Download Kisi-Kisi UN 2016 Lengkap Semua Jenjang Pendidikan

UN 2016 Tidak Menentukan Kelulusan Siswa


Update:  Download Kisi-Kisi UN tahun pelajaran 2016/2017 Lengkap Semua jenjang: SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, SMALB, Paket B dan Paket C

Menyusul diterbitkan Permendikbus Nomor 57 tahun 2015 yang ditandatangani oleh Bapak Anies baswedan, maka BSNP telah menerbitkan pula Kisi-Kisi UN (Ujian Nasional) tahun 2016 dan POS UN tahun 2016. Ujian Nasional atau UN adalah kegiatan pengukuran capaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran tertentu secara nasional dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan dan telah dilakukan secara rutin setiap tahun oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan).

artikel ini menyediakan link untuk anda mendownload dengan mudah Kisi-Kisi UN tahun pelajaran 2015/2016 dan Permendikbud Nomor 57 tahun 2015 tentang UN
Download Kisi-Kisi UN 2016 semua jenjang

Sebagaimana disebut di atas bahwa UN akan mengacu pada capaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran tertentu sesuai jenjang satuan pendidikan, maka setiap tahun untuk pelaksanaan Ujian Nasional BSNP juga menyusun dan menerbitkan Kisi-Kisi Ujian Nasional, berupa capaian kompetensi yang harus dimiliki oleh lulusan. Walapun demikian, perlu pula diketahui bahwa UN tahun pelajaran 2015/2016 sama sekali tidak menentukan kelulusan siswa. Justru kelulusan siswa berada di tangan pihak sekolah. Jadi siswa yang tidak memenuhi standar nilai UN (Ujian Nasional) tetap dapat lulus, asal sekolah meluluskannya.


Download Kisi-Kisi UN 2016 (Ujian Nasional tahun pelajaran 2015/2016), Lengkap Semua Jenjang


Agak berbeda dengan kisi-kisi UN pada tahun-tahun pelajaran sebelumnya, kisi-kisi UN untuk jenjang SMP/MTS terdiri dari beberapa kolom, sebut saja kisi-kisi UN untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, ada 6 kolom yang diberikan meliputi (1) level kognitif yang berisi tingkatan berpikir mulai dari terendah yaitu pengetahuan sampai level pemalaran; (2) membaca non sastra; (3) membaca sastra; (4) menulis terbatas; (5) menyunting kata, kalimat, paragraf; dan kolom (6) menyunting ejaan dan tanda baca. Demikian juga untuk mata pelajaran dan satuan pendidikan lainnya. Untuk ini guru mata pelajaran yang bersangkutan sebaiknya terlebih dahulu mendalami dan memahami kisi-kisi yang diberikan, demikian juga para siswa, agar mendapatkan kesuksesan dalam mengikuti UN (Ujian Nasional) tahun pelajaran 2015/2016 mendatang.




Demikian link yang dapat digunakan untuk download Kisi-Kisi UN 2016 (Ujian Nasional) tahun pelajaran 2015/2015 lengkap untuk semua jenjang (Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah). Semoga bermanfaat untuk sekolah, guru, dan para siswa yang akan mengikuti Ujian Nasional tahun ini.

Baca Juga:
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...