Tips Tidak Cepat Lelah Di Meja Kerja

Tips Tidak Cepat Lelah Di Meja Kerja

Bagaimana posisi pekerjaan anda? Apakah anda adalah seorang karyawan yang harus duduk di meja kerja dalam waktu yang lama? Perhatikan tips-tips berikut ini yang mungkin dapat anda gunakan untuk menjaga kondisi tubuh anda agar tidak terlalu cepat lelah dan pegal. Tips-tips ini mungkin juga dapat membantu anda untuk menjaga jangan sampai bagian-bagian tubuh anda cedera karena posisi duduk atau posisi kerja yang salah dan kurang bagus. Kita tahu, bagian-bagian yang sering mengalami masalah saat terlalu lama bekerja dalam posisi duduk di hadapan meja kerja adalah cedera pergelangan tangan dan nyeri pada ruas-ruas jari saat mengetik, leher serasa kaku, pundak terasa pegal dan berat, hingga punggung yang serasa nyeri dan pinggang yang linu. Jadi apa saja tipsnya? Ayo disimak.

tips agar tidak cepat lelah di meja kerja untuk karyawan kantoran
tips agar tidak cepat lelah di meja kerja

Jaga Jarak Pandang Antara Mata dengan Layar Komputer

Ketika anda bekerja dengan komputer, salah satu organ tubuh vital yang akan mengalami kelelahan adalah mata. Daya tahan mata sangat dipengaruhi oleh pencahayaan ruangan. Gunakan cahaya yang cukup agar mata tidak terlalu terforsir untuk berakomodasi, demikian juga dengan jarak mata ke layar komputer. Layar monitor yang diletakkan terlalu jauh atau terlalu dekat dengan wajah anda akan membuat mata anda cepat lelah. Bahkan, yang lebih buruk, mata anda dapat mengalami kerusakan. Usahakan agar posisi layar monitor anda letaknya sama tinggi dengan mata sehingga anda tidak harus menunduk terlalu dalam.

Baca Juga:
Tips Karier untuk Wanita Berkeluarga 
Punya Rencana Berhenti dari Tempat Kerja?  Baca Dulu ini
Tips Sukses Karier: Manajemen Waktu



Secara Berkala Alihkan Pandangan dari Layar Komputer

Jika pekerjaan anda betul-betul hanya berhadapan dengan layar komputer, maka secara berkala alihkanlah pandangan anda kepada benda-benda lain. Upayakan untuk memandang benda-benda yang posisinya cukup jauh. Jika anda bekerja di dekat jendela yang mengarah ke luar ruangan tentu lebih mudah. Istirahatkan mata anda dengan memandang alam luar. Jika tidak memungkinkan, luangkan waktu untuk menatap benda-benda lainnya dalam jarak pandang yang cukup jauh.

Posisi Punggung dan Tubuh Tegak Tapi Santai

Saat bekerja di meja kerja, posisikan tubuh terutama bagian punggung agar selalu lurus. Oleh karena itu, meja kerja anda tidak boleh sesak oleh beragam berkas yang bertumpuk-tumpuk sehingga mungkin akan membuat posisi kerja anda menjadi tidak leluasa. Posisi tubuh yang tegak akan membantu tubuh anda menyandang beban dari berat tubuh anda secara baik sehingga punggung anda tidak cepat merasa pegal dan capek. Dan perlu diingat, walaupun duduk tegak, bukan berarti anda tidak santai.

Posisikan Keyboard pada Jarak yang Sesuai dengan Tubuh dan Mata

Selain monitor, benda lain yang juga harus menyesuaikan jarak dengan mata anda adalah keyboad. Papan ketik atau keyboard juga jangan sampai diposisikan salah. Letakkan kerboard sedemikian rupa sehingga tidak membuat anda membungkuk. Tinggi keyboard juga harus membuat siku anda berada pada posisi nyaman untuk mengetik. Letak yang kurang tepat dapat menyebabkan pergelangan tangan anda cepat pegal, demikian juga mata anda. Bahkan lebih parah, rasa nyeri dapat menyerang bahu saat anda bekerja terlalu lama dengan posisi keyboard yang salah ini.

Mengetiklah dengan Ketukan Halus pada Keyboard

Ketika mengetik tombol-tombol yang ada dikeyboard, mengetiklah secara berirama dan santai. Posisikan jari sedemikian rupa sehingga memudahkan anda memperoleh akselerasi saat mengetik. Dan jangan lupa, ketikkan tuts keyboard dengan ringan dan halus. Tidak usah keras dan kencang karena akan membuat buku-buku jari anda menjadi cepat lelah. Istirahatkan jari-jari anda dengan melemaskannya beberapa saat jika ketikan dokumen anda sangat banyak.

Posisikan Kaki Senyaman Mungkin dan Leluasa

Perhatikan bagian bawah meja kerja anda. Di bagian bawah meja jangan sampai penuh dengan barang-barang. Saya pernah melihat seorang kolega dengan begitu banyak berkas-berkas yang tak penting menumpuk di sekitar kakinya. Ini tentu akan mengganggu keluwesan kaki di bawah meja. Kaki anda perlu bebas bergerak di sepanjang bawah meja agar selalu dalam keadaan santai. Ini sangat menunjang bagaimana gerakan tubuh bagian atas anda. Kaki yang sulit bergerak akan membuat tubuh anda cepat lelah.

Nah, demikian tips-tips agar tidak cepat lelah saat berada di meja kerja. Semoga bermanfaat bagi anda yang harus duduk berjam-jam dengan setumpuk berkas yang harus dikerjakan di layar komputer. Wassalam.

Baca juga:
Tips agar Meja Kerja Selalu Rapi dan Nyaman 
10 Tips Bekerja di Tempat Kerja yang Baru 
Tips Menghindari Stress Di Tempat Kerja
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...