Dibidik

Ketika anda menemukan informasi perekrutan karyawan baru secara online, anda dapat segera browsing untuk mencari informasi secara lebih mendetail mengenai perusahaan tersebut. Anda dapat mengecek apakah jenis lowongan kerja yang ditawarkan memang cocok untuk anda atau tidak. Jika memang merasa posisi yang ditawarkan menarik, carilah informasi lebih jauh tentang perusahaan itu. Hal ini perlu dilakukan ketika perusahaan atau instansi yang bersangkutan lokasinya bukan di daerah anda berdomisili dan anda mungkin saja belum pernah mengenal atau mendengar nama perusahaan tersebut. Jika memang demikian, anda juga harus sedikit berhati-hati. Telitilah perusahaan tersebut apakah memang benar-benar eksis. Perusahaan yang menyampaikan pengumuman lowongan pekerjaan di internet pada umumnya juga memiliki website resmi di mana anda dapat menemukan informasi yang anda butuhkan tentang profil perusahaan tersebut. Sekedar mengingatkan, bisa saja lowongan pekerjaan itu sekedar dibuat oleh orang yang tak bertanggungjawab dan melakukan penipuan. Perhatikan bagaimana pengumuman diberikan, apakah cukup jelas, bonafid, dan kredibel.


Tips 2. Batas Waktu Mengirim Surat Lamaran Kerja

Ketika anda telah yakin bahwa lowongan pekerjaan yang diumumkan secara online itu valid, maka anda harus segera mencatat informasi yang diberikan. Perhatikanlah batas waktu pengiriman surat lamaran pekerjaan yang diberikan meliputi hari, tanggal, jam, hingga alamat dan detail lainnya. Jangan sampai anda keliru karena hal yang sepele yang dapat berakibat impian pekerjaan anda disikat pelamar lain.

Tips 3. Siapkan Segala Jenis File (Berkas) yang Diperlukan untuk Dilampirkan

Ketika melamar pekerjaan secara online, anda umumnya tidak hanya diminta sekedar menulis surat lamaran kerja saja. Biasanya, ada file-file lain yang harus anda upload sebagai berkas tambahan. Oleh karena itu, siapkanlah berkas-berkas atau file tersebut dengan baik dan rapi. Bukan hanya dari segi pengetikan atau scan kartu identitas, tapi juga penamaan file tersebut sehingga memudahkan penyedia lowongan pekerjaan tersebut dalam menangani berkas anda.

Tips 4. Tulis Resume Riwayat Hidup yang Sesuai dan Jujur

Hampir semua perusahaan yang menawarkan lowongan pekerjaan secara online meminta anda menuliskan resume atau riwayat hidup kepada calon pelamar. Perhatikan bagaimana petunjuk penulisan resume riwayat hidup yang diminta. Biasanya mereka akan memberikan acuan tertentu seperti jumlah halaman maksimal, jenis font, spasi, hingga ukuran kertas yang dipakai. Paling penting, tulislah resume anda secara jujur. Jangan berlebih-lebihan dan menambahkan hal-hal yang tidak ada pada diri anda.

Tips 5. Konstruksi Surat Lamaran Pekerjaan

Seperti juga menulis resume, konstruksi surat lamaran pekerjaan anda harus sempurna. Ketika anda melamar pekerjaan secara online, umumnya perusahaan juga meminta anda menulis surat lamaran. Jika memang demikian, maka bagaimana nasib lamaran anda terhadap lowongan pekerjaan tersebut akan pertama kali ditentukan oleh bagaimana cara anda menulis surat lamaran. Konstruksi surat lamaran anda harus sesuai dengan kaidah kebahasaan formal. Pada surat lamaranlah pertama kali tim seleksi akan menyortir lamaran-lamaran yang masuk kepada mereka.

Tips 6. Isi Formulir Secara Hati-Hati dan Lengkap

Nah, poin terakhir ini juga sangat penting. Ketika melamar pekerjaan secara online, biasanya anda akan diminta mengisi suatu formulir online. Sebelum mengisinya, pastikan anda telah memperhitungkan jumlah karakter (huruf) yang dapat anda masukkan. Rancang terlebih dahulu apa yang akan isikan pada kolom-kolom yang disediakan. Perhatikan tanda-tanda khusus (misalnya tanda asterik *) yang mungkin ditambahkan diujung kolom. Umumnya tanda itu diberikan sebagai petunjuk bahwa itu adalah kolom yang wajib anda isi. Beberapa kolom mungkin sifatnya hanya diisi jika anda memang mempunyai informasi penting yang dapat ditambahkan. Jangan sampai ada kolom penting dan wajib isi yang terlewatkan sebelum anda mensubmit formulir tersebut.

Demikian beberapa tips untuk anda yang sedang mencoba melamar pekerjaan secara online. Semoga bermanfaat dan sukses diterima di tempat kerja yang anda idamkan. Wassalam.


Baca Juga:
Beberapa Tips Sebelum Anda Memutuskan Berhenti Kerja
Jenis-Jenis Pegawai yang Populer Di Tempat Kerja
Ada Apa dengan 5 Menit Pertama Wawancara Kerja?
Akuntabilitas, Tanggung Jawab, dan Karier
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...