Apakah UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) itu?

Apa yang Dimaksud dengan UKS?


Bapak dan Ibu Guru semua pasti sudah tahu apa itu UKS? UKS adalah singkatan dari Usaha Kesehatan Sekolah. Sebenarnya dari kepanjangan UKS ini kita sudah bisa meraba-raba apa dan bagaimana, serta apa fungsi UKS di sekolah. Tetapi tidak ada salahnya jika di sini dituliskan kembali mengenai UKS atau Usaha Kesehatan Sekolah tersebut.

Usaha kesehatan sekolah atau UKS adalah suatu usaha yang dilakukan pihak sekolah dan pihak-pihak yang terkait untuk meningkatkan pola hidup sehat serta derajat kesehatan warga sekolah. Jadi sebenarnya UKS tidak hanya untuk siswa semata, tetapi juga melingkupi seluruh warga sekolah, sehingga dengan pola hidup sehat baik saat berada di dalam lingkungan sekolah maupun dalam kehidupan sehari-hari dapat menjaga dan meningkatkan derajat kesehatannya. Pola hidup sehat dan derajat kesehatan yang baik akan membawa sekolah menjadi institusi pendidikan yang baik dan dapat menyelenggarakan fungsinya sebagai wadah pendidikan bagi anak-anak Indonesia untuk menjadi insan cerdas dan sehat.

apakah UKS (usaha kesehatan sekolah) itu? apakah trias UKS itu? setiap satuan pendidikan dari TK/RA hingga SMA/MA/SMK membentuk UKS untuk mengajarkan perilaku hidup sehat dan meningkatkan derajat kesehatan siswanya
UKS sangat bermanfaat sebagai penunjang keberhasilan pendidikan di sekolah

Tujuan Diadakannya UKS di Sekolah-Sekolah

Kesehatan tentunya menjadi modal penting bagi siswa dan warga sekolah lainnya untuk menyelenggarakan pendidikan yang bermutu. Anak-anak Indonesia diharapkan dapat tumbuh menjadi manusia Indonesia seutuhnya. Sangat penting bagi anak-anak Indonesia agar tumbuh secara optimal dan selaras. Ini adalah tujuan umum dari dilaksanakannya program UKS di sekolah-sekolah.

Secara khusus program UKS di sekolah-sekolah diharapkan dapat memberikan ilmu pengetahuan, sikap, serta keterampilan sehingga mereka (warga sekolah, utamanya anak-anak), dapat menjalankan prinsip-prinsip hidup sehat. Bahkan mereka juga dapat membantu  untuk terlibat aktif dalam peningkatan kesehatan. Dengan demikian diharapkan sebagai agen bagi lingkungan sekitarnya, para siswa juga dapat menjaga kesehatannya sendiri secara mandiri baik secara fisik, mental, emosi serta sosial. Melalui prinsip-prinsip hidup sehat yang dimilki, siswa akan mampu menangkal segala pengaruh-pengaruh yang datang dari lingkungannya agar selalu terhindar dari penyalahgunaan narkotika, minuman keras, obat-obat terlarang, kebiasaan merokok, dan berbagai hal lain yang tentunya akan berdampak buruk bagi kesehatan mereka pribadi.


Sasaran UKS

Walapun UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) dapat dimanfaatkan oleh seluruh warga sekolah, tetapi tentu saja sasaran utama program ini adalah siswa. Semua siswa dari jenjang terendah (TK/RA) hingga siswa pada sekolah jenjang atas (SMA/MA/SMK) merupakan sasaran utama dari program UKS di sekolah.

Pembinaan UKS

UKS yang ada di suatu institusi pendidikan (baca: sekolah) memerlukan pembinaan sehingga program-program yang dilakukan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Beberapa sasaran pembinaan meliputi siswa itu sendiri, kemudian guru dan tenaga kependidikan, tenaga kesehatan (UKS dilakukan dengan menjalin kerjasama dengan institusi kesehatan seperti puskesmas atau rumah sakit), hingga sarana dan prasarana pendidikan serta pelayanan kesehatan seperti Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) terdekat. Selain itu sasaran program UKS juga meliputi lingkungan, baik berupa lingkunga sekolah sendiri, maupun lingkungan keluarga di mana anak (siswa) tinggal, dan lingkungan masayarakat yang berdekatan dengan sekolah.

Trias UKS (3 Program Utama UKS)

Perlu Bapak dan Ibu Guru ketahui bahwa UKS mempunyai 3 program pokok yang disebut Trias UKS. Ketiga program pokok UKS itu adalah: (1) melakukan pendidikan kesehatan; (2) melakukan pelayanan kesehatan; dan (3) melakukan pembinaan sekolah sehat. Agar ketiga program utama UKS tersebut dapat berjalan dengan baik perlulah dilakukan upaya-upaya pembinaan UKS di sekolah-sekolah. UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) yang baik ditunjukkan oleh adanya perencanaan dan penyusunan program UKS, pelaksanaan program UKS yang telah dirancang dan disusun tersebut, pengendalian berjalannya program UKS, serta adanya penilaian dan penelitian tentang efektivitas dan kinerja UKS untuk mencapai tujuan lewat program-program yang disusun tadi. Selain itu juga diperlukan suatu manajemen. Manajemen UKS diperlukan untuk menjaga semua komponen yang terlibat di dalam program-program UKS dapat berfungsi dengan baik. Kegiatan manajemen UKS meliputi manajemen dan pengorganisasian ketegaan (SDM), sarana dan prasaran, hingga pembiayaan yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan program-program UKS.

Buku-Buku UKS
Mengajarkan Perilaku Sehat
Hubungan Guru - Siswa yang Sehat
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...