Solusi Tidak Terdaftar UKG 2015 Padahal Memiliki NUPTK

Pada rilis (siaran pers) Kemdikbud tertanggal 20 Oktober 2015, Santi Ambarukmi yang merupakan Kepala Sub Direktorat Perencanaan Kebutuhan Guru, Penguatan dan Kompetensi Pendidik Dirjen GTK Kemdikbud di situs kemdikbud.go.id menyebutkan bahwa sangat mungkin terdapat guru yang belum terdaftar untuk mengikuti UKG 2015.
informasi seputar solusi bagi guru ber-NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan) tetapi tidak terdaftar/terjadwalkan pada pelaksanaan UKG 2015
siap UKG 2015

Sebagaimana bapak dan ibu ketahui bahwa UKG 2015 bersifat wajib bagi guru-guru yang telah memiliki NUPTK. Tujuan dari UKG 2015 adalah untuk pemetaan kompetensi guru di seluruh Indonesia. Data akan digunakan untuk menyiapkan diklat yang sesuai dengan kebutuhan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) masing-masing guru. Dengan diperolehnya maping (pemetaan yang lengkap) maka diharapkan peningkatan profesionalitas guru di negeri ini akan semakin membaik.

Selain itu data hasil UKG yang diharapkan akan menyentuh 3 juta guru ini akan diolah untuk membandingkan disparitas antara guru-guru di Pulau Jawa dengan guru-guru di luar Pulau Jawa, membandingkan guru-guru di perdesaan dengan guru-guru di perkotaan. UKG 2015 akan dilangsungkan mulai tanggal 9 Nopember 2015 dan diharapkan selesai pada tanggal 27 November 2015. Untuk keperluan ini, pihak kemdikbud telah menyiapkan lebh dari 200 paket soal. Adapun teknik UKG 2015 dapat secara online maupun secara offline.

Lalu bagaimana solusi bagi bapak dan ibu guru yang belum terdaftar sebagai peserta UKG 2015 (tidak terjadwal dari tanggal 9-27 November 2015), maka dapat melapor ke dinas pendidikan setempat untuk didaftarkan oleh pihak dinas kepada kemdikbud, sebagaimana telah diungkapkan oleh Ibu Santi Ambarukmi dalam siaran pers tersebut. Penyebab kemungkinan tidak terdaftarnya guru ber-NUPTK sebagai peserta UKG dikarenakan data di DAPODIK belum diupdate atau ada kekeliruan.Solusi lainnya bagi guru yang tidak terdaftar pada UKG 2015 juga dapat berupa diikutkan UKG selanjutnya pada UKG 2016. Direncanakan oleh Direktorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bahwa UKG dilakukan setiap tahunnya.

Pada tiap ruangan TUK (Tempat Uji Kompetensi) tahun 2015, minimal akan ditampung 20 orang guru. Jumlah soal bervariasoi mulai dari 60 hingga 100 soal dengan durasi maksimal pengerjaan adalah 120 menit.
Latihan Soal UKG 2015 Secara Online Guru Kelas versi 1
Latihan Soal UKG 2015 Secara Online Guru Kelas versi 2
Latihan Soal UKG 2015 Secara Online Guru Kelas versi 3
Latihan Soal UKG 2015 Secara Online Guru Kelas versi 4
Latihan Soal UKG 2015 Secara Online untuk Semua Jenjang/Bidang Studi Indikator Penelitian Pendidikan/PTK
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...