PUPNS 2015 Cara Mengedit Data Utama

Data Utama Pada PUPNS BKN 2015 Saya Salah dan Harus Di Up Date ...

Ketika pertama kali login ke dalam sistem pendataan ulang PNS (pegawai negeri sipil) di situs PUPNS milik BKN (http://pupns.bkn.go.id) saya melihat beberapa bagian DATA UTAMA ternyata salah atau tidak cocok lagi karena telah mengalami perubahan. Bingung juga melihat bentuk form yang disediakan oleh situs ini (maklum, tidak terlalu suka baca buku petunjuk yang diberikan dan lebih senang ngumpul dengan rekan lain untuk urusan up date data ini). Nah, setelah saling berbagi bersama rekan-rekan sesama pns di instansi saya bekerja, akhirnya saya dapat memperbaiki data utama yang salah atau kurang lengkap ini.

Ada cukup banyak isian form pada DATA UTAMA di PUPNS ini. Isian data tersebut meliputi:
  1. Nama di data base BKN (NAMA DB BKN)
  2. Gelar Depan
  3. Gelar Belakang
  4. Tempat Lahir
  5. Tanggal Lahir
  6. Agama
  7. Jenis Kelamin
  8. TMT CPNS
  9. TMT PNS
  10. Golongan Ruang
  11. TMT Golongan
  12. Pendidikan Terakhir
  13. Tahun Lulus
  14. Kedudukan Hukum
  15. Jenis Pegawai
  16. Alamat
  17. NIK
  18. NPWP
  19. Kartu Pegawai
Sebagian tangkapan layar monitor komputer saya menunjukkan DATA UTAMA seperti tampak pada gambar berikut. Perhatikan, ketika kita berada di menu DATA UTAMA, kita dapat melihat garis lebih tebal berwarna biru abu-abu di atas tulisan menu "Data Utama". Inilah tanda bahwa kita sedang berada di bagian laman tersebut.

PUPNS 2015 Cara Mengedit Data Utama 

Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengedit, mengisi, atau memperbaiki DATA UTAMA kepegawaian anda pada PUPNS BKN 2015 secara online.
PUPNS BKN 2015 online cara mengedit, mengisi, atau memperbaiki kesalahan data utama
Perhatikan seluruh bagian DATA UTAMA kepegawaian anda di PUPNS BKN 2015..
Amatilah seluruh bagian DATA UTAMA kepegawaian anda dengan teliti, agar anda dapat melihat kemungkinan adanya data yang salah atau kurang, atau bahkan belum terisi. Jika memang demikian (rata-rata dari hasil berdiskusi dengan teman-teman sekantor saya tahu hampir tidak ada seorangpun yang data base di BKN-nya lengkap dan tepat). Jadi setiap orang memang perlu melakukan perbaikan dan pengeditan, atau penambahan.

Nah, bagaimana caranya melakukan perbaikan DATA UTAMA pada PUPNS BKN 2015 secara online ini? Ayo disimak.

  1. Bagian DATA UTAMA yang dapat anda edit atau perbaiki atau anda isi (karena kosong) adalah data yang mempunyai tanda contreng berwarna biru dan tanda silang berwarna merah di ujung sebelah kanannya).
  2. Jika ke-16 bagian DATA UTAMA yang telah saya sebutkan di atas telah benar dan terisi sepenuhnya, maka anda dapat mengabaikan atau menyimpan DATA UTAMA ini langsung dengan mengklik tombol berwarna biru di sebelah kiri-bawah form yang bertuliskan SIMPAN.
  3. Tetapi, jika anda menemukan kesalahan atau masih kosong maka anda dapat mengeditnya.
  4. Cara mengeditnya, misalnya untuk data Nama DB BKN, Gelar Depan, Gelar Belakang, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Agama, Jenis Kelamin, TMT CPNS, dan TMT PNS, adalah dengan mengklik tanda silang diujung kanan masing-masing bagian data ini. 
  5. Setelah tanda silang (X) yang berwarna merah itu diklik, maka akan muncul form baru di sebelah kanan tanda silang (X) untuk tempat anda mengetikkan data baru yang benar.
  6. Berikutnya perhatikan bagian data Golongan Ruang dan TMT Golongan. Pada sebelah kanan form tidak diberikan tanda contreng biru dan tanda silang (X) merah. Di sana justru diberikan keterangan yang menjelaskan bahwa anda dapat melakukan pengeditan kedua bagian DATA UTAMA ini melalui menu RIWAYAT dan kemudian pilihlah sub menu RIWAYAT GOLONGAN. Dengan melengkapi seluruh data pada menu RIWAYAT GOLONGAN maka kedua bagian ini akan ter-update secara otomatis. Dokumen yang anda butuhkan untuk melakukan pengisian form di RIWAYAT GOLONGAN adalah semua SK kenaikan pangkat anda sejak CPNS hingga pangkat terakhir.
  7. Selanjutnya perhatikan bagian DATA UTAMA tentang Pendidikan Terakhir dan Tahun Lulus. Jika terdapat kekeliruan atau masih kosong, anda dapat mengisi atau mengeditnya melalui menu RIWAYAT sub menu PENDIDIKAN. Caranya, isikan seluruh riwayat pendidikan anda dari awal hingga pendidikan terakhir. Dokumen yang anda butuhkan untuk pengisian atau pengeditan bagian data ini adalah ijazah-ijazah anda.
  8. Selanjutnya untuk data KEDUDUKAN HUKUM dan JENIS PEGAWAI, apabila terdapat ketidaksesuaian dengan keadaan anda, maka anda dapat mengklik tanda silang (X) merah, maka akan muncul form pilihan (drop-down). Silakan pilih dari yang disediakan baik untuk kedudukan hukum anda saat ini, maupun untuk jenis pegawai.
  9. Terakhir untuk DATA UTAMA pada bagian Alamat, NIK (Nomor Induk Keluarga), NPWP, dan Kartu Pegawai, jika tidak sesuai atau masih kosong dapat diedit dan diperbaiki dengan mengklik tanda silang (X) warna merah di ujung kanan, maka akan muncul form isian. Isikan data yang sesuai berdasarkan dokumen yang anda miliki baik dari KTP atau kartu keluarga, kartu wajib pajak, dan kartu pegawai anda.
  10. Jika semua DATA UTAMA telah diisi dan diperbaiki, maka silakan klik tombol biru di sudut kiri bawah laman yang bertuliskan SIMPAN.
  11. Biarkan halaman direfresh secara otomatis hingga terbuka kembali dengan sempurna.

PUPNS BKN 2015 online cara mengedit, mengisi, atau memperbaiki kesalahan data utama pegawai negeri sipil
jika semua DATA UTAMA anda sudah oke, tinggal klik tombol SIMPAN
Nah, mudah bukan cara mengedit DATA UTAMA di PUPNS BKN 2015 secara online ini. Kendala berarti yang mungkin anda akan hadapi hanyalah masalah server situs PUPNS ini yang masih kurang memadai untuk menampung seluruh akses masuk para pegawai negeri sipil.

Sampai di sini dulu, semoga bermanfaat untuk anda yang sedang mengisi dan mengupdate data kepegawaian anda di PUPNS BKN 2015. Wassalam.

Baca Juga:
Data Terlanjur Terkirim Padahal Ada yang Masih Salah dan Ingin di Edit

Cara Registrasi e-PUPNS 2015 secara Online di situs BKN
Lupa Kata Kunci Anda Saat Mau Login pada PUPNS 2015? Ini Solusinya
Lupa Kode Registrasi (Register) Anda Saat Ingin Login di PUPNS 2015? Ini Cara Mendapatkannya Kembali
PUPNS 2015, Cara Menambahkan dan Memperbaiki Data Riwayat Pendidikan Anda
Sekolah Anda Tidak Ditemukan Saat Mengisi Data Riwayat Pendidikan? Ini Cara Penyelesaiannya Cara Menambahkan Data Guru - Riwayat Mengajar di PUPNS 2015
Cara Membuat Email Di Gmail (Google Mail). Beberapa teman yang endapat sosialisasi menyarankan kita untuk membuat email untuk PUPNS di Gmail.
Cara Membuat Email Di Yahoo
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...