Origami Untuk Anak TK : Rumah

Origami Rumah Sederhana untuk Anak TK 

Origami itu tidak harus sulit. Apalagi jika ditujukan untuk diajarkan pada anak-anak yang masih kecil. Mereka masih mempunyai kemampuan koordinasi otot-otot jari tangan yang belum sempurna. Akan tetapi, kemampuan koordinasi otot-otot jari dan tangan harus dilatihkan kepada mereka akan menjadi semakin baik. Selain itu, melipat kertas origami kepada anak-anak TK akan membuat daya ijaminasi mereka berkembang karena mereka dihadapkan pada bentuk-bentuk yang sedikit abstrak (tidak sempurna perwujudannya). Salah satu contoh origami yang cocok untuk anak usia 4 sampai 6 tahun adalah origami rumah yang sederhana ini. Adanya bentuk atap yang miring serta cerobong asap di bagian samping akan membuat mereka serta merta dapat berimajinasi bahwa itu adalah rumah. Jika diinginkan mereka juga mencoret-coret sesuatu pada origami itu, mereka dapat diajarkan menggambar pintu dan daun jendela kaca berbentuk kotak-kotak dengan spidol atau pensil. Jika tertarik mengajarkan anak-anak anda origami rumah ini, lanjutkan membaca tutorialnya berikut.
cara membuat origami bentuk rumah untuk anak TK atau SD kelas 1
origami rumah untuk anak-anak TK (sangat sederhana)

Cara Melipat Kertas Origami Membentuk Rumah

  • Sediakan kertas origami ukuran apa saja, yang penting jangan terlalu kecil agar mudah mereka tangani. Warna apapun boleh dan lebih bebas ketimbang saat kita membuat origami binatang.
  • Lipat dua kertas berdasarkan sisi-sisinya seperti Gambar 1.
  • Buka kembali lipatan tersebut. Garis lipatan akan kita gunakan sebagai garis bantu untuk lipatan kedua.
  • Pada lipatan kedua origami rumah ini, kita akan mulai membentuk bagian atap rumah. Lipat sudut kanan dan sudut kiri bagian atas kertas menuju garis yang telah dibuat di langkah awal tadi. Perhatikan Gambar 2. Hmmm... mirip lipatan saat kita akan membuat origami pesawat terbang ya. 
cara membuat origami bentuk rumah untuk anak TK atau SD kelas 1
lipatan-lipatan awal
  • Jadinya akan seperti gambar 3. 
  • Pada Gambar 3 ini juga ditunjukkan bahwa kita akan melipat kertas bagian pembentuk atap tadi kembali ke arah atas, tetapi dengan ukuran lebih kecil. Lipat saja tanpa memperhatikan ukuran, yang terpenting sebagian sudut kertas origami muncul melewati lipatan miring bagian atap. Ini adalah bagian yang nantinya akan membentuk cerobong asap. Kalau ada cerobong asap. jadi terbayang rumah-rumah di wilayah dengan 4 musim kan? Jadi ingat rumah-rumah jaman dulu dalam buku-buku cerita dongeng macam rumahnya 7 Kurcaci sahabat SnowWhite. He...ehe..hee...
  • Kalau sudah dilipat, hasilnya seperti Gambar 4.
cara membuat origami bentuk rumah untuk anak TK atau SD kelas 1
mulai melipat bagian atap dan cerobong asap
  • Berikutnya, agar kesan rumah lebih ramping dan tinggi (selaras dengan bentuk rumah bercerobong asap), maka lipatlah sedikit sisi kanan dan kiri kertas (perhatikan Gambar 5). Lalu... balikkan kertas.
  • Ta..raaaa!!! Rumah dengan cerobong asapnya sudah jadi. (Gambar 6)
  • Kalau anda suka mengajak anak mencoret-coret origaminya, ajarkan mereka cara menggambar daun pintu dan daun jendela pada origami rumah tersebut.
cara membuat origami bentuk rumah untuk anak TK atau SD kelas 1
sentuhan akhir: lipatan kecil merampingkan bentuk origami rumah
Demikian cara membuat origami bentuk rumah dengan cerobong asap yang sangat mudah. Gampang sekali untuk mengajarkannya pada anak-anak TK (usia 4 sampai 6 tahun).

Baca Juga:
Origami untuk Anak TK : Ikan Mas Koki
Origami Kecebong (Anak Kodok)
8 Tutorial Origami Mudah untuk Anak-Anak
Hiasan Dinding dari Kayu Stik Es
Cara Membuat Udang dari Sedotan Plastik 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...