Download Surat Edaran Mendikbud tentang Darurat Asap

Kabut asap yang disebabkan oleh kebakaran lahan dan diperparah oleh fenomena el nino yang terjadi di berbagai wilayah di Indonesia telah berlangsung selama berbulan-bulan (3 bulan lebih). Akibatnya pencemaran udara karena asap kebakaran lahan dan hutan ini mengganggu berbagai aktivitas masyarakat. Salah satu aktivitas penting yang sangat terimbas dari kabut asap ini adalah kegiatan belajar mengajar di sekolah. Begitu tingginya angka indeks pencemaran udara di sejumlah daerah membuat pemerintah menyatakan bahwa bencana ini sebagai darurat asap.

Pada bidang pendidikan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan telah mengambil kebijakan untuk menyikapi status Darurat Asap ini. Kemdikbud menganggap bahwa kesehatan adalah faktor yang paling penting yang harus dipertimbangkan. Diharapkan bahwa pihak-pihak terkait seperti sekolah, dinas pendidikan, guru dan stkaeholder lainnya dapat berinteraksi dengan baik untuk memberikan hak siswa untuk mendapatkan pembelajaran. Untuk kepentingan ini mendikbud Anies Baswedan telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 90623/MPK/LL/2015 tentang Penanganan Pendidikan pada Daerah Terdampak Bencana Asap yang ditujukan kepada Gubernur Provinsi, Bupati dan Walikota di seluruh Indonesia pada tanggal 23 Oktober 2015 lalu. (untuk mendownload Surat Edaran tentang Darurat Kabut Asap kami sediakan pada link di bawah tulisan ini).

Ada beberapa poin penting yang dijelaskan oleh surat edaran mendikbud ini. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Jika Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) di atas ambang batas maka kegiatan belajar mengajar dilakukan di rumah (siswa diliburkan).
  • Pihak sekolah memberikan tugas terstruktur pada saat siswa diliburkan.
  • Bila sekolah diliburkan karena Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) berada di atas ambang batas aman untuk kesehatan, maka Tunjangan Profesi Guru tetap harus dibayarkan.
Kemdikbud telah menyiapkan 3 buah skenario untuk menyikapi bagaimana kegiatan belajar mengajar harus dilakukan karena terdampak kabut asap. Dalam skenario tersebut disebutkan bahwa pihak sekolah harus mengganti pelajaran yang tidak dilaksanakan pada bulan Desember 2015, memundurkan kegiatan-kegiatan seperti ujian akhir semester hingga Ujian Nasional dan pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Baru.

Download Surat Edaran Mendikbud Nomor 90623/MPK/LL/2015 tentang Penanganan Pendidikan pada Daerah Terdampak Bencana Asap

Baca Juga:
Kriteria APP (Alat Peraga Praktikum) yang Berkualitas 
Nilai UKG 2015 akan Direntang dan Dijadikan Data Pemetaan Diklat PKB Pasca UKG 
Punya NUPTK Tapi Tidak Terdaftar pada UKG 2015, Bagaimana Solusinya? 
Download Ratusan Karya Tulis Ilmiah dan Karya Inovatif Guru Gratis dan Mudah
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...