Cara Cek Validasi Data Guru di Info GTK

Tunjangan Sertifikasi, Info GTK, dan Validasi Dapodik

Hampir semua guru penerima tunjangan sertifikasi (tunjangan profesi guru) untuk Semester 1 Tahun 2015/2016 telah memahami bahwa pembayaran tunjangan sertifikasi berhubungan erat dengan validasi data mereka di DAPODIK. Dan, untuk pengecekan apakah data guru penerima tunjangan sertifikasi misalnya, maka dapat melakukannya melalui laman INFO GTK (dulu disebut INFO PTK). Untuk periode tunjangan GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) pada Semester 1 Tahun Pelajaran 2015/2016 pengecekan sudah dapat dilakukan pada akhir september ini.

Baca: Cara Cek SKTP untuk Syarat Pencairan TPG (Tunjangan Profesi Guru) yang Telah Terbit Secara Online

Bagaimana Cara Cek Validasi Data Guru dan Tenaga Kependidikan di Info GTK?

Cara pengecekan validasi data guru dan tenaga kependidikan di aplikasi Dapodik untuk periode Semester 1 Tahun Pelajaran 2015/2016 sebenarnya tidak jauh berbeda dengan periode-periode semester sebelumnya. Berikut langkah-langkahnya:
  • Bukalah laman http://info.gtk.kemdikbud.go.id tetapi jika menemui kendala karena banyaknya guru atau operator atau tenaga kependidikan yang mencoba mengakses halaman ini, maka anda dapat mencoba link alternatif di 
  1. http://223.27.144.195:8081/info/
  2. http://223.27.144.195:8082/info/
  3. http://223.27.144.195:8083/info/
  4. http://223.27.144.195:8084/info/
  5. http://223.27.144.195:8085/info/
  • Jika berhasil terbuka maka akan tampak laman info GTK untuk anda Login seperti gambar berikut.
langkah-langkah atau cara untuk mengetahui validasi data guru dan tenaga kependidikan di info GTK kemdikbud, dalam kaitan dengan aplikasi dapodik dan tunjangan profesi atau tunjangan lainnya.
laman awal info GTK untuk login
  • Perhatikan bagian laman pada sisi kiri atas. 
  • Ada formulir isian untuk anda LOGIN. Perhatikan gambar berikut.
  • langkah-langkah atau cara untuk mengetahui validasi data guru dan tenaga kependidikan di info GTK kemdikbud, dalam kaitan dengan aplikasi dapodik dan tunjangan profesi atau tunjangan lainnya. 2
    formulir login laman info GTK Semester 1 Tahun Pelajaran 2015/2016
  • Isikan pada form pertama (user ID): 
  1. NRG (Nomor Registrasi Guru) jika anda sudah bersertifikasi profesi pendidik;
  2. NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan) jika anda belum bersertifikat pendidik.
  3. Nama Anda (tanpa spasi) untuk GTK yang belum memliki NRG dan NUPTK. Misalnya jika nama anda Muhammad Salim, maka isilah formulir user ID tersebut dengan muhammadsalim.
  • Masukkan password anda. Password anda adalah tahun lahir, bulan lahir, dan tanggal lahir dengan susunan urutan yyyymmdd (4 digit tahun lahir, 2 digit bulan lahir, dan 2 digit tanggal lahir). Misalnya, jika anda lahir pada tahun 1983 bulan 11 (nopember) dan tanggal 13, maka password anda adalah 19831113.
  • Berikutnya masukkan kode CAPTCHA yang diberikan oleh sistem.
  • Klik tombol LOGIN.
  • Jika koneksi bagus dan server sedang tidak sibuk sekali, maka info mengenai data anda di DAPODIK akan ditunjukkan oleh laman INFO GTK ini.
  • Jika terdapat ketidaksesuaian data di dalam laman INFO GTK ini dengan keadaan sebenarnya di lapangan (di sekolah) maka anda dapat meminta operator dapodik untuk memperbaiki dan melakukan synkronisasi kembali. Setelahnya silakan dicek kembali.
  • Adapun contoh laman info GTK jika anda telah dalam posisi login adalah sebagai berikut:
langkah-langkah atau cara untuk mengetahui validasi data guru dan tenaga kependidikan di info GTK kemdikbud, dalam kaitan dengan aplikasi dapodik dan tunjangan profesi atau tunjangan lainnya. 3
contoh laman info GTK yang memuat data pribadi GTK ybs
Demikian cara cek Validasi Data Guru di Info GTK yang berhubungan erat dengan DATA di DAPODIK dan Tunjangan-Tunjangan yang akan diberikan seperti tunjangan profesi pendidik atau sertifikasi. Semoga bermanfaat untuk anda. Wassalam.

Baca Juga:
Cara Cek Jadwal UKG 2015 dan Tempat Ujian di Info GTK
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...