Cara Mendaftar Simposium Guru Tingkat Nasional Tahun 2015 Jalur Karya

UPDATE TERBARU!
DOWNLOAD PEDOMAN PELAKSANAAN SIMPOSIUM GTK 2016 dengan mengklik LINK ini!
Simposium GTK 2016 atau dulu disebut Simposium Guru telah mulai diumumkan pelaksanaannya, segera buat karya tulisnya dan pahami dulu pedomannya dengan mendownload panduan Simposium GTK 2016

Simposium Guru Tingkat Nasional 2015 Bertepatan dengan Peringatan Hari Guru Nasional


Tanggal 24 - 25 November nanti akan ada sebuah event besar yang digelar Kementerian Pendidikan Nasional. Event ini akan menyertakan 8.000 guru dari seluruh Indonesia dan dilaksanakan di Istora Senayan Jakarta, bertepatan dengan peringatan Hari Guru Nasional. Jika anda tertarik untuk ikut dalam acara ini, maka anda dapat mengikuti alur pendaftaran peserta dengan mengirimkan karya tulis ilmiah atau inovasi pembelajaran. Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dirjen GTK), Bapak Sumarna Surapranata menjelaskan akan ada 7.000 guru yang akan menjadi peserta dari jalur karya tulis ilmiah atau inovasi pembelajaran ini, sekaligus mengikuti lomba. Sisanya, 1.000 orang dijatahkan untuk masyarakat umum yang mendaftarkan diri. Sungguh, ini adalah event yang luar biasa besar yang digelar oleh Kemdikbud di tahun 2015 ini. Baca paragraf terakhir dari rilis kemdikbud ini di http://kemdikbud.go.id/kemdikbud/berita/4706

tata cara, persyaratan, dan format karya tulis ilmiah atau karya inovatif untuk mendaftar di simposium guru tingkat nasional tahun 2015
ayo ikutan Simposium Guru Tingkat Nasional 2015

Persyaratan Peserta dan Hadiah untuk Pemenang

Dari 7.000 peserta untuk kouta dari jalur karya tulis ilmiah dan inovasi pembelajaran ini akan dipilih 200 peserta sebagai pemenang. Para pemenang akan mendapatkan beragam hadiah yang luar biasa berupa:
  • Sertifikat dari Presiden RI
  • Beasiswa S2
  • Magang ke Luar Negeri selama 3 bulan, 1 bulan, atau 2 minggu
  • Gratis ke Luar Negeri dengan fasilitas Garuda Mileage untuk meningkatkan kompetensi dengan mengikuti workshop, seminar, diklat, dan sejenisnya
  • Laptop
  • Uang Tunai dan Non Tunai
  • Hadiah menarik lainnya
  • 10 Peserta Terbaik akan memaparkan karyanya pada acara puncak simposium

Untuk seluruh peserta, akomodasi, transportasi dan konsumsi akan ditanggung oleh Panitia Simposium Guru tingkat Nasional tahun 2015.

Pendaftaran Peserta dilakukan melalui situs ditutup pada tanggal 10 November 2015.




Peserta dari jalur karya ilmiah atau karya inovatif ini terbuka untuk (semua jenjang):
  • Guru
  • Kepala sekolah
  • Tutor
  • pengawas
  • Penilik
  • Pamong belajar

Tujuan Simposium Guru Tingkat Nasional tahun 2015

Adapun tujuan diadakannya Simposium Guru Tingkat Nasional tahun 2015 adalah untuk menuangkan ide-ide, gagasan-gagasan dan pemecahan masalah strategis pendidikan nasional. Banyak unsur akan dilibatkan yaitu guru (paling diutamakan), pakar dari perguruan tinggi, pemerhati pendidikan, dan para praktisi di bidang pendidikan, Lembaga Swadaya Masyarakat bidang pendidikan, dan guru-guru berprestasi tingkat nasional maupun internasional. Selain itu juga akan digelar pameran karya peserta terpilih.

Tata Cara Mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah pada Simposium Guru Tingkat Nasional Tahun 2015


Peluang yang sangat besar diberikan kepada guru-guru di seluruh pelosok negeri. Untuk menjadi peserta Simposium Guru Tingkat Nasional Tahun 2015 ini, calon peserta diharuskan mendaftar melalui situs http://simposiumguru2015.kemdikbud.go.id/ Adapun tata caranya secara lengkap adalah sebagai berikut:
  1. Buka situs http://simposiumguru2015.kemdikbud.go.id/
  2. Scroldown hingga ke bagian bawah halaman, terdaftar formulir pendaftaran ke situs Simposium Guru Tingkat Nasional Tahun 2015. Atau klik menu pada pojok kanan atas halaman yang bertuliskan DAFTAR.
  3. Untuk mendaftar ke situs anda cukup memiliki sebuah alamat email saja. Jika belum punya anda dapat membuatnya terlebih dahulu (Baca: Cara Membuat Akun Email di Gmail atau Google Mail dan Cara Membuat Akun Email di Yahoo Mail).
  4. Isikan alamat email anda.
  5. Isikan password.
  6. Tunggu sesaat hingga halaman dimuat ulang, dan diberikan notifikasi bahwa pendaftaran anda di situs Simposium Guru Tingkat Nasional 2015 berhasil (sukses).
  7. Selanjutnya silakan LOGIN untuk mulai mendaftar sebagai peserta simposium atau sekedar melihat-lihat karya tulis pada guru yang telah mengupload karya ilmiah dan karya inovasi mereka di situs ini. Anda juga diharapkan membaca karya-karya tersebut untuk kemudian memberikan vote (dukungan) pada karya-karya terbaik berdasarkan penilaian anda (ini akan jadi bagian penilaian peserta untuk lolos sebagai peserta simposium nantinya).

Setelah anda mendaftar pada situs http://simposiumguru2015.kemdikbud.go.id/ bukan berarti anda telah terdaftar sebagai calon peserta simposium. Untuk mendaftar sebagai peserta ada 2 jalur yang dapat anda pilih salah satunya. Pertama, jalur Mengirim Karya Ilmiah atau Karya Inovasi, dan yang Kedua adalah Jalur untuk Masyarakat Umum. (Baca: Cara Mendaftar Simposium Guru Tingkat Nasional untuk Jalur Peserta Umum).

Langkah-Langkah Mendaftarkan Karya Tulis Ilmiah atau Karya Inovatif ke Simposium Guru Tingkat Nasional Tahun 2015

Pada tulisan ini, kami akan memaparkan tata cara mendaftar melalui jalur Karya Ilmiah atau Karya Inovasi. Berikut tata caranya:
  1. Setelah anda mendaftar di situs http://simposiumguru2015.kemdikbud.go.id/, lanjutkan dengan LOGIN (gunakan alamat email dan password anda).
  2. Selanjutnya anda akan dibawa masuk ke halaman seperti gambar berikut. Pada halaman ini anda akan dapat melihat dan membaca langsung karya-karya ilmiah dan karya inovasi calon peserta lainnya. Anda juga dapat memberikan vote (dukungan kepada mereka dengan mengklik tanda bintang - 40% penilaian karya diperoleh dari hasil vote oleh publik ini).
    tata cara, persyaratan, dan format karya tulis ilmiah atau karya inovatif untuk mendaftar di simposium guru tingkat nasional tahun 2015
    halaman untuk daftar, membaca karya, dan vote peserta jalur karya
  1. Klik tombol DAFTAR yang ada di sisi kanan atas halaman, atau scrolldown ke bawah halaman sehingga anda menjumpai pilihan jenis pendaftaran seperti disebutkan di atas. Lihat Gambar berikut:
  2. tata cara, persyaratan, dan format karya tulis ilmiah atau karya inovatif untuk mendaftar di simposium guru tingkat nasional tahun 2015
    pilih dengan klik tombol DAFTAR SEBAGAI PESERTA KARYA
  3. Selanjutnya akan terbuka sebuah formulir pendaftaran melalui jalur karya ilmiah atau karya inovasi.
  4. Pada formulir ini anda harus mengisi : (1) Nama; (2) ID (NUPTK/NIP); (3) Email; (4) Telepon/HP; (5) Tempat Lahir; (6) Tanggal Lahir; (7) Satuan Pendidikan; (8) Jabatan (Kepala Sekolah, guru, Pengawas, Tutor, Penilik, Pamong Belajar); (9) Alamat Sekolah; (10) Nama Sekolah; (11) Provinsi; (12) Kabupaten/Kota; (13) Kecamatan; (14) Pendidikan Terakhir (D4/S1; S2; S3); (15) Kategori Karya (ada 5 kategori karya yang dapat dipilih, yaitu pembuatan alat sederhana untuk peningkatan kompetensi atau mempermudah pembelajaran; meningkatkan kompetensi guru secara mandiri (online); penilaian kinerja dan kompetensi guru berbasis online; meningkatkan indeks integritas sekolah; peran serta masyarakat dalam meningkatkan mutu pembelajaran dan lulusan); (16) Judul Karya; (17) Link Video Karya (Youtube) sifatnya opsional (boleh tidak diisi); (18) Keaslian Karya Tulis (Ya atau Tidak).
  5. Ada juga harus meng-upload file Karya Ilmiah berformat pdf dan file Pasfoto berformat jpg 
  6. Setelah semua terisi dengan baik, dan kedua file yang diminta telah diupload, silakan klik tombol KIRIM.
  7. Berikutnya, anda tinggal menunggu pengumuman peserta yang lolos seleksi. Pengumuman akan dilaksanakan pada tanggal 16 November 2015.

Format Penulisan Karya Ilmiah dan Karya Inovasi Calon Peserta Simposium Guru Tingkat Nasional Tahun 2015

Adapun format penulisan karya inovasi dan karya ilmiah adalah sebagai berikut:
  1. Karya ilmiah atau karya inovasi masuk ke dalam salah satu dari 5 (lima) kategori, yaitu: (a) pembuatan alat sederhana untuk peningkatan kompetensi atau mempermudah pembelajaran; (b) meningkatkan kompetensi guru secara mandiri (online); (c) penilaian kinerja dan kompetensi guru berbasis online; (d) meningkatkan indeks integritas sekolah; dan (e) peran serta masyarakat dalam meningkatkan mutu pembelajaran dan lulusan.
  2. Jika karya berbentuk video, peserta tetap wajib menyertakan tulisan plus tautan (link) di tempat video tersebut diupload (tautan dari youtube).
  3. Karya yang dikirim dibuat paling lama 2 tahun terakhir.
  4. Ukuran kertas A4.
  5. Abstrak paling banyak 120 kata.
  6. Maksimal 20 halaman isi (di luar sampul, abstrak, halaman pengesahan keaslian, daftar pustaka, dan lampiran).
  7. Format MS Word untuk Windows, font: Times New roman 12 pt, jarak 1,5 spasi.
  8. Hanya mencantumkan Daftar Pustaka terkait.
  9. Ada 2 mekanisme penilaian (60% akademis, 40% penilaian publik/masyarakat).
  10. Penilaian publik/masyarakat diperoleh dari banyaknya tanda suka (vote atau bintang) pada karya ilmiah atau karya inovasi yang bersangkutan.
Adapun isi makalah untuk karya ilmiah atau karya inovasi harus memuat bagian-bagian berikut:
  1. Judul dan Nama Penulis
  2. Abstrak dan Kata Kunci
  3. Daftar Isi
  4. Pendahuluan (10%) berisi isu-isu terkini dan relevan dengan tema simposium, fokus bahasan, tujuan, dan ruang lingkup pembahasan.
  5. Kajian Teori (20%) berisi kajian literatur yang sesuai untuk mengembangkan kerangka konseptual/teoritis
  6. Pembahasan dan Hasil (50%)
  7. Simpulan dan Rekomendasi (20%)
  8. Daftar Pustaka (memuat rujukan yang digunakan dalam karya tulis).
Surat Edaran dari Kemdikbud telah dikirimkan ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan Propinsi. Jika anda ingin membacanya sendiri silakan download melalui link berikut http://simposiumguru2015.kemdikbud.go.id/files/Surat_Edaran_Simposium_GTK_2015.pdf dan Lampirannya pada Link http://simposiumguru2015.kemdikbud.go.id/files/lampiran.pdf

  • ALAMAT
Direktorat Jenderal Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan” Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jl. Pintu 1 Senayan Jakarta
Facebook https://www.facebook.com/profile.php?id=100010414024870
Twitter https://twitter.com/SimposiumG
  • KONTAK
Telp : 021-57974106
Email : simposiumguru2015@gmail.com

Demikian informasi lengkap tentang Simposium Guru Tingkat Nasional tahun 2015 yang akan diadakan pada tanggal 24-25 November 2015 mendatang di Istora Senayan Jakarta dalam rangka Hari Guru Nasional. Selamat berpartisipasi, semoga menjadi yang terbaik.

Baca Juga:
Cara Mengetahui Apakah SKTP (SK untuk Pencairan Tunjangan Profesi Guru) tahun 2015 Sudah Diterbitkan untuk Pembayaran Sertifikasi Guru
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...