Apa Saja Ciri-Ciri Kelas yang Aktif Belajar?

Semua guru yang sedang mengajar tentunya ingin kelas yang diampunya akatif dalam kegiatan pembelajaran. Tetapi, tidak semua guru menyadari bahwa siswa-siswa di kelasnya apakah aktif atau tidak. Memang perlu latihan dan pengalaman mengajar untuk ini, serta pengetahuan teoritis bagaimana mengajar yang baik dan efektif. Mengetahui apakah semua siswa di kelas sedang aktif belajar atau tidak diperlukan oleh guru agar ia bisa memberikan bantuan, baik kepada siswa yang telah aktif, terlebih-lebih lagi siswa yang belum belajar secara aktif di kelasnya. Berikut adalah beberapa ciri sebuah kelas yang aktif belajar.

Ciri-Ciri Kelas dengan Siswa yang Aktif Belajar

Ada banyak ciri jika di sebuah kelas, siswa-siswa yang ada di dalamnya sedang aktif belajar. Beberapa di antaranya yang menonjol adalah:

Siswa-siswa mengajukan pertanyaan-pertanyaan

Ketika sebuah kelas sedang aktif belajar, mereka akan sangat banyak mengajukan pertanyaan-pertanyaan. Hal ini terjadi karena siswa melakukan proses berpikir di dalam benaknya. Hasil-hasil pemikiran mereka seringkali memerlukan tanggapan dari guru, atau bisa juga siswa merasa ada hal-hal yang menjadi kurang jelas dengan apa yang sedang dipelajarinya, atau ada hal-hal yang bertentangan dengan apa yang selama ini diketahuinya. Kelas yang sedang aktif belajar akan memperlihatkan hal ini.

Siswa-siswa meminta klarifikasi terhadap materi yang sedang dipelajari

Ketika guru mengajak siswa belajar tentang sesuatu pada materi pelajarannya, siswa akan membuat pemahamannya sendiri tentang materi itu. Hal ini terjadi di dalam pemikiran siswa. Seringkali mereka membutuhkan suatu klarifikasi dan meminta guru menjelaskan kembali secara lebih detil tentang apa yang mereka pelajari tersebut. Siswa yang sedang aktif belajar membutuhkan klarifikasi. Adapula kalanya ketika pembelajaran dilakukan dengan berdiskusi, maka siswa dapat meminta klarifikasi dari siswa lain untuk memantapkan pemahamannya akan suatu hal jika pada diskusi tersebut ada hal-hal yang tidak sesuai dengan pemahamannya.

Siswa-siswa memberikan pendapat, menjawab pertanyaan-pertanyaan guru atau siswa lainnya

Pada sebuah kelas dengan pembelajarannya, siswa-siswa yang aktif belajar akan dengan sukarela dan bahkan antusias dalam memberikan pendapatnya, menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh guru atau siswa lain. Hal ini dilakukannya sebagai wujud nyata bahwa ia sedang belajar secara aktif. Perlu bagi siswa-siswa yang aktif belajar ini untuk menunjukkan kepada semua orang di kelasnya tentang bagaimana ia memandang suatu hal dari perspektifnya sendiri. Ia berkeinginan guru dan teman-temannya mengetahui bagaimana isi pemikirannya, apa perbedaan dan apa persamaannya dengan pemikiran orang lain di kelas itu.

sebuah kelas dengan siswa-siswa yang aktif mengikuti kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru sangat berbeda dengan kelas yang pasif atau tidak aktif belajar
apakah siswa di kelas anda aktif belajar?

Siswa-siswa membuat catatan hal-hal yang dianggapnya penting dan menarik

Mudah sekali membedakan siswa yang aktif belajar dengan yang tidak. Pada kelas di mana siswa-siswanya aktif belajar, akan nampak mereka membuat catatan-catatan khusus mengenaihal-hal menarik yang mereka peroleh dari sebuah pembelajaran yang difasilitasi oleh seorang guru. Catatan-catatan yang dibuat adalah catatan versi mereka sendiri sebagai bentuk konkret pemikiran mereka. Siswa-siswa dapat memilih informasi penting mana yang seharusnya mereka tuliskan dalam buku catatan mereka.

Jika di dalam sebuah kelas tidak terjadi hal-hal seperti di atas, maka dapat diduga bahwa siswa-siswa di kelas tersebut tidak aktif belajar. Suasana senyap dan selalu dalam kontrol ketat guru seringkali justru membuat pembelajaran tidak berjalan dengan aktif. Siswa-siswa di dalam kelas menjadi aktif belajar jika guru pandai menciptakan iklim belajar yang menyenangkan dan aman untuk mereka berpendapat, bertanya, ataupun beraktivitas sebagaimana yang mereka inginkan untuk belajar. Ketika sebuah kelas menjadi senyap oleh pertanyaan, pendapat-pendapat, atau aktivitas positif lainnya seperti mencatat hal-hal penting dan menarik, besar kemungkinan siswa-siswa di kelas itu tidak sedang aktif belajar.

Baca Juga:
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...