UKG 2015 Tak Ada Hubungannya dengan Tunjangan Profesi

Uji Kompetensi Guru tahun 2015 dan Kekhawatiran Para Guru

Setelah pihak Kemdikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) menyosialisasikan UKG 2015 (Uji Kompetensi Guru tahun 2015), banyak guru yang gelisah. Kegelisahan mereka cukup beralasan karena ada segelintir media online yang mengaitkan skor UKG 2015 yang rendah dengan tunjangan kinerja pegawai yang akan ikut rendah atau tunjangan profesi yang akan dihapuskan. Isu ini tentunya sangat mempengaruhi psikis para guru di pelosok tanah air.

Baca Juga: Cara Mengecek Apakah SK Tunjangan Profesi Guru (TPG) Anda Telah Diterbitkan oleh GTK Kemdikbud untuk Proses Pencairan?

Benarkah Skor UKG yang Rendah Berimbas pada Dihentikannya Tunjangan Profesi?

Para guru penerima tunjangan profesi (atau guru bersertifikat pendidik) banyak yang menjadi khawatir bahkan takut mengkuti UKG 2015 ini. Uji kompetensi khusus untuk guru yang memiliki NIP (Nomor Induk Pegawai) atau NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan) ini akan menyasar 3.015.3.15 orang guru. Jumlah ini jauh lebih besar dibanding guru yang diikutkan pada UKG sebelumnya (UKG tahun 2012) yang hanya menyasar 1,6 juta guru. Jadi nanti di bulan November 2015 mendatang, jumlah guru yang mengikuti UKG sekitar dua kali lipat UKG 2012. Menilik skor yang diperoleh para guru yang mengikuti UKG 2012, diperoleh data yang sangat memprihatinkan, di mana rerata UKG jauh dari harapan Kemdikbud. Bahkan hanya 192 guru dari 1,6 juta guru yang berhasil meraih skor lebih dari 90. Ketakutan paling utama adalah karena guru takut tunjangan profesi mereka ditangguhkan padahal telah melaksanakan segala persyaratan yang diharuskan gara-gara nilai UKG mereka rendah.

UKG 2015 ternyata sama sekali tak ada hubungan dengan tunjangan profesi guru. UKG 2015 hanya digunakan data atau skornya untuk pemetaan kompetensi yang dimiliki guru untuk memudahkan pembinaan dan pengembangan kompetensi guru
UKG 2015 ada hubungannya dengan Tunjangan Profesi?

Pihak Kemdikbud telah berupaya melakukan sosialisasi melalui berbagai rilis (siaran pers) untuk melegakan kekhawatiran para guru. Kemdikbud telah menyatakan bahwa serendah apapun nilai UKG 2015 tidak akan berimbas pada tunjangan profesi yang berhak mereka terima. Begitupun tunjangan-tunjangan lainnya.


Data Skor UKG 2015 untuk Pemetaan Kebutuhan Pengembangan Kompetensi Guru

Lalu untuk apa data UKG 2015 yang akan dilaksanakan secara online atau offline mulai tanggal 9 - 27 Nopember 2015 mendatang? UKG 2015 dilakukan untuk memetakan kompetensi yang mereka miliki sesuai dengan bidang atau mata pelajaran yang mereka ajarkan di sekolah. Peta kompetensi ini akan sangat membantu bagi pengembangan dan peningkatan kompetensi para guru. Menurut perencanaan Kemdikbud, data skor UKG akan dibagi ke dalam 10 rentang sehingga pada setiap rentang akan mendapatkan sesi pembekalan dan pelatihan yang berbeda berbasis kebutuhan para guru. Diharapkan dengan cara ini, pembekalan atau diklat yang diberikan pada para guru lebih tepat sasaran dan tujuan demi memajukan kualitas pendidikan nasional.

Baca Juga:
Ikuti Simposium Guru dan Tenaga Kependidikan, Ini Cara Daftar untuk Jalur Peserta Karya
Ikuti Simposium Guru dan Tenaga Kependidikan, Ini Cara Daftar untuk Jalur Peserta Umum
Siap Digelar UKG 2015 untuk 3 Juta lebih Guru
PUPNS 2015 Login Kini Dijadwal. Ini Info Detilnya.
Cara Cek Jadwal UKG 2015 dan Tempat Ujian di Info GTK Latihan Soal UKG 2015 Secara Online Guru Kelas versi 1
Latihan Soal UKG 2015 Secara Online Guru Kelas versi 2
Latihan Soal UKG 2015 Secara Online Guru Kelas versi 3
Latihan Soal UKG 2015 Secara Online Guru Kelas versi 4
Latihan Soal UKG 2015 Secara Online untuk Semua Jenjang/Bidang Studi Indikator Penelitian Pendidikan/PTK
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...