Tips Wawancara Kerja: 5 Menit Pertama Sangat Menentukan

Tips Wawancara Kerja: 5 Menit Pertama Sangat Menentukan

Menit-Menit Awal

Pada saat mengikuti proses wawancara kerja, seorang calon karyawan akan menerima beberapa pertanyaan. Pertanyaan-pertanyaan pada 5 menit di awal dan bagaimana cara calon karyawan yang sedang dites itu sangat menentukan keberhasilannya menarik simpati yang berujung pada putusan sang pewawancara. Jadi, bagaimanapun, kesan-kesan di awal-awal (taruh kata 5 menit pertama) proses wawancara kerja itu sangatlah krusial. Ini bukan asal, tetapi memang berdasarkan hasil sebuah riset ilmiah
tips waktu wawancara kerja
tak butuh banyak waktu untuk memutuskan apakah seorang pelamar akan ditolak atau diterima

Pada suatu penelitian yang dilakukan terhadap sekitar tujuh ratus orang pelamar kerja yang sedang diwawancarai dengan 166 pewawancara sebagaimana dilaporkan oleh Journal of Occupational and Organized Psychology menunjukkan bahwa para pewawancara itu hanya 9% saja yang membutuhkan waktu lebih dari 15 menit untuk bisa memutuskan siapa yang akan diterima bekerja untuk menempati suatu posisi yang ditawarkan atau siapa yang akan ditolak. Persentase yang sangat kecil bukan?

Mengagetkan ketika ditulis bahwa 60% pewawancara telah mampu memutuskan calon karyawan mana yang akan diterima atau ditolak sebelum waktu 15 menit saja. Bahkan dua puluh enam persen pewawancara mengatakan bahwa mereka bahkan telah memutuskan mana calon karyawan yang cocok untuk suatu posisi pada menit kelima wawancara. Sisanya, lima persen pewawancara mengatakan bahwa mereka telah membuat keputusan menolak atau menerima sang calon karyawan pada menit pertama wawancara. Wah..wah...

Para pewawancara umumnya telah menunjukkan tanda-tanda jika mereka menyukai atau bakal menolak seorang calon karyawan yang sedang mengikuti proses wawancara. Simak tips tentang Tanda-Tanda Seorang Pewawancara akan Menolak Anda pada Saat Tes Wawancara dan Apa yang Dapat Dilakukan.

Baca juga:
Tips Sukses Berkarier untuk Wanita Berkeluarga
Beberapa Tips Sebelum Anda Memutuskan Berhenti Bekerja


Teknik Wawancara yang Digunakan

Oh ya, cepat atau lambatnya keputusan pewawancara mengambil kesimpulan apakah ia akan menolak atau menerima sang calon karyawan yang sedang diwawancarai adalah berkaitan dengan teknik wawancara yang digunakan dalam perekrutan pegawai itu. Pada dasarnya ada 2 macam tes wawancara yang dilakukan saat perekrutan karyawan yang biasanya dilakukan tim HRD (Human Research and Development) sebuah perusahaan. Yang pertama adalah wawancara yang terstruktur, di mana pertanyaan-pertanyaan wawancara telah disusun dengan alur yang jelas dan baku, dan yang kedua adalah jenis wawancara yang tidak disusun dengan alur yang baku di mana pertanyaan-pertanyaan wawancara dilakukan secara acak dan tidak beraturan sesuai kehendak sang pewawancara. Pada tipe wawancara pertama, sang pewawancara umumnya akan memerlukan waktu yang lebih lama untuk dapat memutuskan apakah seorang pelamar diterima atau ditolak untuk sebuah posisi pekerjaan dibanding jenis wawancara kedua.

Baca juga:
Cara Mengusir Rasa Malas Saat Bekerja

Kesan Pertama itu Penting Sekali

Jadi, satu tips penting yang harus anda perhatikan saat anda akan mengikuti sebuah tes wawancara kerja adalah: memberikan kesan pertama yang bagus kepada sang pewawancara. Tentunya kesan yang bagus yang diberikan adalah kesan yang cocok dengan posisi yang anda incar dan ditawarkan oleh perusahaan tempat anda sedang melamar pekerjaan.

Demikian tips wawancara kerja kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam mendapatkan posisi pekerjaan yang anda idamkan. Wassalam.

Baca juga:
Akuntabilitas, Tanggungjawab, dan Karier
Hal-Hal yang Harus Dihindari dalam Pekerjaan
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...