Cara Membuat Wayang Daun Singkong

Mainan Tradisional Wayang dari Daun Singkong 

Tau wayang kan? Kalau kamu anak Indonesia asli, kamu pasti tahu tentang wayang. Kesenian tradisional ini tetap lestari hingga saat ini. Bahkan profesi penyanyi (sinden) dan orang yang memainkan wayang (dalang) juga tetap hidup sampai saat ini. Nah, di desa utamanya di Pulau Jawa, anak-anak juga dapat memainkan wayang saat mereka berada di sawah atau ladang. Atau bahkan di pekarangan, apabila di tempat tersebut ditanami ubi kayu atau singkong. Mereka biasa membuat mainan tradisional berupa wayang dari daun singkong. Cara membuatnya sangat mudah. Dengan bahan cuma daun dan tangkai daun singkong jadilah wayang yang sederhana. Seperti contohnya pada gambar di bawah ini. Unik bukan? Mau mencoba membuatnya juga untuk memainkan karakter atau tokoh favoritmu seperti Rama atau Arjuna? Pasti bisa.

langkah-langkah cara membuat mainan tradisional anak berupa wayang dari daun singkong 1
cara membuat mainan tradisional wayang dai daun singkong

Cara Membuat Mainan Tradisional Wayang dari Daun Singkong

Sudah siap membuat wayang dari daun singkong atau ubi kayu? Ayo kita mulai. Perhatikan penjelasan dan foto-foto yang diberikan ya...
  •  Petiklah beberapa helai daun singkong yang tangkainya agak panjang dan sudah cukup tua. Saya sendiri karena tidak punya kebun singkong, hanya menggunakan sisa daun singkong dari bekas membuat lalapan yang diperoleh dari tukang sayur keliling. Punya saya agak kecil dan pendek tangkainya, mungkin karena musim kemarau yang sekarang sedang berlangsung.
  • Jika sudah dipetik, jemur beberapa saat di bawah terik matahari agar menjadi layu. Kita perlu melakukannya agar tangkai daun singkong tidak mudah patah nantinya waktu dilipat-lipat (dianyam). Lihat Gambar 1.
  • Sekarang perhatikan Gambar 2. Ambil setangkai daun singkong yang paling panjang yang kamu dapat. Lipat seperti ditunjukkan Gambar 2 tersebut. Ini akan menjadi basis seluruh bagian tubuh wayang.
langkah-langkah cara membuat mainan tradisional anak berupa wayang dari daun singkong 2
membuat basis kepala dan badan wayang dari daun singkong
  • Lanjut ya. Sekarang lihat Gambar 3. Ambil lagi sebuah daun singkong. Lilitkan seperti diperlihatkan gambar tersebut. Perhatikan, bagian pangkal tangkai daun singkong pertama-tama diletakkan sejajar dengan pangkal daun basis tubuh wayang yang kita lipat pertama kali tadi. Kemudian, lipat daun singkong kedua ini ke belakang-atas, lalu lipat lagi ke bawah. Helaian daun akan terkumpul di bagian bawah.
  • Perhatikan sekarang Gambar 3. Letakkan lagi sebuah tangkai daun singkong sejajar dengan kedua daun sebelumnya. Perhatikan, pangkal daun yang membesar ada di sebelah kanan, lalu sisanya dilipat ke belakang, menuju ke atas , lalu menuju ke bawah-depan. Jadi caranya sama persis dengan lipatan sebelumnya.
  • Buat sampai 6 batang tangkai daun singkong dililitkan seperti diperlihatkan oleh Gambar 4.
  • Nah, kita sudah selesai membuat kepala wayang.
langkah-langkah cara membuat mainan tradisional anak berupa wayang dari daun singkong 3
membuat bagian kepala wayang dari daun singkong
  • Berikutnya kita akan menambahkan tangan wayang. Bagian tangan inilah yang akan banyak dimainkan. 
  • Perhatikan Gambar 6. Siapkan 2 tangkai daun ubi kayu. Kali ini daun-daunnya dipotong dan hanya disisakan sedikit pada ujungnya. Tujuannya agar dapat terjepit dengan erat dan tidak mudah lepas ketika disatukan dengan tubuh wayang.
  • Selipkan begitu saja ujung-ujung tangkai daun singkong untuk bagian tangan ini seperti ditunjukkan oleh Gambar 7.
  • Kemudian kita akan menyatukan dengan erat tangan dengan badan. Caranya, bagi menjadi 3 bagian tangkai daun yang mengarah ke bawah. Bagian ini adalah sisa tangkai saat membuat bagian kepala sebelumnya. buat anyaman seperti membuat kepang rambut. Tidak usah banyak-bayak. Ayaman ini akan membentuk badan dan sekaligus menjepit tangan wayang yang baru dipasang. Perhatikan Gambar 8.
  • Ambil lagi setangkai daun singkong. Kali ini juga dibuang daun-daunnya. Ikatkan begitu saja ke bagian batas daun dan tangkai untuk merangkum semua tangkai daun singkong. Jangan lupa rapikan susunan daun sehingga ia sekaligus berfungsi sebagai kain (baju) dari wayang kita.
  • Terakhir, patahkan (lipat) tangan wayang seperti ditunjukkan Gambar 8 tersebut.
  • Nah, selesai sudah. Mudah ternyata bukan untuk membuat sebuah wayang dari beberapa helai daun singkong itu?
  • Oh iya, sebenarnya kamu juga bisa membuat wayang sejenis dari bahan yang berbeda, misalnya dari daun karet, batang jerami padi, atau batang rumput.
langkah-langkah cara membuat mainan tradisional anak berupa wayang dari daun singkong 4
cara menambahkan tangan dan badan wayang dari daun singkong
Demikian tutorial cara membuat wayang dari daun singkong. Semoga bermanfaat dan menginspirasi. Wassalam.

Baca Juga:
Cara Membuat Mainan Tradisional Cangkirik dari Biji Karet
Cara Membuat Boneka Domba dari Kardus Bekas
Membuat Burung dari Janur Kelapa
Langkah-Langkah Membuat Kincir Angin Mini
Cara Buat Keris dari Daun Kelapa
Membuat Mainan Tradisional Kepiting dari Janur
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...