Komponen-Komponen RPP Menurut Kurikulum 2013

Pengertian atau Definisi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Menurut Kurikulum 2013

RPP adalah singkatan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, yaitu rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP pada Kurikulum 2013 harus dikembangkan dengan beracuan pada silabus. RPP dikembangkan oleh guru atau kelompok guru dengan tujuan untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran yang diberikan kepada setiap peserta didik sehingga mereka akan dapat mencapai Kompetensi Dasar (KD).

Semua guru atau pendidik pada sekolah atau satuan pendidikan harus melakukan penyusunan RPP ini dengan lengkap dan sistematis. Dengan RPP yang lengkap dan sistematis ini maka diharapkan pembelajaran yang dilaksanakannya dapat berjalan dengan interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.

Apa saja komponen-komponen yang harus terdapat dalam sebuah RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) menurut Kurikulum 2013?
komponen RPP menurut kurikulum 2013

Komponen-Komponen Penting RPP Menurut Kurikulum 2013

RPP dikembangkan menurut Kompetensi Dasar (KD) atau subtema yang dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Sebuah RPP harus memuat komponen-komponen penting di dalamnya. Adapun komponen RPP yang penting dimaksud di atas adalah:
  1. Identitas Sekolah yaitu nama satuan pendidikan
  2. Identitas Mata Pelajaran atau Tema/Subtema;
  3. Kelas/Semester;
  4. Materi Pokok;
  5. Alokasi Waktu, yang ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
  6. Tujuan Pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
  7. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi;
  8. Materi Pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam  bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
  9. Metode Pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;
  10. Media Pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
  11. Sumber Belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
  12. Langkah-Langkah Pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
  13. Penilaian Hasil Pembelajaran.
Komponen Silabus Kurikulum 2013
Karakteristik Pembelajaran Menurut Kurikulum 2013
Standar Proses yang Sesuai dengan Kurikulum 2013
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...