Menyulap Barang Bekas Menjadi Vas Bunga

Botol Bekas + Kulit Jagung + Kardus + Kreativitas = Vas Bunga Cantik

Hoi, lihatlah gambar berikut. Vas bunga unik untuk bahan dekoratif yang bisa diletakkan di atas meja atau rak ini adalah berbahan dasar barang bekas dan sampah.  Cuma dari bahan botol kaca bekas minuman energi (energy drink) yang biasanya hanya diabaikan pemulung, kardus bekas kemasan air mineral yang sudah lusuh, dan beberapa helai sampah kulit jagung rebus yang sudah dikeringkan.  Dengan sedikit kesabaran, bentuk kaku botol minuman tersebut dapat disulap menjadi berlekuk dan menimbulkan bentuk yang lebih elips. Kita tahu, kelemahan botol kaca seperti ini jika akan dijadikan bahan kerajinan tangan atau prakarya adalah bentuk dasarnya yang kaku dan kurang artistik. Beda dengan botol-botol plastik yang lebih bervariasi bentuknya dan lebih mudah di-reshape. Tapi dengan sedikit mengakali, jadilah bentuk vas seperti kendi ini. Nah, mau tau bagaimana cara pembuatannya. Ayo diikuti tulisan ini sampai selesai.

cara membuat vas bunga dari barang bekas dan sampah kulit jagung, kardus, dan botol bekas
elegan. vas bunga dari barang-barang sampah dan limbah

Alat dan Bahan

Adapun alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat vas bunga unik untuk hiasan dekoratif ini adalah sebagai berikut:
  • Satu buah botol bekas minuman energi. Boleh juga menggunakan botol obat sirup atau botol kaca lainnya. Jangan lupa, bersihkan dulu sebelum dibuat barang kerajinan. 
  • Kardus bekas secukupnya. Gunakan yang sudah mulai kusut (lusuh), jangan yang sangat kaku atau baru karena akan menyulitkan saat menggulungnya.
  • Beberapa helai kulit jagung  yang telah direbus (atau gunakan kulit jagung rebus) dan dikeringkan. Jika ingin berwarna, anda dapat menambahkan pewarna tekstil sesuai warna kesukaan saat anda merebus kulit jagung. Jika ingin tampak putih, anda dapat menambahkan sedikit hidrogen peroksida.
  • Lem tembak
  • Lem putih yang kuat daya rekatnya.
  • Gunting atau cutter.
  • Mistar
  • Pulpen/pensil
Sudah siap semua alat dan bahannya? Oke, lanjut ke langkah-langkah membuat.


Cara Membuat 

Perhatikan uraian dan penjelasan yang diberikan. Amati gambar-gambar untuk memudahkan pemahaman anda tentang cara pembuatan vas bunga unik dari barang bekas ini.
  • Bersihkan botol bekas dari sisa minuman atau kotoran lainnya. Siapkan kardus bekas, pulpen dan mistar anda.
cara membuat vas bunga dari barang bekas dan sampah kulit jagung, kardus, dan botol bekas
botol bekas dan kardus, bahan kerajinan untuk menbuat vas bunga unik
  • Perhatikan, pertama-tama pahami bahwa fungsi kardus bekas pada kerajinan tangan ini adalah untuk mengubah bentuk botol minuman. Lihatlah. Botol minuman mempunyai bagian sisi yang datar, sehingga kurang artistik untuk dibuat langsung menjadi bahan prakarya. Mari andaikan sisi botol kaca lebih berlekuk, tentu lebih menarik bukan. Nah, potongan-potongan kardus akan kita tempel untuk mengubah bentuk sisi botol yang rata (lurus) itu.
  • Ukur tinggi bagian lurus sisi botol kaca dengan mistar. Potonglah kardus selebar tinggi bagian botol yang lurus tersebut. Perkirakan keliling botol sehingga anda menggunting kardus dapat lebih panjang.
  • Buat lagi potongan kardus kedua, tetapi kali ini lebarnya dikurangi 0,5 cm.  
  • Buat lagi potongan kardus ketiga, dan lebarnya kembali dikurangi 0,5 cm. Demikian seterusnya sampai anda mendapatkan kardus dengan lebar sekitar 1 cm.
  • Perhatikan bahwa anda harus mengambil potongan kadus di mana arah alur (bagian lapisan tengah kardus yang bergelombang) seperti gambar. Ini penting agar saat menggulung kardus lebih mudah dan rapi.
cara membuat vas bunga dari barang bekas dan sampah kulit jagung, kardus, dan botol bekas
masing-masing potongan kardus bekas berbeda lebarnya 0,5 cm
  • Buka tutup botol dan simpan untuk proyek kerajinan tangan kita yang lainnya nanti.
  • Kemudian, mulailah menempelkan kardus mengelilingi sisi botol yang rata. Satu per satu kardus ditempel mulai dari ukuran yang paling lebar, sampai yang lebarnya 1 cm (paling kecil).
cara membuat vas bunga dari barang bekas dan sampah kulit jagung, kardus, dan botol bekas
mulai mengubah bentuk botol dengan potongan-potongan kardus bekas
  • Lihatlah, ketika semua potongan kardus telah ditempel pada sisi botol yang rata, maka bentuknya berubah menjadi berlekuk. Agar lebih nampak, tambahkan juga beberapa lapis  kardus di mulut botol. Gunakan juga potongan kardus dengan ukuran lebar yang berbeda.
cara membuat vas bunga dari barang bekas dan sampah kulit jagung, kardus, dan botol bekas
membentuk botol agar tampak lebih elips
  • Biarkan kardus melekat kuat ke botol bersama mengeringnya lem. Selanjutnya siapkan kulit jagung dan lem tembak.
  • Perlahan-lahan, aturlah kulit jagung untuk ditempelkan satu persatu menutupi sisi botol dan tempelan kardus. Anda dapat mulai dari arah mulut botol bekas atau dari bagian dasar botol.
cara membuat vas bunga dari barang bekas dan sampah
menutup botol bekas dan kardus dengan kulit jagung
  • Selesaikan menutup semua permukaan botol dan kardus dengan kulit jagung. Tambahkan juga beberapa ornamen lain seperti bentuk tali anyaman dan bunga dari kulit jagung untuk mempercantik tampilannya.
cara membuat vas bunga dari barang bekas dan sampah
vas bunga unik dari limbah dan sampah
Nah, selesai sudah cara menyulap barang bekas dan sampah seperti botol minuman berenergi, kardus, serta kulit jagung menjadi vas bunga yang cantik dan anggun untuk pajangan di ruangan anda. Selamat mencoba, semoga menginspirasi dan bermanfaat. Wassalam.

Baca Juga:
Cara Membuat Tempat Pensil dari Kaleng Bekas
Cara Membuat Udang dari Sedotan Plastik
Cara Membuat Bunga dari Kertas Bekas
Membuat Bentuk-Bentuk Sederhana dari Lipatan dan Guntingan Kertas Warna-Warni
Dinosaurus dari Sedotan Plastik. Unik!
Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Kulit Jagung
12 Tutorial Cara Membuat Bunga dari Barang Bekas
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...