Kebutuhan Dasar Siswa dan Pendidikan yang Adaptif

Luc Stevens adalah seorang profesor dari Belanda yang pertama kali mengemukakan konsep pendidikan yang adaftif untuk siswa. Konsep ini sangat bagus sekali untuk diterapkan, karena pada dasarnya siswa membutuhkan kemampuan untuk menangani dunia yang ada di sekitarnya dengan baik. Siswa harus memiliki kemampuan mengatasi bermacam-macam persoalan dalam kehidupannya dan mampu menjalankan tugas-tugasnya dengan baik. Oleh sebab itu mereka membutuhkan 3 hal berikut yang harus diperolehnya melalui pendidikan yang ditempuhnya. Ketiga hal tersebut adalah: (1) kompetensi; (2) autonomi; dan (3) hubungan yang baik.

ada 3 kebutuhan dasar siswa menurut Luc Stevens yang harus dipenuhi oleh pendidikan yaitu kompetensi, autonomi dan hubungan yang baik dengan komunitasnya. pendidikan yang memberikan pemenuhan kebutuhan-kebutuhan dasar siswa ini disebut pendidikan yang adaptif (adaptive education)
3 Kebutuhan Dasar Siswa, akan terpenuhi dengan Pendidikan yang Adaptif

Ketiga kebutuhan dasar siswa yang disebutkan di atas harus diperhatikan dalam pembelajaran di kelas sehingga membentuk iklim yang sesuai untuk pendidikan adaptif. Lalu, apakah yang dimaksud dengan kompetensi, autonomi dan hubungan yang baik yang merupakan kebutuhan dasar siswa itu?

Kompetensi

Profesor Luc Stevens menyatakan bahwa yang dimaksud kompetensi sebagai satu dari tiga kebutuhan dasar siswa adalah membuat siswa merasa kompeten dalam melakukan sesuatu, mereka mampu menyelesaikan tugas yang diberikan, mampu dan selalu ingin mempelajari sesuatu yang baru, selalu tergugah untuk mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki pada situasi-situasi yang baru dan berbeda, dan percaya diri bahwa siswa merasa mampu untuk mencapai suatu tujuan.

Autonomi

Autonomi di dalam pendidikan adaptif maksudnya siswa mampu dalam mengambil keputusannya sendiri, kemudian mampu memikul tanggung jawabnya, ingin menjadi "seseorang", dan berprinsip bahwa menjadi "seseorang" itu sangat penting. Indipenden dan bebsa dari pengaruh orang lain, mandiri sebagai seorang siswa dan tidak bergantung pada orang dewasa.

Hubungan yang Baik

Kebutuhan dasar siswa yang dimaksud dengan memiliki hubungan yang baik adalah dalam kaitan hubungan dengan komunitas di mana ia berada. Hal ini ditunjukkan dengan keadaan di mana siswa merasa nyaman di kelas dan nyaman dengan gurunya, mempunyai hubungan-hubungan yang baik dengan siswa-siswa lain di kelas atau sekolahnya dan juga guru-guru, mereka merasa sebagai bagian dari suatu kelompok, bagian dari kelasnya, bagian dari sekolahnya, dan mereka merasa aman berada di dalamnya.

Baca Juga:
Cara Memotivasi Siswa Belajar 
Cara Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa 
Cara Mengatasi Masalah Disiplin Siswa 
Suasana Kelas pada Model Pembelajaran Berbasis Proyek
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...