Pembelajaran Berbasis Inkuiri : Beberapa Fakta yang akan Ditemukan Saat Menerapkannya

Berikut ini adalah beberapa fakta yang akan anda temukan saat bapak dan ibu guru melaksanakan pembelajaran berbasis inkuiri secara berkelanjutan di dalam kelas:

pembelajaran berbasis inkuiri telah banyak diterapkan di kelas-kelas dan sangat efektif menjadikan siswa sebagai pembelajar yang mampu memecahkan berbagai masalah (problem solver)
proses inkuiri
  • Bapak dan ibu guru akan menjadi guru favorit di mata siswa karena mereka akan merasa nyaman dengan pembelajaran bapak dan ibu guru yang membuat mereka merasa nyaman dan percaya diri untuk berbicara, mengungkapkan pendapat, dan gagasannya di kelas.
  • Siswa-siswa akan menyadari bahwa belajar di dalam kelas seharusnya itu bukan secara individual atau semata dari guru saja, tetapi belajar itu dapat dari siapa saja (bahkan semua siswa yang ada di dalam kelas) karena mereka akan belajar banyak terutama dari anggota kelompoknya.
  • Pembelajaran berbasis inkuiri adalah pembelajaran yang luar biasa karena mampu membuat siswa untuk mengeksplorasi diri mereka sendiri.
  • Siswa akan selalu tertarik untuk mendengarkan siswa lainnya berbicara, mereka juga akan selalu tertarik untuk memahami fakta-fakta atau alasan-alasan apa yang digunakan untuk mendukung ide-ide atau jawaban siswa lain tersebut.
  • Siswa akan menyadari bahwa dengan mendengarkan ide atau gagasan atau jawaban dari siswa lain, maka ia akan dapat menghubungkan, membandingkan, dan memperbaiki ide atau gagasan atau jawabannya sendiri.
  • Bapak dan ibu guru akan menjadi guru yang hebat dan menginspirasi, karena melalui pembelajaran berbasis inkuiri guru tidak hanya mengajar dengan cara yang menyenangkan, tetapi juga dapat membuka wawasan dan pemikiran-pemikiran baru bagi para siswa.
  • Siswa akan belajar banyak, tidak hanya tentang pelajaran, tetapi juga menyangkut hal-hal yang berkaitan dengan pribadi siswa lainnya selama mereka berinteraksi secara intensif dalam proses pembelajaran.
  • Pembelajaran berbasis inkuiri adalah pembelajaran yang merangsang siswa berpikir dan rasa ingin tahu mereka sehingga mereka menjadi terlatih untuk memecahkan masalah.
  • Siswa akan menyukai guru yang menerapkan pembelajaran berbasis inkuiri karena dalam pembelajaran yang demikian, guru akan selalu berusaha memberikan cerita-cerita yang luar biasa dan menginspirasi kepada siswa.
  • Ketika sebuah pertanyaan berkualitas dilontarkan baik oleh guru (dan lebih bagus lagi bila oleh siswa), maka untuk mendapatkan jawaban terbaik adalah sangat wajar jika diperlukan lebih banyak waktu dan upaya dalam berpikir oleh siswa dan guru.
  • Bapak dan ibu guru, jika anda berhasil menanamkan rasa ingin tahu kepada siswa, maka tidak ada pengalaman belajar yang lebih baik dari pembelajaran itu.
  • Pembelajaran berbasis inkuiri sesungguhnya adalah pembelajaran yang bertujuan agar siswa menemukan sendiri jawaban-jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang mereka ajukan sebagai bentuk rasa ingin tahu mereka.
  • Melalui pembelajaran berbasis inkuiri, guru mengajak siswa menemukan pemecahan masalah, jawaban-jawaban pertanyaan yang sebelumnya mereka sangka takkan sanggup untuk dipecahkan atau dijawab.
  • Saat pembelajaran berbasis inkuiri yang bapak dan ibu guru laksanakan berjalan dengan baik, maka bapak dan ibu guru dapat melihat bahwa sesungguhnya semua siswa di dalam kelas itu ingin saling terhubung satu sama lain.
  • Pembelajaran berbasis inkuiri adalah pembelajaran dua arah: saya (dapat guru atau siswa) belajar dari mereka, dan mereka juga belajar dari saya.
  • Pembelajaran berbasis inkuiri sesungguhnya adalah pembelajaran tentang membangun untuk jadi siapa mereka (siswa) dan apa maknanya itu dalam konteks dunia nyata.
Itulah  beberapa fakta yang akan bapak dan ibu guru temukan dan sadari setelah melaksanakan pembelajaran berbasis inkuiri.

Baca juga : 
Mengapa Inkuiri itu Bagus untuk Belajar Siswa?
Prinsip-Prinsip Pembelajaran Berbasis Inkuiri 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...