PUPNS Cara Mengisi Data untuk Dokter

Cara Mengisi Data untuk Profesi Dokter di e-PUPNS 2015 BKN

Pada sistem pendataan ulang Pegawai Negeri Sipil secara elektronik (online) yang dilakukan oleh BKN (Badan Kepegawaian Negara) ada 2 profesi yang secara khusus harus mengisi data terkait profesi mereka. Kedua profesi yang dimaksud adalah profesi dokter dan profesi guru. Data yang diminta untuk profesi guru tidak sama dengan data yang diminta untuk profesi dokter. Berikut ini kami berikan tutorial cara pengisian DATA DOKTER. Walaupun lebih mudah, tidak ada salahnya jika langkah-langkah pengisiannya kami berikan. Siapa tahu ada pembaca blog ini yang kesulitan dibuatnya. Yuk disimak.
  • Setelah anda berada pada posisi login di jaringan pupns.bkn.go.id, maka silakan anda klik menu (tab) DATA DOKTER. Perhatikan, saat anda berada pada menu ini maka ada garis biru berada di atas tab tersebut.
  • Perhatikan data profil profesi dokter anda, apakah sudah benar dan lengkap. Jika sudah, anda tentu tidak perlu melakukan pengeditan lagi. Tetapi jika belum maka anda harus menambah atau mengubahnya.
  • Untuk keperluan ini silakan klik tombol berwarna biru pada bagian kiri bawah yang bertuliskan UBAH.

Cara Mengisi Data untuk Profesi Dokter di e-PUPNS 2015 BKN
ubah DATA DOKTER di PUPNS 2015
  • Perhatikan, sekarang jika server ePUPNS BKN merespon and, maka tombol yang tadi bertuliskan UBAH akan digantikan 3 tombol lain yaitu SIMPAN, HAPUS, dan BATAL.
  • Perhatikan pula, sekarang form isian sudah dapat diedit.
  • Mulailah mengisikan (mengubah) DATA DOKTER terkait Jenis Unit Kesehatan tempat anda bertugas. Caranya klik tanda segitiga di ujung kanan form untuk memunculkan menu dropdown yang disediakan.
  • Pilihlah JENIS UNIT KESEHATAN yang sesuai untuk anda. Apabila pada menu dropdown yang diberikan tidak tercantum jenis unit kesehatan tempat anda bekerja sebagai dokter, maka anda dapat minta bantuan HELP DESK. Anda akan diminta mengisi form bantuan dan mendapatkan tiket berisi kode untuk mengecek apakah permintaan anda untuk menambahkan jenis unit kesehatan diterima oleh Help Desk atau tidak. Help Desk paling cepat merespon dalam waktu 1 x 24 jam. Jadi anda harus sabar.
Cara Mengisi Data untuk Profesi Dokter di e-PUPNS 2015 BKN 1
isikan Jenis Unit Kesehatan
  • Berikutnya, isikan form NAMA UNIT KESEHATAN dengan mengetikkan nama unit tempat anda berprofesi sebagai dokter. Ketiklah perlahan-lahan sehingga sistem autocomplete dari jaringan PUPNS merespon dengan memunculkan pilihan yang telah disediakan.
  • Perhatikan, apabila nama unit kesehatan juga belum ada, maka mintalah bantuan help desk. Caranya sama yaitu dengan mengisi sebuah form kecil dan anda kembali mendapatkan tiket berisi nomor atau kode pengecekan bantuan help desk.
Cara Mengisi Data untuk Profesi Dokter di e-PUPNS 2015 BKN 2
tambahkan Nama Unit Kesehatan
  • Berikutnya, isikan JENIS DOKTER. Untuk ini anda tinggal memilih apakah anda termasuk kategori dokter umum, dokter gigi atau dokter spesialis.
  • Jika anda adalah Dokter Spesialis, maka anda harus mengisikan form di bawahnya. Form ini juga bersifat autocomplete. Jadi ketikkan perlahan huruf-huruf depan jenis spesialisasi anda hingga muncul pilihan yang cocok untuk anda. Jika pilihan tidak muncul (tidak ada), maka anda kembali harus meminta bantuan kepada sistem help desk. 
  • Isikan juga Jumlah Kemampuan Penangan Dokter per Hari.
Cara Mengisi Data untuk Profesi Dokter di e-PUPNS 2015 BKN 4
Isi Jenis Dokter dan Jumlah Kemampuan Penanganan
  • Jika semua DATA DOKTER telah selesai anda isikan, silakan klik tombol SIMPAN yang berwarna bru.
Demikian Cara Mengisi Data untuk Dokter di ePUPNS 2015, semoga bermanfaat untuk anda dalam melengkapi database anda di kantor BKN pusat. Wassalam.

Baca Juga:
Cara Membuat Email Di Gmail (Google Mail). Beberapa teman yang endapat sosialisasi menyarankan kita untuk membuat email untuk PUPNS di Gmail.
Cara Membuat Email Di YahooCara Registrasi di e-PUPNS (Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil) di BKN secara Online
PUPNS, Cara Mengisi Data Riwayat Diklat Fungsional
PUPNS: Cara Memperbaiki, Menambahkan, dan Mengisi Data Utama
PUPNS 2015, Bagaimana Jika Saya Lupa Kata Kunci dan Tidak Bisa Login?
Saya Lupa Kode Registrasi (Register) di PUPNS 2015 BKN dan Tidak Dapat Login
Bagaimana Cara Menambah, Mengisi, Mengedit, dan Memperbaiki Data Riwayat Pendidikan di PUPNS 2015?
Cara Turun Status pada PUPNS 2015 untuk Data Terlanjur Dikirim Padahal Masih Mau Edit atau Ada yang Salah
Sekolah Saya Tidak Tercantum Pada Sistem PUPNS 2015, Bagaimana Cara Mengisi Data Riwayat Pendidikan Saya?
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...