Gejala Kanker Prostat dan Beberapa Hal yang Perlu Anda Ketahui

Apakah Kelenjar Prostat itu?

Kanker prostat adalah jenis kanker yang hanya terdapat pada laki-laki. Kanker prostat berdasarkan namanya merupakan penyakit kanker yang menyerang kelenjar prostat. Prostat merupakan salah satu kelenjar kelamin yang terdapat pada laki-laki. Fungsi kelenjar prostat adalah sebagai organ penghasil dan penyimpan cairan penyusun sperma. Dua per tiga cairan sperma laki-laki dihasilkan oleh kelenjar prostat, sisanya dari kelenjar lain seperti kelenjar bulboerethral, kantong sperma,  dan kelenjar cowper serta testis.
Gejala Kanker Prostat dan Beberapa Hal yang Perlu Anda Ketahui
susah buang air kecil bisa jadi gejala kanker prostat

Faktor Resiko Kanker Prostat

Pembesaran pada kelenjar prostat sangat umum terjadi pada laki-laki yang berusia di atas 50 tahun. Pembesaran ini kemudian dapat mengarah kepada kanker prostat. Secara anatomi, kelenjar prostat terletak di bawah kantong kemih tempat penyimpanan urine dan mengelilingi pangkal saluran kencing yang disebut uretra. Pembengkakan prostat atau kanker pada kelenjar inilah menyebabkan pasien susah buang air kecil. Pembengkakan menyembabkan menyempitnya saluran kencing ini. Pasien baru mengalami keluhan setelah prostat berada pada stadium akhir dan menyebar ke bagian organ tubuh yang lain.

Sebagaimana disebutkan di atas, faktor resiko kanker prostat lebih tinggi pada pria usia lanjut (50 tahun ke atas), dan faktor resiko semakin tinggi jika secara riwayat keluarga juga mengalami kanker ini. Selain itu, menurut riset, kanker prostat lebih banyak dialami oleh pria eropa dan amerika. Pria kulit hitam juga lebih banyak mengidap kanker ini dibanding pria asia. Kanker prostat sangat jarang terjadi para laki-laki dengan usia di bawah 45 tahun, kecuali ia merupakan orang dengan riwayat keluarga dengan kanker prostat. Terlalu banyak mengkonsumsi lemak, makanan dengan kandungan banyak cadmium juga disinyalir dapat merangsang kanker prostat. Perubahan produksi (penurunan) hormon testosteron yang dihasilkan oleh testis juga dapat memicu kanker prostat.

Gejala Kanker Prostat

Sulitnya kanker prostat terdeteksi sejak dini mengakibatkan kanker telah berkembang pada pasien. Pasien pada tahap-tahap awal sama sekali tidak mengalami keluhan apapun. Beberapa gejala kanker prostat pada stadium lanjut seperti munculnya rasa sakit pada bagian tubuh sekitar prostat, kesulitan buang air kecil karena tersumbatnya uretra akibat benjolan tumor. Kesulitan buang air kecil ini dapat ditandai dengan lemahnya aliran air kencing saat buang air kecil. Sering merasa ingin kencing (kandung kemih terasa penuh dalam waktu singkat) juga merupakan gejala umum penyakit ini. Jika sudah sangat parah, dapat terjadi pendarahan dan rasa nyeri luar biasa saat kencing. Gejala lainnya yang mungkin muncul adalah rasa sakit saat ejakulasi.


Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa tidak semua gejala di atas menunjukkan bahwa pasien positif mengidap kanker prostat. Bisa saja gejala-gejala di atas diakibatkan oleh infeksi saluran kencing (uretra).

Melakukan diet sehat dan pola hidup sehat dapat menurunkan resiko terkena serangan kanker prostat. Lakukan pemeriksaan sesegera mungkin jika anda mengalami keluhan-keluhan seperti yang disampaikan di atas agar penyakit kanker prostat yang mungkin anda derita dapat segera ditangani dengan lebih cepat.

Baca Juga: 
Mengenal Beberapa Teknik Bedah Kanker
Mengapa Operasi Tidak Dianjurkan untuk Beberapa Penderita Kanker? Apa yang Disebut Kemoterapi Kanker itu?
Efek Samping Operasi Kanker
Jenis-Jenis Obat Kemoterapi Kanker Sirsak dan Penelitian tentang Kanker
Daftar Tumbuhan Bahan Herbal Pengobatan Kanker Alternatif
Faktor Resiko dan Gejala Kanker Colorectal
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...