Tips Temukan Ide Kreatif dengan Cara Ini

Tips Temukan Ide Kreatif dengan Cara Ini

Lagi buntu dan padahal jenis pekerjaan yang sedang kamu tangani memerlukan ide-ide segar? Memang, kita tahu banyak jenis pekerjaan yang selalu membutuhkan ide-ide segar. Bekerja di bidang kreatif memerlukan trik-trik khusus agar otakmu tak pernah kering dari ide baru. Beberapa tips berikut mungkin dapat membantu kamu untuk menemukan ide-ide dan pemikiran kreatif yang kamu butuhkan. Ayo disimak.
tips untuk menemukan ide kreatif
beberapa tips untuk mendapatkan ide kreatif



Jalan-Jalan Ke Tempat Baru

Hei, jangan salah. Jalan-jalan ke tempat baru ini tidak mesti jauh-jauh dari tempat tinggalmu atau tempat kerjamu. Apalagi jika kamu memang sedang tidak punya waktu untuk berjalan-jalan ke lokasi yang terlalu jauh dan memerlukan waktu khusus. Temukan tempat-tempat baru di sekitar kantormu atau di sekitar tempat tinggalmu. Caranya gampang. Ubahlah kebiasaanmu saat berangkat ke kantor dengan mencoba rute baru yang belum pernah kamu lalui. Coba saja melewati jalan-jalan kecil. Jika kamu punya sedikit waktu luang di sore atau malam hari, maka kamu dapat mencoba menelusuri tempat-tempat yang ada di dekatmu tapi belum pernah atau jarang kamu datangi. Coba saja, mungkin kamu akan menemukan ide baru yang kreatif dari pengalaman jalan-jalanmu ini.

Temukan Orang-Orang Kreatif di Sekitarmu

Ada banyak orang kreatif di sekitar kita. Cobalah mencermatinya, bahkan pada hal-hal yang sekecil-kecil. Anehnya, ide-ide baru akan dapat kita temukan dengan sedikit memanipulasi atau mengamati apa yang orang-orang kreatif ini lakukan. kamu bisa saja memodifikasi ide-ide yang telah mereka tunjukkan dengan cara baru dan pada hal yang berbeda. Mencermati bagaimana orang-orang kreatif lainnya melakukan sesuatu seringkali akan memicu pemikiran kita untuk juga menjadi kreatif dan membasmi kebuntuan pemikiran yang sedang melanda.

Makan Coklat

Hup, jangan tertawa dulu. Ini serius. Pada beberapa penelitian, kandungan coklat ternyata mampu merangsang sel-sel otak untuk bekerja lebih baik pada saat seseorang sedang mengalami kebuntuan. Coklat diyakini dapat merangsang sel-sel otak menjadi lebih rileks sehingga dapat berpikir lebih jernih. Ide-ide brilian kamu bisa saja muncul sesegera mungkin setelah kamu makan sebatang coklat atau minum secangkir coklat panas. Tak percaya? Kenapa tak dicoba saja.

Buku adalah Kumpulan Ide-Ide Kreatif

Pergilah membaca beberapa buku. Jangan terlalu berpatokan pada judul, pengarang ataupun jenis buku yang kamu akan baca. Ambil saja yang sekiranya akan membuatmu betah membacanya untuk beberapa menit atau jam. Perhatikan dan cermati kata-kata dan gambar-gambar yang mungkin menyertainyai. Nikmati bacaan yang ada di dalam buku tersebut. Seringkali sebaris kalimat tak penting atau sepotong gambar buram bahkan dapat menjadi pemantik ide kreatif baru saat kita menghubungkannya dengan permasalahan yang sedang kita hadapi atau pemikiran kreatif yang kita butuhkan. Sekali lagi, cobalah membaca buku.

Lihat dari Sudut Pandang Berbeda

Pekerjaan atau permasalahan dalam kehidupan kamu membutuhkan pemikiran dan ide kreatif? Tetapi kamu sepertinya mengalami kebuntuan untuk menelorkan ide-ide baru? Cobalah berdiri pada posisi orang lain. Jangan melulu memandang sesuatu dari sudut pandang atau persepsi anda. Berpuralah jika kamu adalah orang lain, rivalmu, sahabatmu, atasanmu, tetanggamu, bahkan anak-anak. Semua orang memiliki sudut pandang yang berbeda akan suatu pekerjaan atau masalah. Beranjak dari sudut pandang yang berbeda inilah justru kamu akan dapat memperoleh pemikiran baru dari sisi-sisi yang lain. Siapa tahu justru dengan berpura-pura menjadi seorang rivalmu, kamu justru menemukan ide kreatif yang luar biasa dan brilian.

Belajar Sesuatu yang Baru

Hidup ini memang penuh warna. Pada beberapa sisi kehidupan kita dapat sangat tertarik dan antusias untuk mengetahui dan mempelajarinya. Tetapi, pada sisi-sisi yang lain kita bisa saja enggan dan bahkan kurang menyukainya. Sekarang cobalah rubah  semuanya. Sesuatu yang selama ini sama sekali tak menarik menurut kamu, cobalah dipelajari. Hal-hal baru di dalamnya sebenarnya tidak sedemikian buruk dan tidak menyenangkan. Mempelajari sesuatu yang baru yang selama tidak kamu sukai atau tidak menarik menurutmu bisa saja berbuah ide baru yang kreatif. Stimulus-stimulus yang didapatkan dari mempelajari hal-hal yang bahkan sebelumnya tidak menarik bagimu itu akan membantumu menemukan pemikiran-pemikiran baru. Percayalah, tak ada yang terlalu buruk untuk dipelajari di dunia ini.

Bertukar Pikiran dengan Orang Lain

Ah, mungkin selama ini kamu telah bertukar pikiran dengan rekan-rekan dalam tim kerja kamu. toh kamu masih juga buntu dan tak menemukan ide-ide kreatif yang baru. Bukan, bukan itu yang dimaksud di sini. Cobalah bertukar pikiran dengan seseorang yang selama ini tak kamu anggap. Bertukar pikiran itu bisa dilakukan dengan sesiapa saja. Kamu bisa bertukar pikiran dengan mbak penjual jus yang punya warung di dekat kantormu. Kamu bisa bertukar pikiran dengan pemuda pedagang asongan yang mungkin suka mangkal di dekat tempat kerjamu. Kamu bisa bertukar pikiran dengan seorang office boy atau seorang dari bagian cleaning service. Kadangkala mereka punya pemikiran sendiri yang beda yang belum atau tidak terbayangkan dan terpikirkan oleh kamu.

Daftar dan Catatan Ide Kreatif

Pada suatu waktu ketika pemikiranmu begitu dipenuhi ide-ide bagus, jangan biarkan semuanya menguap begitu saja. Buatlah sebuah catatan atau skema pemikiran tentang ide-ide kamu tersebut. Simpan baik-baik catatan dan daftar ini. Ketika kamu sedang buntu, membaca kembali catatan dan daftar  ini mungkin dapat membantu mencerahkan.

Demikian beberapa tips yang mungkin dapat kamu pakai untuk menemukan ide-ide kreatif baru. Semoga bermanfaat dan menginspirasi. Wassalam.

Baca juga:
Tips Tetap Rileks Selepas Bekerja Keras
Wawancara Kerja: Betapa Pentingnya 5 Menit Pertama
Ketika Pewawancara Kerja Tampak Tidak Menyukai Anda
Tips Wawancara Kerja yang Baik
Tips Sukses Karier dengan Manajemen Waktu
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...