Tips Wawancara Kerja: 5 Hal yang Perlu Ditunjukkan Selain Kompetensi

Tips Wawancara Kerja: 5 Hal yang Perlu Ditunjukkan Selain Kompetensi

Apakah saat ini anda sedang berharap untuk dapat bergabung ke dalam sebuah tim perusahaan sebagai salah satu karyawan atau personelnya? Dan, saat ini anda sedang bersiap melakukan sesi tes wawancara untuk menentukan apakah anda memang dapat dianggap layak dan kompeten untuk mengisi lowongan posisi yang ditawarkan perusahaan tersebut. Jika memang demikian, mungkin ada baiknya anda meluangkan waktu beberapa menit untuk menyelesaikan membaca serangkaian tips berikut.

Sebagaimana kita ketahui bersama, banyak calon karyawan gagal memperoleh impian mereka untuk bekerja dan menduduki suatu posisi tertentu pada suatu perusahaan karena ketidaksesuaian hasil wawancara yang diperoleh oleh tim perekrutan (HRD) karyawan baru. Kegagalan ini seringkali bukan karena orang yang bersangkutan tidak kompeten jika dibandingkan dengan pelamar lainnya, akan tetapi kegagalan lebih disebabkan oleh ketidaksadaran orang tersebut akan apa yang selalu dikehendaki (diinginkan) oleh para pengambil keputusan (pimpinan) perusahaan tempat ia melamar pekerjaan. Sayang sekali bukan? Kegagalan karena kesalahan yang dapat dianggap relatif sepele tetapi sangat penting ini.
tips wawancara kerja 5 hal yang perlu ditunjukkan selain kompetensi
tips wawancara kerja : 5 hal yang perlu ditunjukkan selain kompetensi

Selain memiliki kualifikasi yang dipersyaratkan oleh perusahaan tempat anda melamar pekerjaan, anda juga seharusnya mengenal dengan baik tentang profil perusahaan tersebut. Kurangnya perhatian akan profil perusahaan tempat anda melamar pekerjaan dapat berakibat ditolaknya anda ketika keadaan ini terendus pada saat tes wawancara kerja. Sayang sekali bukan? Oleh karena itu, pelajarilah seluk-beluk dan profil perusahaan tempat anda sedang melamar pekerjaan itu sedetail-detail yang anda mampu dapatkan. Selain itu, yang juga penting adalah anda harus tahu betul apa yang diharapkan oleh perusahaan atau pimpinannya terhadap karyawan barunya yang akan direkrut. 5 Hal berikut perlu anda tunjukkan selain kompetensi pada saat wawancara kerja:

1. Selalu Siap Melaksanakan Perintah

Ketika anda akan memasuki sebuah perusahaan dan akan bekerja di dalamnya, maka orang yang melakukan tes wawancara kepada anda akan memastikan apakah anda orang yang memang dapat dipekerjakan dengan baik. Mereka harus yakin betul bahwa anda memang jika bekerja di perusahaan tersebut akan selalu mematuhi perintah yang diberikan oleh pimpinan. Ketika anda direkrut, perusahaan tentu mengharapkan anda akan selalu mengerjakan apa yang memang menjadi bagian pekerjaan dan tanggung jawab anda pada posisi yang diberikan. Oleh karena itu, ketika sesi tes wawancara, anda harus selalu menunjukkan sikap bahwa anda adalah calon pegawai yang baik yang akan dengan senantiasa melaksanakan perintah atau pekerjaan yang diberikan oleh atasan atau pimpinan. Jika memang dirasa perlu, ungkapkanlah hal ini secara jelas walaupun singkat kepada orang yang mewawancarai anda.

2. Akan Selalu Bekerja dengan Baik

Setiap atasan ingin mengetahui ketegasan atas berbagai kemampuan Anda dalam menyelesaikan pekerjaan. Hal itu dapat membuatnya yakin bahwa anda akan selalu menyelesaikan pekerjaan dengan kualitas terbaik. Pada sebuah perusahaan yang tentunya mengharapkan profit, maka pekerja-pekerja yang baik dan kompeten adalah aset penting mereka. Sumber daya manusia yang berkualitas menjadi faktor penentu akan maju tidaknya perusahaan. Kompetensi anda saja tidak cukup, tetapi juga perlu dibarengi dengan integritas yang baik. Dalam hal, ini harus mampu menunjukkan atau meyakinkan orang mewawancarai anda pada tes perekrutan pegawai baru bahwa anda adalah orang yang akuntabel, jujur, pekerja keras dan selalu mengedepankan hasil yang baik pada setiap pekerjaan atau tugas yang dipercayakan kepada anda.

3. Pandai dan Mau Berkolaborasi

Saat ini, di perusahaan manapun atau instansi manapun anda melamar pekerjaan, selalu mengedepankan orang-orang yang pandai dan mau berkolaborasi. Kemampuan dan kemauan anda dalam berkolaborasi seyogyanya dapat anda tunjukkan pada saat sesi wawancara dalam anda melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Ketika anda direkrut oleh sebuah perusahaan, mereka berharap anda adalah orang yang tidak Cuma kompeten dalam bidangnya tetapi juga orang yang dapat ditempatkan bersama siapa saja dan tidak akan menciptakan konflik yang akan kontraproduktif sifatnya bagi perusahaan. Pewawancara anda pada saat anda dites untuk suatu lamaran kerja akan memastikan bahwa mereka tidak salah pilih. Mereka akan merekrut orang-orang yang mampu bekerjasama dan berkolaborasi dengan sesiapa saja untuk kepentingan perusahaan.

4. Mau Belajar dari Kesalahan

Para pewawancara pada saat anda melamar pekerjaan akan selalu mencoba mengecek apakah anda orang yang efisien atau tidak. Apakah anda orang yang senantiasa mau dan mampu untuk terus belajar. Perusahaan selalu bersifat dinamis. Setiap waktu tantangan baru muncul seiring dinamika persaingan antar perusahaan. Ketika anda direkrut untuk menempati suatu jabatan atau sebagai salah satu karyawan mereka, maka perusahaan akan memastikan apakah anda orang yang dinamis dan selalu ingin tumbuh walaupun harus belajar dari kesalahan.

5. Kesetiaan dan Loyalitas Sangat Penting

Ketika si pewawancara anda saat tes melamar suatu posisi di sebuah perusahaan menanyai anda, maka katakanlah bahwa anda adalah seorang dengan tipe setia. Anda akan berusaha sekuat tenaga untuk membangun perusahaan tempat anda bekerja sebaik-baiknya yang anda mampu. Loyalitas dan kesetiaan karyawannya sangatlah penting bagi suatu perusahaan. Mereka tak akan sedikitpun tertarik merekrut anda jika di awal wawancara saja anda sudah menunjukkan bahwa anda adalah tipe penghianat dan mudah pindah-pindah ke perusahaan lain demi keuntungan anda sendiri.

Demikian 5 hal yang harus dapat anda tunjukkan saat wawancara melamar pekerjaan selain kompetensi yang anda miliki. Semoga bermanfaat, wassalam.

Baca juga:
Temukan Ide-Ide Kreatif dengan Cara ini.
Tips agar Tetap Rileks Selepas Bekerja Berat
Mengapa 5 Menit Pertama Waktu Wawancara Kerja Amat Berharga?
Apa yang Anda Lakukan Jika Pewawancara Anda Tampak Kurang Menyukai Anda?
Akuntabilitas, Tanggung Jawab, dan Karier
Tips Karier, Membangun Karakter Sukses
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...