Download Surat Edaran Mendikbud tentang Darurat Asap

Kabut asap yang disebabkan oleh kebakaran lahan dan diperparah oleh fenomena el nino yang terjadi di berbagai wilayah di Indonesia telah berlangsung selama berbulan-bulan (3 bulan lebih). Akibatnya pencemaran udara karena asap kebakaran lahan dan hutan ini mengganggu berbagai aktivitas masyarakat. Salah satu aktivitas penting yang sangat terimbas dari kabut asap ini adalah kegiatan belajar mengajar di sekolah. Begitu tingginya angka indeks pencemaran udara di sejumlah daerah membuat pemerintah menyatakan bahwa bencana ini sebagai darurat asap.

Pada bidang pendidikan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan telah mengambil kebijakan untuk menyikapi status Darurat Asap ini. Kemdikbud menganggap bahwa kesehatan adalah faktor yang paling penting yang harus dipertimbangkan. Diharapkan bahwa pihak-pihak terkait seperti sekolah, dinas pendidikan, guru dan stkaeholder lainnya dapat berinteraksi dengan baik untuk memberikan hak siswa untuk mendapatkan pembelajaran. Untuk kepentingan ini mendikbud Anies Baswedan telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 90623/MPK/LL/2015 tentang Penanganan Pendidikan pada Daerah Terdampak Bencana Asap yang ditujukan kepada Gubernur Provinsi, Bupati dan Walikota di seluruh Indonesia pada tanggal 23 Oktober 2015 lalu. (untuk mendownload Surat Edaran tentang Darurat Kabut Asap kami sediakan pada link di bawah tulisan ini).

Ada beberapa poin penting yang dijelaskan oleh surat edaran mendikbud ini. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Kriteria Modifikasi dan Inovasi Alat Peraga Prkatikum yang Baik

Pada pembelajaran IPA (kimia, fisika, biologi, atau IPA terpadu) di sekolah hampir selalu dilakukan kegiatan-kegiatan pembelajaran berbasis praktikum dan penggunaan alat peraga. Ketika alat peraga praktikum tidak tersedia di sekolah, atau rusak, atau karena alasan lainnya, maka sebaiknya guru melakukan suatu inovasi. Guru dapat melakukan inovasi dengan menciptakan model, alat pengganti, alat sederhana buatan sendiri, atau alat peraga lainnya yang. Atau paling tidak melakukan modifikasi terhadap alat peraga.

Beberapa Kriteria Alat Peraga Praktikum yang Baik

Lalu bagaimanakah kualitas suatu alat peraga praktikum hasil inovasi atau modifikasi guru dapat dikatakan mempunyai kualitas yang baik? Ada beberapa kriteria yang dapat diperhatikan untuk menilai seberapa bagus sebuah inovasi alat peraga praktikum, yaitu:

1. Kemudahan Cara/Teknologi

Suatu alat peraga praktikum dapat dikatakan memiliki kualitas yang baik apabila padanya terdapat kemudahan baik cara ataupun teknologi dibandingkan dengan alat peraga sejenisnya, atau alat peraga praktikum sebelumnya yang kemudian dimodifikasi oleh guru.

2. Efisiensi

Alat peraga praktikum hasil modifikasi atau inovasi murni ciptaan guru dikatakan berkualitas apabila memiliki tingkat efisiensi yang baik bila ditinjau dari aspek-aspek seperti waktu pembuatannya, biaya yang diperlukan untuk membuatnya, dan sebagainya.

3.Estetika

Ketika suatu alat peraga praktikum yang dimodifikasi guru atau dibuat dan diciptakan oleh guru secara orisinil dikatakan memiliki mutu yang baik, maka alat peraga praktikum tersebut harus memiliki kenyamanan saat dipakai dan tentu aspek keindahan (enak dipandang mata).

Rentang Nilai dan Grade UKG 2015 untuk Pelatihan

UPDATE: INFORMASI DILKAT GURU PEMBELAJAR ONLINE, PROGRAM KEMDIKBUD PASCA UKG 2015

UPDATE: CARA MELIHAT RAPORT UKG 2015 (MELIHAT NILAI UKG 2015)

UKG 2015 sudah tinggal 2 minggu lagi pelaksanaannya (9 - 27 November 2015). Sebagian besar guru telah men-download Kisi-Kisi UKG 2015 dari link-link resmi pada Situs milik Kemdikbud. Memang untuk persiapan mengikuti UKG sebaiknya para guru memiliki kisi-kisi sehingga mereka akan memiliki gambaran bagaimana bentuk soal-soal UKG 2015 yang akan diberikan nanti baik secara online maupun secara offline (manual).

Sebagaimana telah dipaparkan oleh Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (GTK Kemdikbud), Bapak Sumarna Surapranata bahwa nilai UKG 2015 akan dijadikan bahan untuk pemetaan (maping) kompetensi guru. Hasil maping akan digunakan untuk membuat rentang kompetensi guru. Berdasarkan rilis P4TK Matematika Yogyakarta di bulan Agustus lalu bahwa hasil UKG 2015 akan direntang menjadi 10 kategori. Adapun kategori-kategori tersebut akan menjadi basis pelatihan yang akan diikuti oleh guru-guru pasca mengikuti UKG.

10 Rentang nilai UKG itu dibagi-bagi lagi berdasarkan beberapa kategori berikut:
  • per mata pelajaran/paket keahlian tingkat nasional
  • per mata pelajaran/paket keahlian tingkat propinsi
  • per mata pelajaran/paket keahlian tingkat kabupaten/kota
  • per mata pelajaran/paket keahlian per jenjang tingkat nasional
  • per mata pelajaran/paket keahlian per jenjang tingkat propinsi
  • per mata pelajaran/paket keahlian per jenjang tingkat kabupaten/kota
Diklat yang akan diikuti pasca UKG 2015 akan disebut sebagai diklat PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan).

Baca Juga:
Solusi Belum Terdaftar Sebagai Peserta UKG 2015 Padahal Telah Mempunyai NUPTK
Standar Nilai UKG 2015 yang Diharapkan GTK Kemdikbud
Cara Download Karya Ilmiah dan Karya Inovasi Pembelajaran di Simposium Guru 2015
Cara Cek Jadwal UKG 2015 dan Tempat Pelaksanaan Secara Online
Cara Cek SKTP Pembayaran Tunjangan Profesi 2015

Solusi Tidak Terdaftar UKG 2015 Padahal Memiliki NUPTK

Pada rilis (siaran pers) Kemdikbud tertanggal 20 Oktober 2015, Santi Ambarukmi yang merupakan Kepala Sub Direktorat Perencanaan Kebutuhan Guru, Penguatan dan Kompetensi Pendidik Dirjen GTK Kemdikbud di situs kemdikbud.go.id menyebutkan bahwa sangat mungkin terdapat guru yang belum terdaftar untuk mengikuti UKG 2015.
informasi seputar solusi bagi guru ber-NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan) tetapi tidak terdaftar/terjadwalkan pada pelaksanaan UKG 2015
siap UKG 2015

Sebagaimana bapak dan ibu ketahui bahwa UKG 2015 bersifat wajib bagi guru-guru yang telah memiliki NUPTK. Tujuan dari UKG 2015 adalah untuk pemetaan kompetensi guru di seluruh Indonesia. Data akan digunakan untuk menyiapkan diklat yang sesuai dengan kebutuhan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) masing-masing guru. Dengan diperolehnya maping (pemetaan yang lengkap) maka diharapkan peningkatan profesionalitas guru di negeri ini akan semakin membaik.

Selain itu data hasil UKG yang diharapkan akan menyentuh 3 juta guru ini akan diolah untuk membandingkan disparitas antara guru-guru di Pulau Jawa dengan guru-guru di luar Pulau Jawa, membandingkan guru-guru di perdesaan dengan guru-guru di perkotaan. UKG 2015 akan dilangsungkan mulai tanggal 9 Nopember 2015 dan diharapkan selesai pada tanggal 27 November 2015. Untuk keperluan ini, pihak kemdikbud telah menyiapkan lebh dari 200 paket soal. Adapun teknik UKG 2015 dapat secara online maupun secara offline.

Lalu bagaimana solusi bagi bapak dan ibu guru yang belum terdaftar sebagai peserta UKG 2015 (tidak terjadwal dari tanggal 9-27 November 2015), maka dapat melapor ke dinas pendidikan setempat untuk didaftarkan oleh pihak dinas kepada kemdikbud, sebagaimana telah diungkapkan oleh Ibu Santi Ambarukmi dalam siaran pers tersebut. Penyebab kemungkinan tidak terdaftarnya guru ber-NUPTK sebagai peserta UKG dikarenakan data di DAPODIK belum diupdate atau ada kekeliruan.Solusi lainnya bagi guru yang tidak terdaftar pada UKG 2015 juga dapat berupa diikutkan UKG selanjutnya pada UKG 2016. Direncanakan oleh Direktorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bahwa UKG dilakukan setiap tahunnya.

Pada tiap ruangan TUK (Tempat Uji Kompetensi) tahun 2015, minimal akan ditampung 20 orang guru. Jumlah soal bervariasoi mulai dari 60 hingga 100 soal dengan durasi maksimal pengerjaan adalah 120 menit.
Latihan Soal UKG 2015 Secara Online Guru Kelas versi 1
Latihan Soal UKG 2015 Secara Online Guru Kelas versi 2
Latihan Soal UKG 2015 Secara Online Guru Kelas versi 3
Latihan Soal UKG 2015 Secara Online Guru Kelas versi 4
Latihan Soal UKG 2015 Secara Online untuk Semua Jenjang/Bidang Studi Indikator Penelitian Pendidikan/PTK

Berapa Standar Nilai UKG 2015 ?

Bapak dan ibu guru yang saat ini tengah bersiap-siap untuk mengikuti UKG 2015 (Uji Kompetensi Guru) pastinya telah menyiapkan diri sewajarnya, misalnya dengan memahami kisi-kisi UKG tahun 2015 dengan mendownloadnya pada situs-situs resmi milik Kemdikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) dalam hal Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK Kemdikbud).
harapan pemerintah akan rata-rata hasil nilai UKG tahun 2015 yaitu sebesar 5,5. Angka ini sedikit ditingkatkan dari rerata UKG 2012 yaitu sebesar 4,7.
kemdikbud mengharapkan rerata UKG 2015 adalah 5,5

UKG (Uji Kompetensi Guru) tahun 2015 memang diharapkan menunjukkan hasil yang lebih baik dibanding hasil yang telah diperoleh dari UKG sebelumnya (UKG tahun 2012). Jika pada tahun 2012 UKG yang diberikan kepada 1,6 juta guru dari berbagai tingkatan menunjukkan rata-rata nilai 4,7 maka pada UKG tahun 2015 ini diharapkan dari 3.015.315 guru yang mengikuti UKG nanti dapat mencapai nilai 5,5. Peserta UKG 2015 ini juga termasuk guru-guru yang telah mengikuti UKG pada tahun 2012 lalu.

Peningkatan rata-rata hasil UKG pada tahun 2015 ini wajar ditargetkan oleh kemdikbud karena guru-guru telah diberikan beragam pendidikan dan pelatihan (diklat) dalam berbagai bentuk dan durasi. Hasil UKG 2015 diharapkan akan dapat dijadikan bahan rujukan data untuk peningkatan kompetensi guru-guru ke depannya agar menjadi semakin membaik.

Download Ratusan Karya Inovasi dan Karya Tulis Ilmiah Di Simposium Guru 2015

Situs Simposium Guru 2015 Gudangnya Contoh Karya Tulis Inovasi dan Karya Tulis Ilmiah Bidang Pendidikan

Tahukah Bapak/Ibu guru dengan situs http://simposiumguru2015.kemdikbud.go.id ? Situs untuk pendaftaran bagi para praktisi dan pemerhati pendidikan untuk mendaftar acara Simposium Guru dan Tenaga Kependidikan tahun 2015 ini memuat ratusan karya inovasi dan karya tulis ilmiah yang dapat didownload tanpa batas dan gratis dengan hanya bermodalkan alamat email. Jadi, jika saat ini bapak dan ibu guru ingin memiliki ratusan contoh karya inovasi dan karya tulis ilmiah dalam bentuk makalah, dapat mendownloadnya pada situs tersebut. Mau tau caranya? Yuk disimak tutorialnya berikut ini.

Cara Download Karya Inovasi dan Karya Tulis Ilmiah Di Simposium Guru 2015

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mendownload karya tulis ilmiah dan karya inovasi guru yang jumlahnya ratusan di situs Simposium Guru dan Tenaga Kependidikan tahun 2015.
  • Pertama-tama bukalah situs Simposium Guru 2015 di alamat http://simposiumguru2015.kemdikbud.go.id melalui browser anda. Saya menggunakan browser Mozilla Firefox, tata cara untuk browser lain kurang lebih sama saja.
  • Ketika halaman situs Simposium Guru 2015 terbuka, perhatikan bagian atas-kanan halaman.
    langkah-langkah mendowmload ratusan karya tulis ilmiah dan karya inovasi pembelajaran dan bidang pendidikan di situs simposium guru 2015
    klik menu DAFTAR
  • Klik menu DAFTAR, maka bapak dan ibu guru akan dibawa ke bagian formulir pendaftaran.

Cara Memberikan Vote Dukungan untuk Calon Peserta Simposium Guru 2015

Proporsi Penilaian Lomba Karya Inovasi dan Karya Ilmiah di Simposium Guru 2015

Pada penghujung bulan November mendatang, atau tepatnya tanggal 24 - 25 November 2015, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Nasional (Dirjen GTK Kemdikbud) akan menghelat sebuah event besar Simposium Guru dan Tenaga Kependidikan tahun 2015 di Istora Senayan, Jakarta. Serangkaian dengan event itu juga digelar Lomba Karya Inovasi dan Karya Ilmiah untuk praktisi pendidikan (guru, kepala sekolah, pengawas, pamong belajar) yang akan memilih 200 pemenang. Penilaian lomba dilakukan dengan proporsi 60% penilaian akademik oleh juri dan 40% dari penilaian publik melalui sistem vote (dukungan).

berikut ini adalah langkah-langkah untuk memberikan vote atau dukungan kepada peserta lomba karya inovasi dan lomba karya ilmiah di situs simposium guru dan tenaga kependidikan tahun 2015
mau ikut mendukung peserta favorit anda di Simposium Guru 2015?

Jika dilihat dari proporsi untuk penilaian vote yang cukup besar (40%) maka anda dapat memberikan dukungan kepada sahabat, kolega, ataupun praktisi pendidikan yang telah mengirimkan karya ilmiah atau karya inovasinya di situs Simposium Guru 2015. Syaratnya anda harus mempunyai email untuk mendaftar sebagai pengunjung di situs tersebut, lalu anda akan dengan mudah dapat memberikan vote (dukungan) untuk peserta yang anda unggulkan.

Cara Memberikan Vote (Dukungan) Kepada Peserta Lomba Karya Inovasi atau Karya Ilmiah di Simposium Guru 2015

Lalu bagaimana cara memberikan vote untuk kontestan atau calon peserta dukungan anda? Ikuti langkah-langkah berikut untuk memberikan dukungan kepada mereka.

PUPNS 2015 Cara Mengisi Data Diklat Fungsional

PUPNS 2015 Cara Pengisian Data Diklat Fungsional Dipermudah

Saat ini pengisian Data Riwayat untuk bagian Data DIKLAT FUNGSIONAL lebih dipermudah, karena salah satu isian formulir dihapus dari sistem yang semula menjadi masalah saat para Aparatur Sipil Negera (ASN) atau PNS ingin mengisi data diklat fungsional tersebut. Isian formulir yang dihilangkan pada halaman Data Riwayat Diklat Fungsional adalah data JENIS DIKLAT, di mana saat PUPNS diluncurkan masih memuat item tersebut. Pengisian Data Riwayat Diklat Fungsional kini sangat mudah.

artikel ini menjelaskan cara pengisian data riwayat diklat fungsional pada PUPNS 2015 (Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil) di Database BKN
Diklat Fungsional di PUPNS 2015

Data dari Bahan/Dokumen yang Anda Perlukan untuk Pengisian Data Riwayat Diklat Fungsional di PUPNS 2015

Bahan dokumen yang PNS perlukan untuk mengisi Data Riwayat Diklat Fungsional hanyalah sertifikat, STTPL (Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Latihan), atau piagam yang diberikan oleh penyelenggara diklat. Adapun data yang dibutuhkan untuk pengisian meliputi:
  • Tipe Diklat Fungsional (ada 2 pilihan yaitu Formal dan Non Formal). Kebanyakan diklat fungsional yang diikuti oleh PNS adalah diklat non formal. Salah satu ciri penting dari diklat non formal adalah diklat non formal tidak wajib diikuti oleh seluruh PNS. Sedangkan diklat fungsional yang sifatnya formal adalah diklat fungsional yang wajib untuk dijalani (diikuti) oleh PNS misalnya Diklat Prajabatan. Kita tahu, semua PNS harus mengikuti Diklat Prajabatan sebelum dapat diangkat menjadi PNS dari seorang CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil).
  • Nama Diklat. Untuk pengisian nama diklat, anda dapat langsung mencantumkan nama diklat yang tertera pada dokumen sertifikat, STTPL, atau piagam yang diperoleh setelah mengikuti diklat fungsional tersebut.

Cara Cek Jadwal UKG 2015 Melalui Info GTK

Jadwal UKG 2015 (Uji Kompetensi Guru tahun 2015) Telah Mulai Ditetapkan Di Situs Info GTK Kemdikbud

Rabu (21 Oktober 2015) ketika mengecek situs info.gtk.kemdikbud.go.id ternyata jadwal UKG 2015 serta TUK (Tempat Uji Kompetensi) untuk masing-masing guru telah mulai dirilis. UKG 2015 yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 hingga 27 Novemver 2015 dijadwalkan akan menyentuh 3.015.315 orang guru di seluruh penjuru nusantara. Sebagaimana yang telah disosialisasikan oleh pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam hal ini Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK Kemdikbud), bahwa hasil UKG 2015 akan digunakan untuk pemetaan kompetensi guru-guru kita.

Baca: UKG Tidak Ada Hubungannya dengan Tunjangan Profesi Guru

Cara Cek Jadwal dan TUK UKG 2015 di Info GTK Kemdikbud

Bagi bapak dan ibu guru yang ingin mengecek secara online jadwal dan tempat uji kompetensinya masing-masing dapat mengikuti tutorial berikut yang diberikan langkah-per-langkah. Ayo disimak.
  • Buka halaman Info GTK di alamat http://info.gtk.kemdikbud.go.id. Tampilannya adalah sebagai berikut.
  • artikel ini menjelaskan langkah-langkah untuk mengecek jadwal dan tempat pelaksanaan (TUK) untuk UKG 2015 di bulan novermber 2015 mendatang
    link alternatif untuk login ke info GTK
  • Karena server sedang dalam pemeliharaan, maka bapak atau ibu guru akan dibawa ke halaman yang akan menyediakan link alternatif untuk masuk ke halaman tersebut. Adapun link-link tersebut adalah sebagai berikut: http://223.27.144.195:8081/info/ , http://223.27.144.195:8082/info/ , http://223.27.144.195:8083/info/ , http://223.27.144.195:8084/info/ , atau http://223.27.144.195:8085/info/

Cara Cek SKTP 2015 - SK Tunjangan Profesi Guru

SKTP 2015 untuk Pencairan TPG (Tunjangan Profesi Guru) Sudah Mulai Diterbitkan 

Beberapa waktu yang lalu di blog ini telah coba dijelaskan berdasarkan rilis yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK Kemdikbud) bahwa Guru kini telah mulai dapat mengecek Validasi Data Guru di Dapodik yang sangat berkaitan dengan pencairan aneka tunjangan untuk guru seperti tunjangan profesi guru (TPG) untuk guru bersertifikat pendidik. Kini, saya akan mencoba memaparkan bagaimana cara mencek apakah SKTP tahun 2015/2016 Semester 1  (SK Tunjangan Profesi) yang sangat berkaitan dengan proses pencairan tunjangan sertifikasi tersebut untuk para guru.

Cara Cek SKTP (SK Tunjangan Profesi) untuk Guru Bersertifikat Pendidik

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengecek apakah SKTP (SK Tunjangan Profesi) Bapak/Ibu guru telah diterbitkan oleh Dirjen GTK Kemdikbud.
  • Masuklah ke halaman http://info.gtk.kemdikbud.go.id
  • Jika situs sedang dalam maintenance, maka anda akan dibawa ke halaman berikut, yang mencantumkan 5 buah link alternatif dengan alamat masing-masing http://223.27.144.195:8081/info/ , http://223.27.144.195:8082/info/ , http://223.27.144.195:8083/info/ , http://223.27.144.195:8084/info/ , atau http://223.27.144.195:8085/info/
  • Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengecek apakah SKTP (SK Tunjangan Profesi) Bapak/Ibu guru telah diterbitkan oleh Dirjen GTK Kemdikbud.
    tampilan situs info.gtk.kemdikbud.go.id yang sedang dalam maintenance
  • Silakan klik salah satu dari 5 link alternatif yang diberikan tersebut.
  • Akan terbuka halaman info GTK untuk melakukan login. Lihat bagian kiri atas halaman. Tampilannya seperti berikut.

Download Ebook PUPNS 2015 dari BKN

3 Buku Petunjuk PUPNS Memudahkan Pemahaman dan Melakukan Pendataan Ulang di Sistem e-PUPNS 2015

Mengerjakan pendataan ulang bagi PNS (Pegawai Negeri Sipil) di situs PUPNS 2015 (http://pupns.bkn.go.id/) memang susah-susah gampang. Pengisian dan pengeditan data masing-masing PNS yang harus dilakukan sendiri oleh para pegawai negeri sipil ini tentu akan menemui kendala jika yang bersangkutan belum membaca buku pedoman atau panduan yang diberikan oleh BKN (Badan Kepegawaian Negara) Pusat. Saat situs pendataan ulang PNS diluncurkan, maka BKN juga menerbit buku panduan dalam bentuk file pdf yang dapat didownload secara bebas dan gratis di situs http://bkn.go.id
Link download buku petunjuk pengguna, buku petunjuk sistem helpdesk, dan buku petunjuk admin instansi langsung dari situs resmi bkn pusat
membaca buku petunjuk PUPNS akan sangat membantu

Pada kenyataannya, memang masih banyak PNS yang tidak mempunyai buku panduan registrasi, hingga pengeditan data dan mekanisme yang dirancang oleh BKN untuk memperbaharui database kepegawaian mereka. Akibatnya kebingungan melanda sejumlah PNS yang akan melakukan pendataan ulang ini. Buku panduan yang diterbitkan oleh BKN Pusat ada 3 macam, meliputi : (1) Buku Petunjuk Pengguna Sistem Pendataan Ulang PNS Elektronik (ePUPNS); (2) Buku Petunjuk Pengguna Sistem Helpdesk Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil Elektronik(e-PUPNS); dan (3) Buku Petunjuk Admin Instansi Sistem Pendataan Ulang PNS Elektronik (e-PUPNS).

Download Buku Petunjuk e-PUPNS 2015 dari Link Situs Resmi BKN

Ketiga buku panduan atau buku petunjuk untuk pengguna itu dapat didownload pada situs resmi BKN Pusat melalui link berikut:
1. Download Buku Petunjuk Pengguna Sistem PUPNS Elektronik (e-PUPNS).
2. Download Buku Petunjuk Pengguna Sistem Helpdesk PUPNS Elektronik (e-PUPNS)
3. Download Buku Petunjuk Admin Instansi Sistem PUPNS Elektronik (e-PUPNS)


Pdf Aid - Solusi Utak-Atik File Pdf Secara Online

Bapak dan ibu guru mungkin saat ini sedang berkutat dengan sebuah file pdf, atau berupaya menconvert file berformat tertentu ke format pdf. Sepertinya, ulasan ini cocok untuk anda baca. Tulisan ini adalah sebuah review website yang memberikan layanan untuk mengutak-atik file pdf secara gratis dan online. Website ini adalah milik +Gurla Prasad  yang beralamat di http://www.pdfaid.com/ Jika anda sedang bekerja dengan file berformat pdf seperti:

anda sedang mencoba mengutak-atik file pdf untuk diconvert menjadi file dengan format lainnya, atau sebaliknya? mungkin online tool yang disediakan Pdf Aid dapat membantu anda
solusi file pdf di Pdf Aid
  • convert file berformat word ke file berformat pdf
  • convert file berformat pdf ke file berformat docx 
  • convert file berformat pdf ke file berformat doc
  • menambahkan watermark ke file pdf
  • mengubah file gambar menjadi file pdf
  • convert HTML ke format pdf
  • mengekstrak gambar
  • menggabungkan beberapa file pdf menjadi sebuah file pdf
  • memisahkan atau membagi sebuah file pdf menjadi beberapa file pdf
  • convert Xps ke format pdf
  • merotasi (mengubah orientasi) halaman-halaman file berformat pdf
  • convert file berformat Svg ke format pdf
  • convert file berformat Ps ke format pdf
  • covert file berformat Eps ke format pdf
  • convert file berformat Xps ke format docx
  • convert file berformat pdf ke HTML
  • convert file pdf ke txt
  • convert file pdf ke jpg
  • convert file format Tiff ke pdf
  • convert file berformat pdf ke Tiff
  • convert file berformat doc ke jpg
  • convert file berformat jpg ke file berformat doc
  • convert file word ke HTML
  • convert file excell ke pdf
  • convert file Epub ke format pdf
  • convert file DWG ke format pdf
  • convert file RTF ke pdf
  • memperbaiki file pdf yang rusak
  • compress file pdf
  • menskala ulang halaman-halaman pdf
  • word extract gambar

Mengenal Prezi - Software Presentasi dan Tool untuk Storytelling

Anda mungkin sudah sering membuat media presentasi. Ada berbagai macam software dan aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat media presentasi yang menarik. Salah satunya adalah prezi dari www.prezi.com. Prezi merupakan sebuah software yang telah dikembangkan semenjak tahun 2009 oleh Adam Somlai-Fischer, Peter Arvai dan Peter Halacsy. Tahukah anda bahwa software ini bisa membantu anda untuk membuat sebuah media presentasi yang sangat menarik dan cantik?

artikel tentang www.prezi.com sebuah website yang menyediakan software untuk membuat media presertasi dan tool untuk storytelling, dapat digunakan oleh guru untuk membuat media pembelajaran secara gratis (freemium).
mau buat presentasi di prezi?

Prezi adalah software untuk membuat media presentasi dan tool untuk storytelling yang berbasis teknologi cloud. Prezi menyediakan kanvas virtual untuk para penggunanya. Salah satu kemampuan yang dimiliki prezi adalah adanya fasilitas zooming user interface (ZUI) yang membuat presentasi dapat dizoom dan dinavigasikan dengan cara yang unik dan cantik. Navigasi dapat dibuat karena prezi memiliki tool dan palette yang memungkinkan penggunanya melakukan rotasi kanvas presentasi, me-resize, menampilkan video, dan sebagainya.

Tips Agar Sukses Mengikuti UKG 2015

Tidak sampai sebulan lagi Uji Kompetensi Guru tahun 2015 (UKG 2015) akan digelar. Tepatnya mulai tanggal 9 sampai dengan 27 November 2015. Sudahkah anda mempersiapkan diri untuk menghadapainya? Walaupun Kemdikbud mengatakan bahwa UKG 2015 hanya dimaksudkan untuk pemetaan kompetensi guru di seluruh wilayah Indonesia. Pada tulisan kali ini akan diberikan tips agar anda dapat sukses mengikuti UKG 2015 mendatang. Ayo disimak.
Baca Juga: UKG 2015 Tak Ada Hubungannya dengan Tunjangan Profesi.

Tips Sukses Uji Kompetensi Guru (UKG) Tahun 2015

Setelah di tahun 2012 lalu dilaksanakan UKG untuk lebih dari 1,6 juta guru, kini UKG 2015 akan diikuti oleh guru dalam jumlah 2 kali lipatnya (lebih dari 3 juta guru). Agar dapat sukses mengikuti UKG 2015 ini, tips-tips berikut mungkin dapat dipertimbangkan untuk dilakukan:
Baca Juga: Siap Digelar UKG 2015 untuk 3.015.315 Orang Guru

Tips 1 . Persiapkan Fisik dan Mental

Kondisi fisik dan mental yang prima akan membantu bapak dan ibu guru untuk lebih baik dalam menghadapi UKG 2015 (Uji Kompetensi Guru tahun 2015). Jagalah kesehatan dengan istirahat yang cukup sehingga pada saat jadwal anda mengikuti UKG, anda dapat berhadir dalam kondisi fit.
berikut ini adalah beberapa tips yang dapat bapak ibu guru lakukan sebelum mengikuti UKG 2015, semoga dengannya bapak ibu guru memperoleh skor UKG yang bagus
tips-tips sukses UKG 2015

Tips 2. Perhatikan Jadwal UKG Anda

Masing-masing guru mungkin memiliki penjadwalan pelaksanaan UKG online yang berbeda-beda. Setiap TUK (Tempat Uji Kompetensi) memiliki kapasitas yang terbatas untuk menampung peserta UKG 2015. Oleh karena itu penjadwalan diatur dengan sangat ketat agar semua guru yang berada dalam lingkung TUK tersebut dapat mengikuti UKG 2015 secara online. Pastikan anda mengecek kembali kapan jadwal UKG anda sendiri melalui situs http://sergur.kemdiknas.go.id dan mengecek ulang di TUK atau Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota di tempat anda masing-masing. Catat jadwal hari, tanggal. dan gelombang berapa anda dijadwalkan mengikuti UKG 2015.

Tips 3. Pahami Kisi-Kisi UKG 2015 Bidang Anda

Setiap guru tentunya mempunyai bidang keahlian masing-masing. Untuk guru bersertifikat pendidik, mereka akan diuji sesuai dengan mata pelajaran yang tertera pada sertifikat pendidiknya. Sementara untuk guru belum bersertifikat pendidik akan diuji berdasarkan ijazahnya (program studinya) ketika diterima sebagai guru. Nah, untuk setiap bidang studi atau mata pelajaran ini telah disediakan kisi-kisi UKGnya oleh pihak Dirjen GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) Kemdikbud. Download dan print kisi-kisi UKG 2015 anda, kemudian print. Selanjutnya pahamilah apa kandungan setiap butir kisi-kisi UKG 2015 pada bidang studi/mata pelajaran anda tersebut. Download Kisi-Kisi UKG 2015 dari Situs-Situs Resmi Kemdikbud Di Sini.

UKG 2015 Tak Ada Hubungannya dengan Tunjangan Profesi

Uji Kompetensi Guru tahun 2015 dan Kekhawatiran Para Guru

Setelah pihak Kemdikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) menyosialisasikan UKG 2015 (Uji Kompetensi Guru tahun 2015), banyak guru yang gelisah. Kegelisahan mereka cukup beralasan karena ada segelintir media online yang mengaitkan skor UKG 2015 yang rendah dengan tunjangan kinerja pegawai yang akan ikut rendah atau tunjangan profesi yang akan dihapuskan. Isu ini tentunya sangat mempengaruhi psikis para guru di pelosok tanah air.

Baca Juga: Cara Mengecek Apakah SK Tunjangan Profesi Guru (TPG) Anda Telah Diterbitkan oleh GTK Kemdikbud untuk Proses Pencairan?

Benarkah Skor UKG yang Rendah Berimbas pada Dihentikannya Tunjangan Profesi?

Para guru penerima tunjangan profesi (atau guru bersertifikat pendidik) banyak yang menjadi khawatir bahkan takut mengkuti UKG 2015 ini. Uji kompetensi khusus untuk guru yang memiliki NIP (Nomor Induk Pegawai) atau NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan) ini akan menyasar 3.015.3.15 orang guru. Jumlah ini jauh lebih besar dibanding guru yang diikutkan pada UKG sebelumnya (UKG tahun 2012) yang hanya menyasar 1,6 juta guru. Jadi nanti di bulan November 2015 mendatang, jumlah guru yang mengikuti UKG sekitar dua kali lipat UKG 2012. Menilik skor yang diperoleh para guru yang mengikuti UKG 2012, diperoleh data yang sangat memprihatinkan, di mana rerata UKG jauh dari harapan Kemdikbud. Bahkan hanya 192 guru dari 1,6 juta guru yang berhasil meraih skor lebih dari 90. Ketakutan paling utama adalah karena guru takut tunjangan profesi mereka ditangguhkan padahal telah melaksanakan segala persyaratan yang diharuskan gara-gara nilai UKG mereka rendah.

UKG 2015 ternyata sama sekali tak ada hubungan dengan tunjangan profesi guru. UKG 2015 hanya digunakan data atau skornya untuk pemetaan kompetensi yang dimiliki guru untuk memudahkan pembinaan dan pengembangan kompetensi guru
UKG 2015 ada hubungannya dengan Tunjangan Profesi?

Pihak Kemdikbud telah berupaya melakukan sosialisasi melalui berbagai rilis (siaran pers) untuk melegakan kekhawatiran para guru. Kemdikbud telah menyatakan bahwa serendah apapun nilai UKG 2015 tidak akan berimbas pada tunjangan profesi yang berhak mereka terima. Begitupun tunjangan-tunjangan lainnya.

Cara Mendaftar Simposium Guru Tingkat Nasional tahun 2015 untuk Peserta Umum

UPDATE.... DOWNLOAD PEDOMAN (PANDUAN PELAKSANAAN SIMPOSIUM GTK 2016)

Sekarang anda telah dapat mendaftar SIMPOSIUM GTK 2016. Download Panduannya dengan Mengklik LINK Di atas! 

1.000 Kouta untuk Peserta Simposium Guru dan Tenaga Kependidikan Tingkat Nasional Tahun 2015

Apakah anda anggota masyarakat yang peduli dengan pendidikan, praktisi pendidikan, atau LSM yang bergerak di bidang pendidikan? Tahukah anda pada tanggal 24 sampai dengan 25 November 2015 akan digelar Simposium Guru dan Tenaga Kependidikan Tingkat Nasional tahun 2015 bertempat di Istora Senayan Jakarta? Jika anda ingin, anda dapat mendaftarkan diri sebagai calon peserta simposium. Ada 1.000 kouta untuk peserta umum. Di simposium ini akan dibahas isu-isu pendidikan nasional terkini serta kemungkinan solusinya. Pendaftaran calon peserta umum ini dilakukan secara online di situs http://simposiumguru2015.kemdikbud.go.id/ Berikut ini kami akan membagi bagaimana cara mendaftar sebagai peserta dari jalur umum. Silakan disimak langkah-langkahnya.
Cara Mendaftar Simposium Guru Tingkat Nasional tahun 2015 untuk Peserta Umum
logo simposium guru 2015

Cara Mendaftar Menjadi Peserta Jalur Umum di Simposium Guru dan Tenaga Kependidikan Tingkat Nasional Tahun 2015

Berikut ini tata cara mendaftar di Simposium Guru dan Tenaga Kependidikan Tahun 2015 untuk Peserta Jalur Umum:

Cara Mendaftar Simposium Guru Tingkat Nasional Tahun 2015 Jalur Karya

UPDATE TERBARU!
DOWNLOAD PEDOMAN PELAKSANAAN SIMPOSIUM GTK 2016 dengan mengklik LINK ini!
Simposium GTK 2016 atau dulu disebut Simposium Guru telah mulai diumumkan pelaksanaannya, segera buat karya tulisnya dan pahami dulu pedomannya dengan mendownload panduan Simposium GTK 2016

Simposium Guru Tingkat Nasional 2015 Bertepatan dengan Peringatan Hari Guru Nasional


Tanggal 24 - 25 November nanti akan ada sebuah event besar yang digelar Kementerian Pendidikan Nasional. Event ini akan menyertakan 8.000 guru dari seluruh Indonesia dan dilaksanakan di Istora Senayan Jakarta, bertepatan dengan peringatan Hari Guru Nasional. Jika anda tertarik untuk ikut dalam acara ini, maka anda dapat mengikuti alur pendaftaran peserta dengan mengirimkan karya tulis ilmiah atau inovasi pembelajaran. Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dirjen GTK), Bapak Sumarna Surapranata menjelaskan akan ada 7.000 guru yang akan menjadi peserta dari jalur karya tulis ilmiah atau inovasi pembelajaran ini, sekaligus mengikuti lomba. Sisanya, 1.000 orang dijatahkan untuk masyarakat umum yang mendaftarkan diri. Sungguh, ini adalah event yang luar biasa besar yang digelar oleh Kemdikbud di tahun 2015 ini. Baca paragraf terakhir dari rilis kemdikbud ini di http://kemdikbud.go.id/kemdikbud/berita/4706

tata cara, persyaratan, dan format karya tulis ilmiah atau karya inovatif untuk mendaftar di simposium guru tingkat nasional tahun 2015
ayo ikutan Simposium Guru Tingkat Nasional 2015

Persyaratan Peserta dan Hadiah untuk Pemenang

Dari 7.000 peserta untuk kouta dari jalur karya tulis ilmiah dan inovasi pembelajaran ini akan dipilih 200 peserta sebagai pemenang. Para pemenang akan mendapatkan beragam hadiah yang luar biasa berupa:
  • Sertifikat dari Presiden RI
  • Beasiswa S2
  • Magang ke Luar Negeri selama 3 bulan, 1 bulan, atau 2 minggu
  • Gratis ke Luar Negeri dengan fasilitas Garuda Mileage untuk meningkatkan kompetensi dengan mengikuti workshop, seminar, diklat, dan sejenisnya
  • Laptop
  • Uang Tunai dan Non Tunai
  • Hadiah menarik lainnya
  • 10 Peserta Terbaik akan memaparkan karyanya pada acara puncak simposium

Untuk seluruh peserta, akomodasi, transportasi dan konsumsi akan ditanggung oleh Panitia Simposium Guru tingkat Nasional tahun 2015.

Pendaftaran Peserta dilakukan melalui situs ditutup pada tanggal 10 November 2015.

Siap Digelar UKG 2015 untuk 3 Juta Guru

Sekarang sudah pertengahan bulan Oktober, sebentar lagi guru-guru di seluruh pelosok tanah air akan mengikuti UKG 2015 (Uji Kompetensi Guru tahun 2015). Berbagai persiapan telah dilakukan oleh pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam hal ini Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK Kemdikbud). Sekolah-sekolah ataupun Dinas Pendidikan di level Kabupaten/Kota dan sekolah-sekolah yang akan dijadikan Tempat Uji Kompetensi (TUK). Lalu bagaimana dengan para guru calon peserta Uji Kompetensi Guru tahun 2015 (UKG 2015)?
Baca Juga: Cara mengecek SK Pencairan Tunjangan Profesi Guru di Info GTK Kemdikbud

200 Paket Soal UKG, 3.015.315 Guru, dan 5.600 lebih TUK

UKG 2015 akan dilakukan dengan lebih banyak guru, baik yang telah bersertifikat pendidik maupun yang belum bersertifikat pendidik. Syaratnya, mereka harus memiliki NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan). Pihak Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kemdikbud saat ini telah merampungkan 200 paket soal untuk UKG 2015. Soal-soal ini dikembangkan oleh beberapa institusi yang berkaitan dengan guru dan tenaga kependidikan, dalam hal ini P4TK dan LP3TK KPTK (Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi) serta Puspendik (Pusat Penilaian Pendidikan), dosen, dan ahli dari perusahaan-perusahaan yang ditunjuk khusus untuk pengembangan soal untuk UKG guru SMK.
info UKG (Uji Kompetensi Guru) tahun 2015 mendatang
informasi UKG 2015

Saat ini sedang disiapkan 5.600 lebih Tempat Uji Kompetensi (TUK) 2015. Diharapkan jumlah TUK yang besar itu dapat mengakomodasi 3.015.315 orang guru yang diwajibkan mengikuti UKG 2015 ini.

UKG 2015 Online dan Offline

Seperti UKG yang lalu, maka UKG 2015 juga dilaksanakan dengan 2 teknik, yaitu online dan offline. Kemungkinan, UKG offline lebih banyak digunakan karena besarnya hambatan konektivitas internet di seluruh pelosok tanah air dan kurangnya fasilitas yang memadai. Walaupun saat ini belum dilakukan, pihak Direktorat Jenderal GTK Kemdikbud menargetkan UKG nantinya akan

Jadwal Login PUPNS 2015 untuk Mengatasi Server Overload

Server PUPNS Overload Traffic Sehingga Sulit Diakses

Masih kesulitan mengakses dan mengisi data di PUPNS 2015? Memang banyak sekali kendala yang dihadapi PNS (Pegawai Negeri Sipil) dalam registrasi dan pengisian data di PUPNS (Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil) tahun 2015 untuk melengkapi data mereka di database BKN (Badan Kepegawaian Negara). Permasalahan yang dialami bermacam-macam, mulai dari tidak adanya jaringan internet bagi rekan-rekan PNS yang ada di daerah-daerah terpencil, hingga masalah pada server PUPNS 2015 milik BKN sendiri.

Besarnya jumlah PNS yang diwajibkan untuk melakukan pendataan ulang ini dengan waktu yang sangat terbatas membuat server PUPNS mengalami overload traffic (kelebihan kapasitas pengunjung). Akibatnya server sering down dan para PNS kesulitan mengaksesnya, atau kalaupun bisa sampai halaman depan, mereka gagal melakukan login dan harus mengisi data berulang-ulang karena setelah di SAVE, data yang baru diinput gagal tersimpan di server PUPNS 2015. Hal ini tentu membuat rekan-rekan PNS mengeluh. Keluhan ini tentu sangat manusiawi karena mereka banyak menghabiskan waktu, tenaga, dan mungkin biaya untuk mengisi dan mengupdate data di BKN.

Jadwal Login PUPNS 2015 untuk Mengatasi Server Overload
jadwal LOGIN di PUPNS per region BKN

Untuk mengatasi hal tersebut SATGAS PUPNS 2015 akhirnya menerima usulan sebagian PNS (Pegawai Negeri Sipil) yang meminta dibuatkan penjadwalan untuk login per daerah (area). Beberapa hari yang lalu, server PUPNS telah diatur sehingga untuk login harus menyesuaikan dengan wilayah kerja dari PNS yang bersangkutan. Sampai kapan penjadwalan untuk login ini dilakukan? Masih belum ada pernyataan dari pihak Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengenai penjadwalan ini.

Jadwal LOGIN PNS di PUPNS 2015 Dibagi Per Wilayah (Region BKN)

Jadi, kini, para PNS yang akan login dan memperbaiki database mereka di PUPNS 2015 harus login sesuai jadwal yang diberikan. Berikut ini adalah jadwal login yang diatur per regional (wilayah):

Mengatasi Data yang Salah dan Terkirim Turun Status PUPNS 2015

Cara Mengatasi Data PUPNS yang Salah dan terlanjur Di Kirim


Setelah di blog ini diberikan artikel tutorial tentang PUPNS 2015 (Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil tahun 2015) secara online oleh BKN (Badan Kepegawaian Negara), ternyata banyak juga pembaca yang mengalami masalah telah dikirimnya data PUPNS padahal setelah dicek ulang data yang dikirim itu ada kesalahan. Kemudian PNS yang bersangkutan ingin dapat mengedit atau memperbaiki kembali data yang salah itu.

Adakah Solusi untuk Memperbaiki Data PUPNS yang Salah dan Telah Terkirim?

Untungnya, data PUPNS yang telah dikirim dapat diperbaiki dan diedit kembali oleh yang bersangkutan. Caranya adalah dengan menggunakan fasilitas yang disebut turun status.

Ketika data PUPNS telah dikirim, maka PNS yang bersangkutan tidak akan dapat melakukan proses edit lagi kecuali ia meminta untuk turun status. Caranya adalah dengan meminta bantuan Operator khusus yang ditugaskan untuk memberikan layanan TURUN STATUS ini pada para PNS yang telah mengirim data PUPNS mereka padahal data tersebut masih salah (keliru). Operator khusus ini disebut dengan istilah OPERATOR TURUN STATUS yang mana ia mempunyai kewenangan untuk melakukan rollback untuk data PNS yang telah terlanjur dikirim ke SKPD atau unit kerja PNS tersebut.

Bagaimanakah Caranya untuk Melakukan Turun Status untuk Memperbaiki Data yang Terlanjur Dikirim pada PUPNS 2015?

Jika anda adalah PNS yang sedang melakukan pendataan ulang di PUPNS dan telah mengirimkan data tersebut, tetapi ternyata belakangan diketahui ada data yang keliru, kurang atau ingin diubah, maka anda dapat melakukan turun status. Cara termudah adalah dengan menghubungi admin yang ada di instansi anda bekerja (misal di kantor dinas kab/kota atau di BKD -Badan Kepegawaian Daerah), untuk meminta langsung bantuan mereka, khususnya Operator Turun Status.

Lalu bagaimana jika lokasi anda berdomisili terlalu jauh atau ada hal-hal lain yang membuat anda sulit untuk mengubungi para admin Operator Turun Status ini? Maka anda dapat meminta bantuan melalui sistem helpdesk PUPNS 2015. Caranya adalah sebagai berikut:

Cara Mendaftar Program GGD (Guru Garis Depan)

Apakah itu Program Guru Garis Depan (GGD)?

Apakah anda baru lulus kuliah dan ingin mendapatkan pekerjaan mulia dengan gaji besar? Mungkin Program GGD (Guru Garis Depan) layak menjadi pertimbangan anda, utamanya bagi anda yang memiliki dedikasi dan keinginan untuk memajukan dunia pendidikan di negeri tercinta ini. Program Guru Garis Depan (GGD) ini adalah program resmi yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan oleh Mendikbud Anies Baswedan. Program ini dimaksudkan untuk mengisi kekosongan formasi guru di daerah-daerah terluar, tertinggal,  terdepan, perbatasan, dan terpencil di pelosok Indonesia. Telah banyak para lulusan LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan). Selain gaji besar yang ditawarkan, kesempatan untuk mengabdikan diri kepada bangsa tentunya yang mendorong para anak muda fresh graduate ini untuk ikutan mendaftar. Selain itu, beberapa di antaranya memiliki alasan lain seperti ingin lebih mengenal daerah-daerah lain di Indonesia yang sangat luas dan kaya ini.

Baca Juga:
Info Terbaru tentang Sertifikasi Guru 2016
Kini Bapak/Ibu Guru Telah Dapat Mencek Apakah SKTP untuk Pencairan Tunjangan profesi Tahun 2015/2015 untuk Semester 1 Sudah Diterbitkan Info GTK

Para peserta Program Guru Garis Depan mendapatkan kesempatan untuk mengisi formasi khusus CPNS dan tentunya kesempatan memperoleh tunjangan profesi serta tunjangan daerah terpencil. Itulah yang membuat para peserta Program GGD ini dapat memperoleh gaji yang besar.

tahapan-tahapan yang harus diikuti untuk mendaftar Program Guru Garis Depan (GGD) dan SM-3T (Sarjana Mengajar di daerah 3T: Terdepan, Terluar dan tertinggal) di kemdikbud
Program GGD (Guru Garis Depan) Kemdikbud

Syarat-Syarat untuk Mendaftar Program GGD (Guru Garis Depan) Kemdikbud

Beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh calon pelamar Program GGD:
  • Calon peserta Program Guru Garis Depan hanya dari lulusan LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan) seperti dari FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan), IKIP (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan), STKIP (Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan).
  • Lulus Seleksi
  • Mengikuti Prakondisi

Download Kisi-Kisi UKG tahun 2015

UKG Tahun 2015 (Uji Kompetensi Guru 2015) Siap Digelar

Sebentar lagi UKG tahun 2015 (Uji Kompetensi Guru tahun 2015) akan digelar. Kali ini akan melibatkan lebih banyak guru. Tujuan dari pelaksanaan UKG tahun 2015 ini sama seperti UKG sebelumnya yaitu untuk pemetaan kemampuan guru (baca: kompetensi guru) sebagai sebuah profesi. Baca informasi kami sebelumnya: Tidak Benar Tunjangan Profesi (Sertifikasi Guru) Dihapus.

Adapun inti dari Uji Kompetensi Guru tahun 2015 adalah menguji pengetahuan pedagogik dan subjek (materi ajar) yang dimiliki guru sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing. Diharapkan dengan pelaksanaan UKG tahun 2015 ini kembali, maka guru dapat terpetakan kemampuannya secara objektif apalagi ketika data yang diperoleh disandingkan dengan data PK Guru (Penilaian Kinerja Guru / PKG). Untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi UKG tahun 2015 pihak Kemdikbud telah menyediakan file-file berformat pdf untuk di download guru yang terjadwal dalam pelaksanaan UKG tahun 2015.  

cara mendownload dan link download kisi-kisi UKG 2015 (Uji Kompetensi Guru tahun 2015). Bersiap-siaplah menghadapi UKG karena sebentar lagi uji untuk pemetaan kualitas kompetensi guru ini akan digelar.
Download Kisi-Kisi UKG tahun 2015

Download Kisi-kisi UKG (Uji Kompetensi Guru) tahun 2015 melalui link http://gtk.kemdikbud.go.id/kisi-kisi-ukg/

Caranya :
  1. Buka halaman http://gtk.kemdikbud.go.id/kisi-kisi-ukg/
  2. Klik Link yang diberikan sesuai dengan bidang uji anda masing-masing.
  3. File diberikan dalam bentuk pdf.
Adapun bidang UKG yang diberikan kisi-kisinya pada website ini meliputi bidang uji:

Cara Mengetahui Fasilitas Kesehatan yang Masuk dalam BPJS Kesehatan

Fasilitas Kesehatan (Faskes) yang Masuk dalam Daftar BPJS Kesehatan

Ketika anda ingin mendaftarkan diri menjadi anggota BPJS Kesehatan, maka pada saat pengisian formulir pendaftaran anda akan diminta untuk mengisikan FasKes (Fasilitas Kesehatan) Primer yang anda inginkan. Begitu juga, anda harus menentukan FasKes Gigi (Fasilitas Kesehatan Gigi). Fasilitas Kesehatan primer merujuk pada Puskesmas atau Dokter, klinik, rumah sakit, dan apotik yang anda inginkan, sedangkan Fasilitas kesehatan gigi merujuk pada Dokter gigi. Untuk menentukan faskes mana yang anda pilih sebaiknya anda mempertimbangkan beberapa hal, seperti jarak tempat anda berdomisili dengan faskes-faskes tersebut serta kelebihan layanan yang mereka berikan.

Cara Mengetahui Daftar Faskes (Fasilitas Kesehatan) Umum dan Gigi yang Disediakan BPJS di Daerah Anda

Lalu, bagaimanakah caranya untuk mengetahui fasilitas kesehatan umum dan fasilitas kesehatan gigi yang masuk dalam daftar BPJS Kesehatan? Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengetahuinya.
  • Pertama-tama bukalah laman BPJS Kesehatan di http://bpjs-kesehatan.go.id
  • Kemudian klik menu bar berwarna biru tua yang ada di atas halaman yang bertuliskan LAYANAN.
  • Akan muncul menu drop down seperti gambar berikut:
  • Cara Mengetahui Fasilitas Kesehatan yang Masuk dalam BPJS Kesehatan
    pilih submenu Fasilitas Kesehatan
  • Selanjutnya pilihlah sub menu FASILITAS KESEHATAN

Hal yang Perlu Diketahui tentang Mendaftarkan Bayi di BPJS Kesehatan

Pendaftaran Bayi di BPJS Kesehatan

Jika anda adalah anggota BPJS Kesehatan dari golongan PBPU (Pekerja Bukan Penerima Upah), maka ketika anda memiliki bayi atau calon bayi yang masih dalam kandungan, dapat mendaftarkannya untuk memperoleh layanan BPJS Kesehatan. Perlu diingat bahwa golongan PBPU (Pekerja Bukan Penerima Upah) adalah pekerja di luar hubungan kerja, atau pekerja mandiri, atau pekerja lainnya yang bukan penerima upah. Secara rinci golongan PBPU ini dalam keanggotaan di BPJS Kesehatan meliputi pula warga negara asing yang bekerja di Indonesia paling singkat selama 6 (enam) bulan, investor, pemberi kerja, penerima pensiun PNS, anggota TNI, anggota Polri, pejabat negara yang berhenti dengan hak pensiun, janda, duda, anak yatim-piatu, veteran, perintis kemerdekaan, atau bukan pekerja lainnya yang sanggup membayar iuran.

cara dan syarat mendaftarkan bayi di BPJS Kesehatan untuk pekerja bukan penerima upah (PBPU)
info lebih lanjut hubungi BPJS Kesehatan di nomor ini

Tata Cara dan Syarat Pendaftaran Bayi di BPJS Kesehatan

Akan tetapi ada tata cara dan syarat-syarat tersendiri untuk melakukan pendaftaran kepesertaan bayi ke BPJS Kesehatan. Adapun tata cara dan syarat-syarat tersebut adalah sebagai berikut:
  • Seorang bayi telah dapat didaftarkan saat telah dapat dideteksi denyut jantungnya. Hal ini dapat dibuktikan dengan menyertakan Surat Keterangan dari Dokter .
  • Selanjutnya, pendaftar (ibu bayi) menentukan kelas perawatan (harus sama dengan kelas perawatan si pendaftar), atau ibu bayi yang bersangkutan.
  • Memberikan data-data yang sesuai dengan identitas peserta.

Cara Mendaftar BPJS Kesehatan untuk Pekerja Bukan Penerima Upah

Sekilas Tentang BPJS Kesehatan

Sudah tau apa itu BPJS Kesehatan? BPJS Kesehatan atau Badan penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan adalah sebuah BUMN nirlaba yang menyelenggarakan asuransi atau jaminan sosial dalam bentuk layanan kesehatan. Salah satu penggolongan peserta BPJS kesehatan adalah Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU). Masyarakat yang termasuk ke dalam golongan Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) merupakan para pekerja di luar hubungan kerja atau pekerja mandiri serta pekerja lainnya yang bukan penerima upah (demikian disebutkan dalam Undang-Undang No. 24 Tahun 2011, Peraturan Presiden No. 111 Tahun 2013, dan Peraturan Pemerintah No. 86 Tahun 2013).

3 Macam Jalur Pendaftaran BPJS Kesehatan untuk PBPU

Ada prosedur tersendiri bagi golongan masyarakat Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) yang akan melakukan pendaftaran ke BPJS Kesehatan ini. Prosedurnya memang berbeda pada setiap golongan. Jika nantinya penjelasan mengenai tata cara dan syarat-syarat pendaftaran ke BPJS Kesehatan yang kami berikan di sini kurang lengkap, anda dapat menghubungi Pusat Layanan Informasi BPJS Kesehatan di nomor 1500400. Atau anda dapat juga mendatangi langsung Kantor-Kantor Cabang BPJS Kesehatan terdekat di tempat anda.
Cara Mendaftar BPJS Kesehatan untuk Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU)
pusat layanan informasi BPJS Kesehatan

Ada 3 jalur yang dapat dilakukan oleh para Pekerja Bukan Penerima Upah untuk mendaftar BPJS Kesehatan:

Cara Mendaftar Asuransi BPJS Kesehatan

Sekilas tentang Asuransi BPJS Kesehatan

BPJS adalah singkatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. BPJS sebagai BUMN (Badan Usaha Milik Negara) menyelenggarakan asuransi atau jaminan soasial dalam bentuk kesehatan dan ketenagakerjaan. Pada tulisan kali ini kita akan mengkhususkan untuk membahas tentang bagaimana cara mendaftarkan diri dan keluarga untuk mempunyai asuransi kesehatan dari BPJS ini.

Dulunya, BPJS kesehatan lebih dikenal sebagai PT. ASKES (PT. Asuransi Kesehatan) yang khusus melayani PNS (Pegawai Negeri Sipil) dan Pensiunan PNS beserta keluarganya. Akan tetapi setelah disyahkannya Undang-Undang Nomor 24 tahun 2011 tentang BPJS, maka berubahlah PT ASKES Indonesia Persero ini menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan mulai tanggal 1 Januari 2014. Dan, sejak perubahan itu, maka BPJS Kesehatan tidak lagi hanya melayani asuransi kesehatan untuk PNS, anggota TNI/ POLRI, pesiunan beserta keluarganya, tetapi kini melingkupi seluruh rakyat Indonesia.

Sebagai BUMN yang bersifat nirlaba (tidak mencari keuntungan) BPJS Kesehatan diharapkan dapat membantu rakyat Indonesia yang membutuhkan pelayanan kesehatan dengan baik. Nah, untuk kepesertaan, diharapkan pada tahun 2019, seluruh warga negara Indonesia nantinya sudah menjadi anggota BPJS kesehatan ini. Asuransi dari BPJS kesehatan mengupayakan akan dapat menanggung semua jenis penyakit walaupun tentunya tetap melakukan upaya-upaya efisiensi dalam pelayanannya.

jenis keanggotan, syarat, dan cara mendaftar asuransi BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan melayani seluruh warga negara Indonesia

Jenis / Golongan Keanggotaan BPJS Kesehatan

Sebelum melangkah pada bagaimana cara mendaftarkan diri dan keluarga anda untuk menjadi anggota BPJS Kesehatan, baiknya kita kenali dulu 2 kelompok jenis anggota BPJS Kesehatan. Kedua kelompok ini akan berbeda dalam hal kewajiban dan syarat-syarat untuk menjadi anggota BPJS Kesehatan. Adapun ke-2 kelompok yang dimaksud adalah:

Cara Melipat Origami Anjing untuk SD

Origami Anjing yang Tampak Lucu 

Lanjut lagi dengan tutorial membuat origami, kali ini kita akan belajar membuat lipatan-lipatan untuk membentuk seekor anak anjing yang lucu. Lihatlah hasil akhirnya, bagus bukan? Anak-anak yang telah bersekolah  di SD kelas tinggi seperti kelas 4, 5 dan 6 telah dapat diajarkan origami ini. Langkah-langkahnya memang terkesan agak banyak, tapi sebenarnya lipatan-lipatan yang dilakukan sangat sederhana dan mudah untuk mereka hafalkan.

origami anjing ini sebenarnya cukup mudah walaupun menggunakan cukup banyak lipatan. hasilnya pun berupa origami anjing yang lucu. cocok untuk diajarkan pada anak-anak yang telah bersekolah di SD
origami anjing yang ini lucu banget kan?

Cara Melipat Origami Anjing untuk Anak-Anak SD

Mau tau bagaimana cara melipat origami ini? Silakan ikuti penjelasan beserta rangkaian gambar per langkah yang disertakan.
  •  Letakkan kertas origami double faces dengan posisi seperti gambar 1. Bagian yang berwarna ada di sebelah bawah, sedangkan bagian yang putih ada di sebelah atas.
  • Perhatikan gambar 2. Lipat kertas seperti gambar tersebut.

Origami Gajah yang Mudah untuk Anak TK

Origami Gajah yang Imajinatif

Origami kita kali ini adalah bentuk gajah. Gajah yang akan dibuat dari kertas origami ini hasilnya sangat imajinatif. Anak-anak akan dirangsang untuk berimajinasi dan membuat bayangan seekor gajah yang sedang duduk. Anak-anak TK akan sudah dapat menerka bentuk origami ini dengan melihat bentuk kepala, telinga dan belalainya, kemudian juga punggung gajah dan bagaimana caranya duduk. Lihatlah, langsung terbayang seekor gajah kan, kalau memandang origami ini?

origami gajah ini sangat mudah sekali dan sangat cocok untuk diajarkan kepada anak-anak usia 5 sampai 7 tahun yang masih duduk di taman kanak kanak (TK) dan sekolah dasar (SD) kelas 1. hanya diperlukan 4 kali lipatan saja pada kertas origami
origami gajah ini membuat imajinasi anak berkembang
Hanya diperlukan 4 kali melipat kertas dan tidak perlu harus terlalu memperhatikan presisi (ketepatan) pelipatan sudut atau sisi kertas origami. Penasaran bagaimana mudahnya origami gajah ini dibuat? Yuk disimak caranya beriut ini.

Cara Melipat Origami Gajah yang Mudah untuk Anak TK 

  • Pertama-tama siapkan kertas origami dengan permukaan yang berbeda warna. Misalnya pada origami berikut, saya menggunakan kertas berwarna morif garis abu-abu dengan sisi lainnya berwarna putih. Bagian sisi yang berwarna putih akan dijadikan bagian belakang (bawah) origami gajah ini. Oh ya, saya menggunakan kertas dengan ukuran 16 cm x 16 cm.
  • Letakkan kertas origami dengan sisi warna putih di sebelah atas (seperti gambar 1)

Informasi Terbaru tentang Sertifikasi Guru tahun 2015

Sudah mengunjungi laman Informasi Sertifikasi Guru milik Kemdikbud belum? Alamat situsnya di http://sergur.kemdiknas.go.id/

Ada beragam informasi yang akan anda dapatkan (jika anda seorang guru) kalau mampir ke laman tersebut. Situs resmi tentang Informasi Sertifikasi Guru milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini setidaknya memuat 4 informasi utama, yaitu:
  • Pedoman UKA (Uji Kompetensi Awal) tahun 2015
  • Kisi-Kisi Materi UKG (Uji Kompetensi Guru) tahun 2015
  • Daftar Calon Peserta Sertifikasi Guru tahun 2015
  • Buku 1. Pedoman Penetapan Peserta Sertifikasi Guru
Informasi Terbaru tentang Sertifikasi Guru tahun 2015 1
laman Informasi Sertifikasi Guru tahun 2015
Baiklah, sekarang mari kita ulas lebih dalam tentang keempatnya.

Pedoman UKA (Uji Kompetensi Awal) Tahun 2015

Pada home page situs Informasi Sertifikasi dengan alamat seperti tercantu di atas, disediakan link download. Perhatikan gambar di atas, ada 4 baris kalimat berwarna biru. Tulisan palig atas jika diklik kiri akan membawa anda menuju halaman untuk mendowload buku pedoman Uji Kompetensi Awal (UKA) tahun 2015. Ada 2 file ebook (format pdf) yang disediakan di sini, yaitu Buku 1 Tahun 2015, dan Pedoman UKA 2015.

Download Kisi-Kisi Materi UKG tahun 2015

Pada laman Informasi Sertifikasi Guru, anda dapat mendownload kisi-kisi materi uji kompetensi guru (UKG) tahun 2015. Caranya:
  • Buka laman Informasi Sertifikasi Guru di http://sergur.kemdiknas.go.id/
  • Klik tulisan berwarna biru baris kedua yang bertuliskan "Kisi-Kisi Materi UKG tahun 2015"
  • Maka akan terbuka halaman baru seperti gambar berikut:
  • Informasi Terbaru tentang Sertifikasi Guru tahun 2015 2
    cara memilih materi soal UTN PLPG pada sertifikasi guru 2015
  • Selanjutnya klik tulisan "pilih materi"
  • maka akan muncul pilihan berupa menu dropdown tentang kisi-kisi materi UKG tahun 2015 yang sesuai untuk anda seperti gambar berikut.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...