Download Ebook PUPNS 2015 dari BKN

3 Buku Petunjuk PUPNS Memudahkan Pemahaman dan Melakukan Pendataan Ulang di Sistem e-PUPNS 2015

Mengerjakan pendataan ulang bagi PNS (Pegawai Negeri Sipil) di situs PUPNS 2015 (http://pupns.bkn.go.id/) memang susah-susah gampang. Pengisian dan pengeditan data masing-masing PNS yang harus dilakukan sendiri oleh para pegawai negeri sipil ini tentu akan menemui kendala jika yang bersangkutan belum membaca buku pedoman atau panduan yang diberikan oleh BKN (Badan Kepegawaian Negara) Pusat. Saat situs pendataan ulang PNS diluncurkan, maka BKN juga menerbit buku panduan dalam bentuk file pdf yang dapat didownload secara bebas dan gratis di situs http://bkn.go.id
Link download buku petunjuk pengguna, buku petunjuk sistem helpdesk, dan buku petunjuk admin instansi langsung dari situs resmi bkn pusat
membaca buku petunjuk PUPNS akan sangat membantu

Pada kenyataannya, memang masih banyak PNS yang tidak mempunyai buku panduan registrasi, hingga pengeditan data dan mekanisme yang dirancang oleh BKN untuk memperbaharui database kepegawaian mereka. Akibatnya kebingungan melanda sejumlah PNS yang akan melakukan pendataan ulang ini. Buku panduan yang diterbitkan oleh BKN Pusat ada 3 macam, meliputi : (1) Buku Petunjuk Pengguna Sistem Pendataan Ulang PNS Elektronik (ePUPNS); (2) Buku Petunjuk Pengguna Sistem Helpdesk Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil Elektronik(e-PUPNS); dan (3) Buku Petunjuk Admin Instansi Sistem Pendataan Ulang PNS Elektronik (e-PUPNS).

Download Buku Petunjuk e-PUPNS 2015 dari Link Situs Resmi BKN

Ketiga buku panduan atau buku petunjuk untuk pengguna itu dapat didownload pada situs resmi BKN Pusat melalui link berikut:
1. Download Buku Petunjuk Pengguna Sistem PUPNS Elektronik (e-PUPNS).
2. Download Buku Petunjuk Pengguna Sistem Helpdesk PUPNS Elektronik (e-PUPNS)
3. Download Buku Petunjuk Admin Instansi Sistem PUPNS Elektronik (e-PUPNS)


Buku Petunjuk untuk Pengguna Sistem e-PUPNS ini memuat maksud dan tujuan, fungsi, ruang lingkup, alamat akses e-PUPNS, alur kerja sistem yang terdiri dari pendaftaran PUPNS dan pengisian formulir, cara penggunaan, pendaftaran login, mengatasi lupa kata kunci, dan cek status pada PUPNS 2015.

Buku Petunjuk Pengguna Sistem Helpdesk PUPNS Elektronik (e-PUPNS)

 Buku petunjuk untuk pengguna sistem helpdesk memuat berbagai permasalahan yang dialami PNS (Pegawai Negeri Sipil) serta solusi (pemecahan masalahnya) melalui sistem helpdesk. Adapun permasalahan-permasalahan yang dicover dalam buku petunjuk ini meliputi: (1) masalah perbedaan nama/ beda nama; (2) masalah beda instansi; (3) masalah data pensiun; (4) masalah data diberhentikan; (5) data tidak ada dalam database BKN; (6) masalah referensi unit organisasi tidak ditemukan dalam sistem PUPNS elektronik; (7) masalah referensi pendidikan tidak ditemukan dalam database; (8) masalah unit organisasi tidak ditemukan; (9) masalah jabatan fungsional khusus dan jabatan fungsional umum tidak ditemukan; (10) referensi lokasi tidak ditemukan; (11) masalah data sekolah tidak ditemukan; (12) masalah referensi data unit kesehatan tidak ditemukan; (13) referensi bidang spesialis tidak ditemukan; (14) referensi mata pelajaran untuk PNS guru tidak ditemukan; (15) referensi diklat fungsional tidak ditemukan; (16) permasalahan turun status untuk mengatasi data yang salah kirim; (17) penambahan verifikator level 1; dan (18) cara pengecekan status pengaduan dengan tiket helpdesk.

Buku Petunjuk Admin Instansi Sistem PUPNS Elektronik (e-PUPNS)

Adapun buku petunjuk admin instansi sistem PUPNS elektronik tahun 2015 ini memuat: (1) alur kerja sistem meliputi penunjukan admin dan verifikasi data; (2) manajemen pengguna; (3) manajemen pendaftar; (4) manajemen verifikasi; (5) proses registrasi; (6) perihal entry sekolah; (7) perihal entry unit kesehatan; (8) verifikasi data; (9) sistem helpdesk PUPNS; (10) dan masalah turun status.

Dowload ketiga buku petunjuk tersebut untuk memudahkan anda dalam memahami sistem PUPNS elektronik (e-PUPNS 2015). Memang ketiga buku tersebut masih sangat belum mencukupi untuk menyelesaikan proses pendataan ulang PNS sebagaimana yang dikehendaki oleh BKN Pusat. Akan tetapi paling tidak masalah-masalah yang termuat di dalam ketiga buku itu akan dapat anda pahami dan membantu anda dalam menyelesaikan tugas untuk memperbaharui dan memperbaiki kesalahan-kesalahan database anda sebagai PNS di BKN.

Baca Juga:

Cara Mengatasi Data Referensi Sekolah Tidak Ditemukan pada PUPNS 2015
PUPNS 2015, Cara Menambahkan Data Diklat Fungsional

Cara Menambahkan Data Riwayat Pendidikan di PUPNS 2015
PUPNS 2015, Cara Mengedit Data Utama
Cara memperbaiki dan Mengisi Data Riwayat Mengajar Di PUPNS 2015
PUPNS 2015 - Cara Mengubah Data Posisi
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...