Tips Agar Sukses Mengikuti UKG 2015

Tidak sampai sebulan lagi Uji Kompetensi Guru tahun 2015 (UKG 2015) akan digelar. Tepatnya mulai tanggal 9 sampai dengan 27 November 2015. Sudahkah anda mempersiapkan diri untuk menghadapainya? Walaupun Kemdikbud mengatakan bahwa UKG 2015 hanya dimaksudkan untuk pemetaan kompetensi guru di seluruh wilayah Indonesia. Pada tulisan kali ini akan diberikan tips agar anda dapat sukses mengikuti UKG 2015 mendatang. Ayo disimak.
Baca Juga: UKG 2015 Tak Ada Hubungannya dengan Tunjangan Profesi.

Tips Sukses Uji Kompetensi Guru (UKG) Tahun 2015

Setelah di tahun 2012 lalu dilaksanakan UKG untuk lebih dari 1,6 juta guru, kini UKG 2015 akan diikuti oleh guru dalam jumlah 2 kali lipatnya (lebih dari 3 juta guru). Agar dapat sukses mengikuti UKG 2015 ini, tips-tips berikut mungkin dapat dipertimbangkan untuk dilakukan:
Baca Juga: Siap Digelar UKG 2015 untuk 3.015.315 Orang Guru

Tips 1 . Persiapkan Fisik dan Mental

Kondisi fisik dan mental yang prima akan membantu bapak dan ibu guru untuk lebih baik dalam menghadapi UKG 2015 (Uji Kompetensi Guru tahun 2015). Jagalah kesehatan dengan istirahat yang cukup sehingga pada saat jadwal anda mengikuti UKG, anda dapat berhadir dalam kondisi fit.
berikut ini adalah beberapa tips yang dapat bapak ibu guru lakukan sebelum mengikuti UKG 2015, semoga dengannya bapak ibu guru memperoleh skor UKG yang bagus
tips-tips sukses UKG 2015

Tips 2. Perhatikan Jadwal UKG Anda

Masing-masing guru mungkin memiliki penjadwalan pelaksanaan UKG online yang berbeda-beda. Setiap TUK (Tempat Uji Kompetensi) memiliki kapasitas yang terbatas untuk menampung peserta UKG 2015. Oleh karena itu penjadwalan diatur dengan sangat ketat agar semua guru yang berada dalam lingkung TUK tersebut dapat mengikuti UKG 2015 secara online. Pastikan anda mengecek kembali kapan jadwal UKG anda sendiri melalui situs http://sergur.kemdiknas.go.id dan mengecek ulang di TUK atau Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota di tempat anda masing-masing. Catat jadwal hari, tanggal. dan gelombang berapa anda dijadwalkan mengikuti UKG 2015.

Tips 3. Pahami Kisi-Kisi UKG 2015 Bidang Anda

Setiap guru tentunya mempunyai bidang keahlian masing-masing. Untuk guru bersertifikat pendidik, mereka akan diuji sesuai dengan mata pelajaran yang tertera pada sertifikat pendidiknya. Sementara untuk guru belum bersertifikat pendidik akan diuji berdasarkan ijazahnya (program studinya) ketika diterima sebagai guru. Nah, untuk setiap bidang studi atau mata pelajaran ini telah disediakan kisi-kisi UKGnya oleh pihak Dirjen GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) Kemdikbud. Download dan print kisi-kisi UKG 2015 anda, kemudian print. Selanjutnya pahamilah apa kandungan setiap butir kisi-kisi UKG 2015 pada bidang studi/mata pelajaran anda tersebut. Download Kisi-Kisi UKG 2015 dari Situs-Situs Resmi Kemdikbud Di Sini.
Cara Cek SKTP 2015 (SK Pencairan Tunjangan Profesi Guru) di Info GTK Kemdikbud

Tips 4. Baca Kembali Buku-Buku Referensi yang Berkaitan dengan Kisi-Kisi UKG 2015

Anda tidak akan dapat dengan mudah menjawab soal-soal UKG 2015 secara online jika anda tidak membaca kembali buku-buku referensi yang berkaitan. Setelah anda memahami kandungan kisi-kisi UKG 2015 untuk bidang studi/mata pelajaran anda, maka selanjutnya kumpulkan buku-buku atau bahan bacaan lain (misal dari internet) terkait dengan materi dari kisi-kisi. Bacalah bahan-bahan referensi itu. Anda tak bisa memperoleh skor yang baik dalam UKG 2015 jika anda mengikutinya tanpa persiapan apapun.


Tips 5. Cek Tempat Uji Kompetensi (TUK UKG 2015) Lebih Dulu

Pastikan sebelum UKG 2015 anda dijadwalkan, cek dahulu di mana lokasi TUK (Tempat Uji Kompetensi) dengan mendatanginya langsung. Pada umumnya di setiap kabupaten kota dapat terdapat 1 atau lebih TUK. Cek dijadwal anda pada TUK mana anda akan mengikuti UKG. Setelah itu pastikan pula anda mengetahui ruangan yang akan digunakan untuk pelaksanaan UKG anda. Beberapa peserta UKG berdasarkan pengalaman tahun 2012 datang terlambat karena tidak tahu di mana persisnya ruang UKG. Tetapi mereka tidak mengeceknya secara langsung dan menganggap remeh.

Tips 6. Cek Daftar Peserta UKG yang Satu Jadwal dengan Anda

Mengenali siapa saja guru-guru yang akan sama-sama mengikuti UKG 2015 dengan anda adalah hal yang sangat baik. Saling menghubungi dan berbagi nomor telepon akan sangat membantu ketika ada hal-hal di luar yang direncanakan dengan baik terjadi. Misalnya ketika anda terlambat, sakit, terkena kemacetan lalu lintas, dan hambatan lainnya, maka dengan cepat kita bisa saling memberi informasi. Cek daftar peserta UKG yang satu jadwal dengan anda untuk tujuan ini, sehingga bisa saling support satu sama lain.

Tips 7. Perbanyak Latihan dengan Soal-Soal UKG

Kemdikbud menargetkan rata-rata skor UKG 2015 adalah 5,5. Ini sedikit lebih tinggi dari rata-rata hasil UKG tahun 2012. Bagaimana menyikapi ini? Beberapa situs dan blog di internet ternyata telah menyediakan contoh-contoh soal latihan UKG untuk tahun 2015 ini. Tentunya sumber gratis ini tidak boleh dilewatkan begitu saja. Download soal-soal tersebut untuk dikerjakan. Mungkin soal-soal ini dapat digunakan untuk mempersiapkan diri menghadapi UKG 2015. Soal-soal yang baik akan mengacu pada kisi-kisi, jadi cek soal-soal latihan yang mereka berikan sekalian anda memahami kisi-kisi UKG anda masing-masing. Beberapa situs atau blog juga menyediakan latihan soal UKG 2015 secara online dan interaktif. Ini juga sangat bagus diikuti. Dengan banyak berlatih akan dapat meningkatkan skor UKG anda.

Nah, bagaimana? Sudah siap mengikuti UKG 2015. Semoga sukses ya. Atau jika punya tips yang lain silakan berbagi bersama di sini.

Baca Juga:
Cara Mendaftar Program GGD (Guru Garis Depan)
Informasi Terbaru tentang Sertifikasi Guru tahun 2015
PUPNS 2015, Cara Mengedit Data Utama
Jalur Karya, Cara Mendaftar Di Simposium Guru 2015
Jalur Umum, Cara Mendaftar Di Simposium Guru 2015
Cara Cek Jadwal UKG 2015 dan Tempat Ujian di Info GTK Latihan Soal UKG 2015 Secara Online Guru Kelas versi 1
Latihan Soal UKG 2015 Secara Online Guru Kelas versi 2
Latihan Soal UKG 2015 Secara Online Guru Kelas versi 3
Latihan Soal UKG 2015 Secara Online Guru Kelas versi 4
Latihan Soal UKG 2015 Secara Online untuk Semua Jenjang/Bidang Studi Indikator Penelitian Pendidikan/PTK
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...